Micron dilaporkan sedang mempersiapkan memory GDDR5X untuk masuk pasar tahun depan sebagai tandingan untuk HBM (High-bandwidth memory) yang saat ini menjadi hype. Direktur Mircron, Kristopher Kido mengkonfirmasi hal ini melalui Fudzilla.

Kecepatan memory GDDR5X diklaim akan dua kali lebih cepat dari seri pendahulunya yaitu GDDR5. GDDR5X akan menawarkan kecepatan antara 10 – 14GB/s lebih cepat hampir dua kali lipat dari GDDR5 yang menawarkan speed 7 – 8GB/s.

Bukan hanya soal peningkatan kecepatan, form factor dari GDDR5X juga akan serupa dengan GDDR5 sehingga para pabrikan tidak akan terlalu direpotkan dengan perubahan ini.

Sebagai Informasi, HBM saat ini sudah menawarkan kecepatan dua kali lipat dari GDDR5 jadi untuk kedepannya langkah GDDR5X bisa saja kurang efektif ditambah sebentar lagi HBM 2.0 dengan kecepatan yang lebih tinggi akan segera diluncurkan pada tahun 2016.

Jadi apa yang bisa kita harapkan dari kedatangan GDDR5X? Saat ini kartu grafis dengan HBM mengalami kelangkaan di pasar, jadi sepertinya ini merupakan waktu yang tepat untuk merilis kartu grafis dengan GDDR5X setidaknya untuk kartu grafis kelas mainstream dan memperkenalkan teknologi mereka.

(Updated 16 Des 2015) Perbaikan dari GDDR6 menjadi GDDR5X

Sumber

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply