Negara internet terbaik dan terburuk

Bagaimana dengan rating IDI di Indonesia? Masuk peringkat berapa kecepatan internet di tanah air? Sebuah laporan dari International Telecommunication Union memberi peringkat kepada setiap negara berdasarkan kecepatan internet. Inilah 5 negara internet terbaik dengan rating IDI tertinggi dan 5 negara internet terburuk dengan range IDI terendah.

Korea selatan menduduki peringkat paling atas dengan range IDI 8,93. Posisi kedua di duduki oleh Denmark, dan selanjutnya di susul dengan Islandia, Inggris dan Swedia. Prestasi cukup baik di raih oleh Inggris yang telah naik dari posisi kesepuluh menjadi posisi keempat dalam lima tahun terakhir.

Sementara untuk posisi paling bawah, di isi oleh beberapa negara di kawasan Afrika. Laporan ini menunjukan negara-negara tersebut berada pada rating IDI yang 5-7 kali lebih lambat dibandingkan posisi tertinggi. Negara internet terendah jatuh pada negara Chad, di ikuti Malawi, Madagascar, Ethiopia dan Eritrea.

Negara internet terbaik dan terburuk
Sumber: ITU

Anda tidak perlu mencari-cari tulisan “Indonesia” di tabel di atas, karena bersyukurnya walaupun tidak masuk 5 besar negara internet terbaik, setidaknya negara ini tidak masuk 5 besar terburuk. Indonesia masuk ke kategori kawasan Asia dan Pasifik pada tabel di bawah ini. Dengan IDI 3,94 tersebut bisa dibilang Indonesia masuk ranking menengah.

Negara internet terbaik dan terburuk
Sumber: ITU
Penelitian ini dilakukan oleh ICT Development Index, berdasarkan kecepatan internet, jumlah langganan internet tetap, dan persentase rumah tangga dengan komputer. Peningkatan terjadi di tahun ini dilihat dari bertambahnya jumlah negara dengan IDI sekitar 8an. Semoga saja peringkat Indonesia dapat meningkat lagi kedepannya.
pemmz header

Leave a Reply