Kebutuhan akan alat pengolah data yang “bersedia” ikut kemanapun sang mpunya mau, bisa terhitung dengan jari. Dulu pabrikan yang sensitif akan pasar tersebut awalnya sangat minim. Terhitung hanya IBM (sekarang Lenovo), Panasonic, dan Dell. Merk Taiwan mungkin baru AsusPro ini yang berani unjuk gigi. Dan kali ini kita akan review salah satunya, Asus B451JA-FA092G. Agak aneh memang pemmzchannel me review AsusPRO B451J ini, tapi minimal beginilah kira-kira pendapat pemmzchannel tentang notebook ini.

1. Untuk Siapa AsusPro?

Jika anda seorang yang harus mengolah data di tempat-tempat yang tidak biasa seperti area pengeboran minyak lepas pantai, daerah dengan suhu ekstrim seperti kutub utara atau area kerja lain yang resiko kerusakan alat elektroniknya tinggi, umumnya anda membutuhkan perangkat pengolah data yang dibekali fitur keamanan di atas rata-rata.

Notebook mungkin perangkat pengolah data yang lebih tepat karena lebih mendukung portabilitas. Namun notebook-notebook pada umumnya sangat ringkih dan butuh perhatian ekstra hati-hati. Namun jika di tempat anda bekerja anda masih saja khawatir dengan “kesehatan” notebook, bisa-bisa konsentrasi anda terpecah. Lebih buruknya lagi, pekerjaan anda bisa berantakan.

Untuk itulah, seri AsusPRO hadir sebagai solusi bagi pekerja-pekerja lapangan yang membutuhkan mesin pengolah data dan selalu berhadapan dengan situasi alam yang sulit.

2. AsusPRO B451JA – Desain dan Handling

 

This slideshow requires JavaScript.

Adalah salah satu produk seri ASUSPro yang sempat datang ke lab pemmzchannel minta di “siksa”. First impression, notebook ini memiliki material yang sangat “gentlement”. Keseluruhan barebone mengadopsi bahan logam almunium yang tebal dilapis warna hitam dove khas seri AsusPRO. Bobotnya yang diatas rata-rata notebook 14-ichi lain sepintas memberi kita keyakinan akan durability produk ini di medan kerja yang tidak bersahabat.

Tak hanya didesain sangat kuat, notebook ini juga didesain lebih fleksibel agar bisa dibentangkan di berbagai posisi. Termasuk saat LID LCD harus dibuka hingga 180ᵒ. Untuk dimensi keseluruhan, B451JA mungkin jauh dari tipis. Dengan panjang 339 x Lebar 239.5 x Tebal 31.5 mm, sisi handlingnya sedikit memberatkan untuk individu yang menitikberatkan dimensi sebagai syarat utama memilih notebook. Bagi anda yang mendambakan seri ASUSPro dengan dimensi ultrabook, bisa tengok seri ASUSPro BU atau PU series.

3. Standar US MIL-STD 810G

Sertifikasi ini merupakan standar yang digunakan pihak departemen pertahanan Amerika untuk setiap peripheral yang akan mereka gunakan untuk melengkapi bala tentaranya. Untuk mendapatkan sertifikasi ini, sebuah produk harus melewati banyak rangkaian test salah satunya drop test. Umumnya, jika sebuah notebook jatuh, hal yang paling dikhawatirkan adalah rusaknya media penyimpanan yang menjadi pusat mesin pengolah data. Nah, seri AsusPRO termasuk B451JA menggunakan teknik khusus yang membuat Hard disk (sebenarnya SSD) tahan akan guncangan. Tak hanya itu, diambahkan juga software ASUSPRO HDD yang menambah jaminan perlindungan atas data Anda di dalamnya.

Pemakaian outdoor juga rentan akan perubahan cuaca yang ekstrim. Misalkan saja notebook digunakan di lapangan lantas tiba-tiba turun hujan, fitur Spill-resistant pada keyboard AsusPRO B451J ini masih dapat mentolerir air yang jatuh di atas notebook hingga tak langsung masuk kebagian dalam dan menyentuh komponen.

Lebih lengkapnya tentang test apa saja yang harus dilalui sebuah produk untuk mendapatkan sertikasi US MIL-STD 810 ini bisa anda lihat di halaman wiki.

4. AsusPRO B451JA – Spesifikasi dan Upgrade Option

This slideshow requires JavaScript.

AsusPRO B451JA tidak menggunakan spesifikasi kelas gaming yang bisa kita andalkan untuk melanjutkan episode game kita di environment ekstrim. Bisa dibilang, spesifikasinya mendekati spesifikasi notebook kantoran yang memang diperuntukan untuk mengolah data.

  • Processor
    Intel® Core™ i7 4610 vPro Processor
  • Operating System
    Windows 7 Professional (as a downgrade from Windows 8.1 Pro)
  • Chipset
    Intel® QM87 Chipset
  • Memory
    8GB DDR3L 1600 MHz SDRAM, 2 x DIMMs socket for expansion up to 16 GB SDRAM
  • Display
    14.0″ 16:9 Full HD (1920×1080)
  • Graphic
    Integrated Intel® HD Graphics 4600
  • Storage
    256GB SSD
  • Optical Drive
    Super-Multi DVD
  • Camera
    HD 720p CMOS module
  • Networking
    Integrated 802.11 b/g/n or 802.11 a/b/g/n/ac (WiDi)
    BT 4.0 support (on WLAN+ BT 4.0 combo card)
  • Interface
    1 x Microphone-in/Headphone-out jack
    1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor
    2 x USB 3.0 port(s) + 2 x USB 2.0 port(s)
    1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert
    1 x mini Display Port
    1 x Smart Card
    1 x SD card reader
  • Audio
    Built-in Speakers And Microphone (SonicMaster)
  • Battery
    3Cells 4000 mAh 48 Whrs Polymer Battery +
    2nd battery 3Cells 2010 mAh 23 Whrs Polymer Battery
  • Power Adapter
    19 V DC, 4.7 A, 90 W
  • Dimensions & Weight
    339 x 239.5 x 30.5 ~31.5 mm (WxDxH) & 2.19 kg
  • Security
    Kensington lock
    BIOS Booting User Password Protection
    HDD User Password Protection and Security
    TPM (Trusted Platform Module)
    Finger Print Reader
    Intel® Small Business Advantage
  • Certificates
    UL, TUV, CE Marking Compliance, FCC Compliance, BSMI, Australia C-TICK / NZ A-Tick Compliance, CCC, CB, EPEAT, Energy star, IDA, CECP, WEEE, Erp 2013, TCO4.0, RoHS
  • Manufacturer Warranty
    3-year limited International hardware warranty. *different by country

5. Upgrade Option

Yang membuat produk ini setara dengan produk “tough” dari merk ternama lain adalah, ia juga mendukung docking station yang menjadikannya lebih modular. Namun tak seperti produk dari merk lain, untuk mengkoneksikan docking station, Asus menggunakan USB 3.0 port sebagai pintu masuk. Karena unit docking tidak datang bersama notebook, kami mohon maaf tidak bisa menyelidiki cara kerja dan performa docking. Terutama saat digunakan untuk multi-monitor.

Yang unik, docking ini bisa membuat notebook tegak di atas meja. Ini akan membantu saat anda menggunakannya sebagai PC. Ya, dengan mengkoneksikan B451JA ini dengan docking, sekalipun dalam keadaan lid tertutup, ia akan berubah jadi sebuah Desktop PC.

6. HDD Protection

Jika anda pengguna notebook Asus sebelumnya, mungkin beberapa fitur sudah tak asing lagi. Nah, pada seri AsusPRO ini, ditambahkan beberapa fitur yang tidak akan anda temui pada seri komersil. Misalkan saja Software monitor, USB blocker, Healt Center, dan Backup fitur yang lebih advance. Semua dimasukan kedalam satu Kategori fitur yang mereka namakan AsusPRO Bussines Centre.

Namun yang paling menarik dari semua seri ASUSPro, termasuk B451JA adalah fitur Asus HDD Protection. Dengan mengaktifkan fitur ini, system akan otomatis mengaktifkan sensor yang akan membaca pergerakan yang terjadi secara tiba-tiba, misalkan, saat notebook terjatuh. Selama beberapa detik, HDD akan tidak bisa diakses karena sedang dalam proses scanning dan maintenence, termasuk me-recovery aktifitas terakhir.

7. Security

Ada beberapa lagi fitur keamanan komputasi modern yang ditawarkan AsusPRO B451JA selain USB blocking via AsusPro Business Center dan Shockshield HDD protection. Yakni sebuah chip TPM (v 1.2), RF fingerprint reader, sebuah slot SmartCard, dan Computrace LoJack. Fitur yang terakhir disebutkan merupakan fitur yang berfungsi melakukan penguncian device jarak jauh, termasuk menghapus data seolah-olah notebook ada di hadapan user.

8. Performance

This slideshow requires JavaScript.

Sebab menggunakan spesifikasi “kantoran”, performa komputasi umum Asuspro B451JA ini tak ada yang istimewa. Kecuali performa SSD-nya yang terbilang wah. CPU yang digunakan memang sudah mendukung VPro. Fitur yang banyak diperlukan oleh para teknisi komputer sampai developer untuk proses komputasi yang berbau server virtual, workstation atau sejenisnya. So, mohon maaf, dalam Review AsusPRO B451J kali inipun kami tak mengujinya dengan software atau aplikasi enterprise sebagaimana nanti ia di peruntukan.

9. Conclusion

Keyboard Asuspro B451JA dengan key travell cukup panjang (property of notebookcheck.net)

Sebagai notebook “tahan banting” profesional, AsusPro B451JA sudah memenuhi syarat untuk dibawa ke berbagai medan kerja. Mau kantoran biasa, atau pekerja lapangan dengan medan yang berat pun bisa. Dukungan security dan perlindungan hardware sudah setara dengan brand lain yang sudah lebih dulu tampil, bahkan di beberapa poin, Asus menawarkan fitur yang belum pernah ada di brand lain. Untuk harga, memang tak terlalu menawarkan penghematan yang spesial, tapi dukungan after sales yang mencapai 3 tahun (part & service), seharusnya lebih memberi rasa aman bagi pengguna ekstrim.

SHARE
Previous articleMicron sedang mempersiapkan Memory GDDR5X untuk Tandingan HBM
Next article5 Game PC Terbaik Tahun 2015
He has written about Computer Hardware, Gadget News and Games for more than 5 years, including stints as hardware editor at PinPoint Publication and editor in chief of Pemmzchannel. His work has appeared in publications including, PCMedia Magazines, TnT Mild, Web & e-Magazines of Pemmzchannel.

Leave a Reply