Kali ini, Pemmzchannel menghadirkan review Asus Zenpad Theater Z370CG. Mengusung audio surround 5.1, tablet multimedia ini di klaim Asus akan menghadirkan hiburan mobile yang belum pernah Anda temukan sebelumnya. Kemampuan ini muncul dari lima speaker dan sebuah subwoofer yang membalut Zenpad 7.0 sebagai sebuah audio cover. Di topang oleh SOC Intel Sofia, seperti apa kemampuan tablet dua jutaan ini?

1. LifeStyle Oriented Design

Zenpad 7 memiliki ketebalan dan bobot yang membuat nilai handling tablet ber-SoC Intel SoFia ini tak jauh berbeda dengan kebanyakan phablet lokal. Ketebalan yang kurang dari 9mm, menjadikannya cukup nyaman dipegang dengan satu tangan saja. Ditambah lagi tekstur serupa kulit pada bagian back cover, menambah daya rekat jari yang menahan beban tablet seharga awal 2,8 juta rupiah ini.

Dilihat dari depan, Zenpad Theater Z370CG dibingkai oleh lis metalik yang membuatnya nampak stylish sebagai tablet multimedia. Untuk seri warna aurora metalik yang kami review kali ini, back cover bertekturnya nampak berwarna dual tone membuat desain Zenpad Theater semakin unik dan modern. Dilengkapi dengan audio cover yang mirip docking dan berukuran cukup tipis, tampilan tablet ini pun yang semakin elegan.

2. Spesifikasi: Intel Atom SoFia

Intel Atom X3 C3230RK yang menggunakan codename SoFia ini merupakan SoC andalan Intel untuk pasar gadget mid-low. Letter RK pada codename SoC ini merupakan kepanjangan dari RockChip, sebuah produsen semiconduktor asal china yang sukses menelurkan SoC-SoC untuk budget tablet maupun smartphone. Konfigurasi quad core dengan clockspeed 1.0GHz tiap clocknya langsung mencirikan bahwa SoC ini berkarakteristik Power Efficiency. Untuk dukungan memory, Intel SoFia 3223RK ini mendukung RS LPDDR3 up to 1333MHz hingga kapasitas 2GB.

GPU yang dibawa Intel SoFia adalah Mali 450MP yang dulu sempat mengisi pasar mainstream gadget. GPU ini cukup menjanjikan untuk mendukung berbagai game 3D. Seperti tablet pada umumnya, kamera utama 5MP dan 2MP yang tersemat di depan masih sangat standar, namun telah dilengkapi dengan auto focus.

Untuk jaringan, Zenpad Theater Z370CG berjalan di 3G HSDPA 2100 MHz dan belum mendukung jaringan 4G LTE. Kabar baiknya, tablet ini sudah mendukung fitur USB OTG. Tablet ini berjalan di Android 5.0 Lollipop dan di dukung dengan Asus ZenUI. Bagi Anda yang sudah memiliki gadget Asus sebelumnya tentu tak asing dengan berbagai fitur yang ditawarkan interface khas Asus ini.

Dimensi yang compact, memaksa Asus tak mungkin menggunakan baterai dengan kapasitas besar pada Zenpad Z370CG. Namun baterai berkapasitas 3450mAh ditambah dengan baterai terpisah pada cover masih sangat bisa diandalkan untuk kegiatan multimedia.

3. Layar Super Contrast dengan Asus VisualMaster

Saat pertama menyalakan Zenpad ini, cukup kaget juga melihat layar yang overbright saat background hitam mendominasi. Tapi setelah masuk home screen, suguhan kualitas warna pada layar Zenpad 7 ini sangat baik sekali.

Sesuai namanya, Zenpad Theater Z370CG yang tanpa audio cover disebut juga Zenpad 7 ini hadir dengan layar berukuran 7 inci dengan resolusi HD 800 x 1280 pixels dengan kepadatan 216 ppi. Walau belum FHD, teknologi Asus VisualMaster yang mengoptimalkan hardware dan software pada tablet multimedia ini membuatnya mampu menampilkan layar yang jernih dan warna yang seimbang.

Layar Zenpad 7 dilindungi oleh Corning Gorilla Glass lengkap dengan teknologi full laminating anti-fingerprint coating. Dengan demikian, layarnya akan lebih bebas dari bekas sidik jari yang mengganggu.

4. Audio Cover Dengan Baterai Ekstra

Pertama dikampanyekan, Zenpad Theater ini cukup menyita perhatian karena dibundling dengan ekstra fitur yang belum pernah ada di Indonesia sebelumnya. Sebuah sleve cover dengan tambahan speaker portabel beramunisi 6 Speaker (termasuk 1 buah Sub-Woofer).

Teknologi Sonic Master dan DTS HD Premium Sound membuat lantunan musik atau video menjadi lebih surround. Dengan volume suara yang cukup keras, tentu baterai pada smartphone saja tidak cukup kuat menopangnya. Solusi dari Asus adalah menyematkan baterai terpisah pada sleeve cover ini dengan kapasitas 2.500 mah. Terselip dalam sebuah audio cover, Zenpad Theater Z370CG bisa menjadi alternatif speaker yang super portable.

5. Performa

This slideshow requires JavaScript.

Dengan clockspeed hanya 1GHz, sangat sulit mengangkat performa single core Intel Atom X3 C2330RK pada beberapa aplikasi benchmark. Untungnya, dengan bantuan RAM sebesar 2GB, performanya sedikit terkoreksi saat CPU load mulai tinggi. Secara angka, performa single core Intel C2330RK ini masih diatas SoC kelas low dari mediatek maupun qualcomm. Tapi jika dibandingkan SoC flagship seperti saudaranya Intel Atom Z3580 yang dipakai Zenfone 2 ZE551ML, performa C2330RK hanya sepertiganya saja. Sedangkan untuk performa multicore-nya, terlihat cukup tertinggal dibandingkan dengan beberapa SoC quadcore lain yang segmentasi harganya sepadan dengan Asus Zenpad 7 ini.

Untuk GPU Mali 450MP4-nya sendiri, menghasilkan performa yang sama dengan smartphone ber-SoC Mediatek MTK6592 yang notabene membawa GPU yang sama. Performa beda tipis dengan adreno 305 yang jadi rival utama di pasar mid-low. Tapi dibeberapa skenario, 450MP4 sedikit unggul.

Untuk performa overall, kami memang tidak direkomendasikan untuk anda yang hobi browsing multitab dengan konten yang rich. Terutama saat internal sudah terisi banyak aplikasi yang selalu stand-by di background. Tablet ini seringkali terengah-engah mengikuti requirement browser full fitur seperti chrome for android.

6. Kesimpulan

Untuk anda dengan kebutuhan Multimedia, graphic 2D dan bukan 3D mobile gamers, yang ditawarkan Asus lewat Zenpad Theater ini cukup sulit diabaikan. Didukung kualitas layar dan desain yang stylish, jadilah tablet ini solusi bagi anda yang hobi bersosialita. Walau membawa SoC low-end, kapasitas RAM dan ekstra audio cover menjadi nilai jual yang menjauhkan image Asus Zenpad Z370CG sebagai tablet android low-end. Memang tambahan dua item tersebut sedikit mempengaruhi harga jualnya. Tapi jika kita bandingkan dengan performa yang dihasilkan, bahkan sedikit di atas Samsung Galaxy Tab 4 8.0, harganya jadi terlihat lebih masuk akal.

Leave a Reply