Ini dia Jajaran CPU Intel Skylake Mobile untuk Pasar Notebook

4

Entah waktu yang cepat sekali atau usia penetrasi CPU intel seri sebelumnya yang singkat. Sepertinya baru kemarin kita membahas tentang kelebihan processor Intel generasi ke-5, Broadwell. Dan baru-baru ini, Intel sudah melepaskan daftar CPU generasi ke-6 mereka, Skylake.

Intel Skylake Mobile

Dimulai dengan pemetaan umum yang akan di jalankan pada seri ke-6 ini. Gambar diatas memperlihatkan bahwa Skylake untuk pasar Consumer dan Bisnis akan tetap hadir dalam 4 kategori sesuai kebutuhan device yang sama dengan Broadwell. Y-Series untuk 2-in-1 Detachable, Tablet dan Komputer stik. U-Series untuk notebook slim (ultrabook), AiO portable, dan Mini PC. Sedangkan Intel Skylake Mobile untuk notebook gaming dan high-end juga workstation akan diarahkan ke seri H yang pastinya tak menggunakan soket (BGA). Sedangkan untuk kelas Desktop mulai dari kelas value hingga high-end, AiO juga mini hingga medium PC akan menggunakan CPU kategori S.

High-End Notebook PC CPU Line

Yang jadi concern bagi kita pengguna gaming notebook adalah kategori ini. Seperti terlihat pada gambar di atas, seri H pada Skylake berbeda terutama pada seri Core i5 yang mana sudah menggunakan Quad core (i5 seri sebelumnya Dual Core + Quad Thread). Namun untuk seri H ini, tidak mendapatkan grafis Iris Pro seperti seri U yang kita bahas di bawah ini.

Ultra Portable Notebook CPU Line with Intel Iris 550

Dan diatas adalah 4 seri CPU intel seri U yang kesemuanya menawarkan solusi grafis Intel Iris. Tentunya dengan Intel Iris dalam die yang sama, membuat ke-4 seri Intel Skylake Mobile seri U di atas mengkonsumsi daya lebih besar, yakni 45Watt. Sepertinya ini akan menarik jika nantinya sebuah ultra slim notebook dengan core i3 sudah mumpuni untuk menjalankan game 3D. Jadi penasaran, seberapa bagus performa Intel Iris 550 ini.

Ultra Portable Notebook CPU Line with 15 Watt TDP

Untuk pasar ultrabook dan beberapa jenis notebook yang menawarkan barebone nan slim, Intel juga menawarkan CPU seri U mereka yang lebih rendah TDP-nya, hanya 15 watt saja. Meskipun begitu, kesemua seri top tier ini sudah membekal GPU Intel Iris yang agaknya masih cukup bisa diandalkan untuk kebutuhan grafis menengah. Tunggu saja nanti, tim pemmzchannel akan mengadu performa semua Intel Iris ini khususnya saat digunakan untuk Gaming.

Sedangkan 2 SKU processor di atas yakni Intel core i3-6100U dan Intel Pentium 4405U, sepertinya akan diperuntukan untuk notebook under 5 jutaan. Beda utamnya jelas pada ketidak hadiran Intel Iris di sisi GPU terintegrasinya.

Jadi makin gak sabar mau test ni Intel Skylake Mobile version.

promo Aorus X7 DT GTX 10

4 COMMENTS

      • wah masih 3 bulan lagi ya, kenapa ya kok di indonesia masuknya lama bgt sih?

        kalau yg itu masih gk beda2 jauh sama yg dipunya skrg, pensaran sama skylake wattnya kecil bgt dingin kayaknya sperti hembusan angin di langit

        semoga xenom masukin versi skylake + g-sync deh biar upgrade jadi gk nanggung2 laptopnya 😀

Leave a Reply