iPhone 6S vs Galaxy Note 5

Berbicara perang-perangan smartphone, Apple kembali perlu mengalahkan musuh lamanya, Samsung. Tinggal beberapa hari bagi Apple menunjukkan kepada dunia smartphone terbarunya, iPhone 6S. Kali ini Samsung selangkah lebih cepat dengan merilis Galaxy Note 5 baru-baru ini. Membandingkan spesifikasi, display, kamera dan masa baterai, mari kita lihat bagaimana Apple melawan Samsung.

 

Chip & Ram

Upgrade “S” pada iPhone generasi sebelumnya membawa beberapa fitur tambahan seperti Siri, Touch ID, prosesor baru, dan upgrade kamera. Sepertinya kita akan melihat update yang serupa pada iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. Kedua perangkat baru ini dikabarkan akan ditenagai oleh prosesor A9 yang lebih cepat.

A9 benchmark oleh GforGames
A9 benchmark oleh GforGames

Sebelumnya, sempat beredar sebuah benchmark misterius yang menampilkan A9 dengan Samsung Exynos 7420 pada Galaxy S6. Walau tidak dapat dipastikan kebenarannya, benchmark ini menunjukan Exynos 7420 lebih unggul pada multi-core dengan score 5038, namun pada tes single-core, Apple A9 lebih unggul dengan score 2090.

Apple memang sering tertinggal masalah RAM, generasi sebelumnya masih berkapasitas 1GB. Berbeda jauh dengan Galaxy S6 (RAM 3GB) dan Galaxy Note 5 (RAM 4GB). iPhone 6S dan 6S Plus dikabarkan akan hadir dengan RAM berkapasitas 2GB.

Display

Samsung Galaxy Note 5
Samsung Galaxy Note 5

Menurut Macrumors, keduanya akan hadir dengan ukuran 4.7 dan 5.5 inci. Laporan dari situs berita Cina iPhone 6S akan mendapat upgrade 1080p, sementara untuk iPhone 6S Plus dikabarkan akan hadir dengan 2K display.

Samsung Galaxy Note 5 berlayar 5,7 inci membawa resolusi 1440 x 2560 pixel Super AMOLED display. Jika iPhone 6S Plus berhasil hadir dengan display 2K, ini akan menjadi pertama kalinya flagship Samsung dan Apple merupakan lawan setara dalam hitungan pixel.

Camera

iPhone 6S dan 6S Plus di gembar-gemborkan hadir dengan kamera iSight 12MP yang siap untuk merekam video 4K dan slow motion pada 240 fps. FaceTime shooter pada kamera depan diharapkan ada pada resolusi 5MP. Bahkan kamera depannya dikabarkan akan mampu merekam video 1080p, slow motion video, dan mode panorama yang tersedia di store.

Di sisi lain, Galaxy Note 5 datang dengan kamera belakang 16MP dan kamera depan 5MP. Fitur lainnya adalah perekaman video 4K dan slow motion pada 240 fps. Jadi, jika perkiraan upgrade kamera pada iPhone diatas benar, maka dari sisi kamera pun bisa dibilang mereka adalah lawan yang seimbang. (Karena kita semua tahu bahwa megapixel bukanlah segalanya.)

Macrumors: iPhone 6S
Macrumors: iPhone 6S Camera

Battery

Hampir tidak ada bocoran tentang baterai iPhone mendatang. Sepertinya iPhone 6S dan 6S Plus akan tetap dengan baterai berkapasitas 1,810mAh dan 2,915mAh. Namun, upgrade baterai dilakukan dengan software iPhone melalui iOS 9, dan update chip 4G LTE dikatakan akan menarik daya yang lebih kecil.

Baterai berkapasitas 3,020 mAh pada Galaxy Note 5 dapat berlangsung sehari penuh pada pemakaian normal. kali ini mungkin Samsung akan sedikit lebih unggul, namun tidak terlalu signifikan jika adanya perbedaan resolusi layar.

Samsung Wireless Charging
Samsung Wireless Charging

Seperti biasa, melihat spesifikasi diatas kertas, biasanya Samsung akan menggunguli Apple. Namun beberapa aspek perlu pengujian langsung, seperti halnya kamera. Tahun ini akan menjadi pertarungan panas bagi pecinta gadget untuk membandingkan setiap flagship dari vendor smartphone ternama ini. iPhone 6S dan iPhone 6S Plus yang tanggal dikabarkan akan hadir lebih cepat, yaitu 9 September 2015.

Sumber

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply