Kamis, 19 November lalu, Asus mengadakan sebuah acara yang mereka namakan Zenfestival 2015. Sebuah acara peluncuran produk yang disetup bergaya tehnikal seminar dan menampilkan langsung orang-orang dibalik lahirnya smartphone-smartphone Asus. Di Zenfestival 2015 ini, Asus meresmikan keberadaan jajaran produk Zenfone terbaru mereka, salah satunya Asus Zenfone 2 Laser. Yang membuat saya amat sangat tertarik adalah, Zenfone 2 Laser ini diklaim bisa tangkap fokus gambar lebih cepat dari mata manusia.

Asus Zenfone 2 Laser – Tangkap Fokus Gambar Lebih Cepat dari Mata?

Ada yang punya pertanyaan sama dengan saya? mengapa Asus menggunakan teknologi laser untuk membantu mengangkat performa hardware kameranya? Usut punya usut, ternyata laser digunakan untuk lebih cepat menghitung jarak real dari lensa ke obyek yang ingin diambil. Bahkan disinyalir, lebih cepat dari kemampuan mata manusia kembali melihat fokus setelah berkedip. Dengan lensa yang lebih cepat mendapat jarak fokus fix, otomatis waktu mengabadikan gambar jadi terpangkas. Dan anda selalu siap lebih dulu mengambil objek gambar selanjutnya dibanding pengguna kamera smartphone dengan sistem fokus standar. Teknologi Laser juga membantu menangkap fokus objek saat keadaan sekitar objek minim cahaya.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Serupa dengan prinsip penggunaan laser untuk mengukur jarak, salah satunya mengukur jarak suatu tempat di bumi dengan tempat lain yang jauh di antariksa, sinar laser pada Asus Zenfone 2 pun demikian. Sinar laser akan dilepas dari alat pemancar mini yang ditempatkan di sebelah kanan lensa kamera. Sesaat setelah sinar laser menabrak objek, ia akan dipantulkan kembali ke sensor laser yang dengan sigap akan melapokan kepada sensor kamera semua data-data yang ia ukur menggunakan rumus “Kecepatan = Jarak / Waktu” untuk kemudian diproses oleh sensor kamera untuk di jadikan acuan menangkap fokus terbaik objek.

Kamera 13MP dengan 1080p Video dan HDR

Asus Zenfone 2 Laser menggunakan sensor kamera yang sama dengan Asus Zenfone 2. Beresolusi 13MP dengan aperture f/2.0 yang memungkinkan sensornya menangkap lebih banyak cahaya dari lingkup yang lebih luas meskipun di environment yang minim cahaya. Sensor ini juga mampu merekam video hingga resolusi 1080p sesungguhnya. Sebuah kemampuan yang tak akan anda dapatkan pada kebanyakan kamera saku. Seperti juga Zenfone 2, seri Laser ini juga mampu mengambil foto yang natural saat objek membelakangi sumber cahaya dengan fitur Super HDR-nya.

Asus Zenfone 2 Laser – Smartphone 4G yang Terjangkau

Berbeda dengan Asus Zenfone 2 seri terdahulu yang menggunakan SoC Intel, Zenfone 2 Laser menggunakan SoC (System on Chip) buatan Qualcomm dengan seri MSM8916 Snapdragon 410. SoC Quad Core dengan clock speed 1.2GHz per core dikombinasikan dengan GPU (Grphic Processing Unit) Adreno 305 ber-clockspeed 400MHz. Plus RAM sebesar 2GB, Asus Zenfone 2 Laser akan menjadi pilihan smartphone dual 4G paling menggiurkan.

Asus Zenfone 2 Laser dibanderol mulai dari Rp. 2,099,000

Smartphone dengan otak Snapdragon 410 memang sudah banyak dijual dipasaran Indonesia. Dari yang dibungkus dengan material Pas-pas-an, hingga yang dibalut dengan casing premium. Asus Zenfone 2 Laser mungkin bukan yang paling murah dibanding beberapa smarphone Snapdragon 410 lain. Tapi dengan semua fitur yang sama dengan Asus Zenfone 2, nilai jual Asus Zenfone 2 Laser tak lagi bisa dibandingkan dengan smartphone Android Snapdragon 410 lain yang berfitur “ala-kadar”-nya.

Asus Zenfone 2 Laser hadir dalam beberapa varian berdasar ukuran layar. Mulai dari Asus Zenfone 2 Laser 5-inch, 5,5-inchi dan 6-inchi. Untuk seri 5-inch, dibagi lagi menjadi seri yang baru mendukung 3G dan yang sudah mendukung 4G. Lebih detail tentang varian Asus Zenfone 2 laser dan zenfone 2 terbaru lain, bisa simak di artikel kita sebelumnya di sini.

Spesifikasi dan Harga Zenfone 2 Deluxe dan Zenfone 2 Selfie

Jadi, Untuk siapa Zenfone 2 Laser?

Jpeg
Jpeg

Jawabannya, Untuk anda yang fokus pada kemampuan kamera sebuah smartphone 4G dan tak terlalu membutuhkan kinerja hardware kelas flagship. Fitur baru kelas mewah yang ada di Zenfone 2 Laser dan tak ada di seri sebelumnya adalah Proteksi layar menggunakan Corning Gorila 4 yang memberikan perlindungan 2 x lipat dibanding pendahulunya.

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply