Skylake versi desktop memang sedang booming saat ini. Menurut investigasi di retail pemmz, sinyal pengguna yang mengkonfirmasi bahwa mereka akan mengganti RIG mereka dengan CPU generasi terbaru dari Intel ini mencapai 75% dari responden. Mungkin ada yang bertanya? Memang apa benefit Skylake? Coba simak review Xenom Hercules HC15S yang sudah menggunakan desktop skylake berikut.

Xenom Re-Overview

Xenom 2

Kalau kita lihat beberapa tahun kebelakang, saat banyak sekali notebook lokal yang hadir dengan label harga yang murah meriah, hadirnya brand Xenom membuat banyak pemerhati gadget tanah air pesimis akan kelangsungan hidup Xenom di dua tahun pertama. Tampaknya Xenom yang kita tahu merupakan spesialis notebook gaming custom ini punya metode “bertahan hidup” yang berbeda, salah satunya adalah dengan selalu menjadi yang terdepan dalam hal update hardware.

Intel Skylake

Intel sampai pada perputaran TOCK dari konsep development hardware mereka. Dimana pada phase ini, seharusnya terjadi perombakan dari sisi teknologi dan performance yang lebih signifikan dibanding perombakan fabrikasi dan efisiensi daya pada phase TICK.

Desktop CPU on Mobile Barebone
Desktop CPU on Mobile Barebone

Pada generasi Broadwell, Intel membuat fabrikasi CPU mereka lebih kecil lagi yakni mulai dari 14nm. Hal ini berimbas pada power consumption yang akhirnya sangat menolong komponen untuk tetap dalam temperatur “ready to work”. Nah Skylake menawarkan efisiensi daya dan temperature yang lebih “full load friendly” dikombinasi dengan peningkatan clockspeed. Karena yang sudah-sudah, efisiensi daya berimbas pada pemangkasan clock speed. Di Skylake, ini dibalik. Good Work Intel.

Xenom Hercules HC15S

Sejak versi All new, Xenom Hercules sudah menawarkan konsep Desktop CPU on mobile barebone. Seri terdahulu sudah ditawarkan dengan dua pilihan desktop CPU yakni Intel core i7 4770K dan 4770s. Namun, beberapa enthusiast menyarankan untuk menggunakan versi core i7 4770s saja untuk watt to performance yang lebih pas. Untuk Hercules “S” series ini sudah mendukung Skylake dan hingga saat ini (dari info di web www.xenompc.com) baru dicombine dengan 1 SKU saja yakni Intel core i7 6700K

Multicolor backlit
Multicolor backlit

Perubahan fisik bisa dibilang hampir tidak ada pada notebook yang menggunakan rubber finish ini pada sekujur barebonenya, alias sama persis dengan versi terdahulu. Hanya saja si “S” ini menghilangkan satu port USB 3.0 dan menggantinya dengan konektor USB 3.1 standar oval yang hingga saat ini masih diperdebatkan itu. Dimensi dan beratnya pun sama, yakni 386(W) x 262(D) 27~35.7(H) mm dan 3,4KG (termasuk battery 82Wh).
Perbedaan kedua adalah pada keyboard. Untuk keyboard pada Xenom Hercules HC15S, sudah dibekali multi color backlit. Anda bisa mengcustom warna yang anda inginkan dengan pilihan 256 pilihan warna berbeda untuk tiga (3) area keyboard. Untuk fitur macro keyboard dan mouse masih sama seperti seri All New Xenom Hercules sebelumnya.

Spesifikasi Xenom Hercules HC15S

– Intel Core i7 6700K
Intel core i7 6700K merupakan suksessor dari core i7 4770K yang dipakai pada Hercules versi sebelumnya. Menggunakan jenis socket yang berbeda yakni LGA 1151 dan clock speed yang 14% lebih tinggi, secara general performanya single core naik 15 – 20% dibanding versi haswell, dan tentunya lebih hemat daya.

– DDR4 up to 64GB
Dengan CPU baru Intel Skylake core i7 6700K, tentunya Xenom Hercules HC15S juga mendukung penggunaan Memory DDR4. Dan hal ini memungkinkan ia dimaksimalkan hingga 64GB karena ia dibekali 4 buah slot so-dimm DDR4. Untuk unit yang kita review, menggunakan RAM DDR4 Samsung 16GB dengan konfigurasi 2 x 8GB pc 2133MHz.
Sedangkan untuk Video card, unit Xenom Hercules HC15S yang kami review kali ini dibekali Nvidia Geforce GTX980M dengan VRAM 8GB, Video card yang sama dengan MSI GT72-2QE Dominator Pro. Untuk jenis interface yang digunakan, ia masih menggunakan MXM yang artinya lebih mudah untuk kita lakukan maintenance dan upgrade.

Berikut spesifikasi lengkap Xenom Hercules HC15S

Display (LCD) : 15.6″ Full HD IPS LED-Backlit Display with Matte Finished Surface (1920 x 1080)
Processor : 6th Generation Intel® Core™ i7-6700K Processor ( 8MB L3 Cache, 4.0GHz TURBO MAX 4.2Ghz)DESKTOP Processor
System Memory (RAM) : 8GB DDR4 Up to 32GB Dual Channel DDR3 Memory capable
mSATA SSD (Slot 1 – Primary drive): 256GB mSATA SSD
mSATA SSD (Slot 2): –
1st Hard Drive  : 1TB SATA3
2nd Hard Drive : –
Graphics Card : Nvidia GeForce GTX 980M GPU with 8GB GDDR5 Video Memory (80% More Performance)
Operating System : Win 10
Wireless : Intel® Dual Band Wireless-AC 8260 +Bluetooth M.2 2230
Ports : • 3 x USB 3.0 ports (1 x powered USB port, AC/DC)
• 1 x USB 3.1 (Thunderbolt Tech)
• 1 x eSATA/USB 3.0 combo port
• 2 x Display port 1.2
• 1 x HDMI output port (with HDCP)
• 1 x Headphone jack
• 1 x Microphone jack
• 1 x S/PDIF output jack
• 1 x Line-in jack
• 1 x RJ-45 LAN port
• 1 x DC-in jack
Keyboard : Integrated Custom Color illuminated Full-sized keyboard with numeric pad,  anti-ghost keys, and touchpad with multi-gesture and scrolling function
Battery : Smart Li-ION Battery Pack 8 cell
Audio : • High Definition Audio
• S/PDIF digital output
• Built in array microphone
• Built in two 2W speakers
• SOUND BLASTER® X-FI® MB3
• External 7.1CH audio output supported by headphone, microphone, Line-in and S/PDIF jack
• ANSPTM 3D sound technology on headphone output
Camera :
2.0M FHD video camera
Power Adapter
:Full Range AC-in 100~240V, 50~60Hz, 230W AC Adapter, DC output 19.5V, 11.8A

New Sound System

Xenom Hercules X-Fi5
Xenom Hercules X-Fi5

Xenom Hercules HC15S masih menggunakan speaker buatan Onkyo namun sudah menawarkan codec terbaru dari sound blaster yakni MB5. Suara yang dihasilkan memang berbeda sekali dengan versi MB3. Saat kita test dengan volume 100%, Suara tetap warm, tak ada gejala suara speaker pecah atau sember.

Mesh hole untuk front audio dan sekaligus sirkulasi udara sepertinya
Mesh hole untuk front audio dan sekaligus sirkulasi udara sepertinya

Creative Soundblaster X-Fi MB5 ini membawa semua pembaruan dari sub feature mereka terdahulu termasuk SBX Pro Studio, Crystalizer, Surround, Bass, Dialog Plus, Smart Volume, EAX Advanced HD, ALchemy, dan scout mode yang berguna bagi anda yang senang dengan game jenis FPS.
Sejatinya, codec ini masih ekslusif dan belum dijual bebas via online web Creative seperti MB3 yang dihargai $30. Itu artinya, Xenom memperhatikan refresh dari semua sisi termasuk audio.

Performance

This slideshow requires JavaScript.

Nah, sekarang yang paling ditunggu-tunggu. Pemmzchannel akan kasih para pembaca semua tentang score yang di dapat menggunakan aplikasi benchmark standar kita. Disini kita bandingkan Xenom Hercules HC15S dengan seri sebelumnya. Juga MSI GT80 Titan sebagai pembanding mewakili notebook yang menggunakan konfigurasi mobile CPU + Mobile Geforce.

Sepertinya, benchmark yang kita lakukan pada All New Xenom Hercules HC15 haswell kurang maksimal. Memang, seri All New Xenom Hercules haswel menggunakan Geforce GTX970M, tapi jika kita lihat dari performanya melawan MSI GT80 Titan SLI, performa Xenom Hercules HC15S ini menunjukan peningkatan yang sangat drastis. Yang paling mungkin adalah penggunaan DDR4, menjadikan bottle neck di CPU semakin minim.

Untuk temperature, dengan arsitektur yang lebih kecil yakni 14nm, intel core i7 6700K pada Xenom Hercules HC15S ini seharusnya lebih dingin jika di “siksa” dengan test bad yang sama dalam pengujian benchmark pemmzchannel. Namun karena heatpipe pada heatsink yang menyatu dengan heatpipe GPU card, temperaturnya jadi terbawa naik. Untuk temperatur Video card sendiri, karena seri ini menggunakan Geforce GTX980M yang memang lebih “buas” secara spesifikasi, panas tertinggi pada saat benchmark mencapai 78°C atau lebih tinggi 3°C dibanding temperatur tertinggi Geforce GTX970M pada seri Hercules haswell.

  • Battery Performance

Hercules S Battery Bench

Dengan kapasitas battery yang juga sama yakni 82Wh, kombinasi Intel core i7 6700K dan Geforce GTX980M seharusnya lebih banyak menyedot kapasitas battery. Namun karena test bad pengujian kami tak membuat kedua komponen CPU dan GPU tersebut bekerja full load, efisiensi Skylake amat sangat berperan di sini. Jika battery pada Hercules seri Haswell plus geforce GTX970M 6GB mencetak 95 menit, battery pada Hercules seri skylake plus geforce GTX980M ini mampu bertahan lebih lama yakni 111 menit.

  • Temperature

Hercules S Temp Test

Ukuran dan design heatsink pada Xenom Hercules HC15S sama dengan versi Haswell sebelumnya. Performa masih mumpuni walau dibebani oleh panas geforce GTX980M. Temperatur CPU sendiri sempat mencapai 100°C dan GPU GTX980M mencapai 78°C saat kami gunakan bermain game battlefield 4. Namun saat kami mengaktifkan full speed fan dengan menekan kombinasi tombol Fn + num 1, temperatur masing-masing komponen bisa ditekan hingga turun rata-rata 20%. Ini sangat membantu bagi anda yang ingin bermain game jangka waktu lama tanpa khawatir suhu komponen menjadi tak terkendali.

Conclusion

Seandainya berkesempatan memiliki, Apa yang ingin anda lakukan dengan laptop berspesifikasi kelas super seperti Xenom Hercules HC15S? Untuk bermain Game sih sudah pasti. Dengan dua komponen utama dari kelas flagship, dimana salah satunya yakni CPU adalah versi desktop, game AAA terbaru sekalipun tak akan membuat dua komponen tadi berkeringat. Lalu, apalagi kira-kira yang mau anda perbuat?

Jika kita menilik performa antara seri haswell dan Skylake, Agak signifikan kenaikan harga dari Xenom Hercules HC15S ini dibanding seri terdahulunya. Namun performa yang Intel 6700K berikan dengan dukungan generasi Memory DDR4 terbaru, semkin menipiskan kemungkinan bottleneck yang menjadi momok utama di platform laptop. Untuk anda pekerja profesioal, apalagi sering bepergian dan sedang merencanakan mengganti alat pengolah data anda dengan sebuh laptop yang bisa di andalkan dimanapun anda berada, Xenom Hercules HC15S ini cocok untuk anda.

Produk Sejenis:

MSI GT80-2QE Titan SLI
Alienware 18 SLI 2015 Ed
ASUS ROG G751JY G-Sync

promo Aorus X7 DT GTX 10
REVIEW OVERVIEW
Performance
Handling
Upgrade Option
Power Consumption
Price
SHARE
Previous articleMulai Hari ini LG V10 Dipasarkan Secara Global
Next articleiPad Pro Kemungkinan Rilis Pertengahan November
He has written about Computer Hardware, Gadget News and Games for more than 5 years, including stints as hardware editor at PinPoint Publication and editor in chief of Pemmzchannel. His work has appeared in publications including, PCMedia Magazines, TnT Mild, Web & e-Magazines of Pemmzchannel.

4 COMMENTS

Leave a Reply