Walau amat sangat jauh terlambat, namun sudah jadi cita-cita kami sejak awal launching untuk me review MSI GT80 Titan SLI hingga akhirnya hadir juga makhluk langka tersebut di meja review pemmzchannel. Sebuah notebook  berspesifikasi monster dan unik yang tak mungkin tidak dilirik oleh yang mengaku enthusiast.

Spesifikasi unit Review MSI GT80 Titan SLI

Display : 18.4″ FHD IPS, Anti-Glare (1920*1080)
Processor : i7-4980HQ+HM87
Memory : 32GB Dual Channel DDR3L at 1600MHz (4 x 8GB)
Hard Drive : Super Raid 3-1TB SSD (4 x 256GB M.2 SATA)+1TB (SATA) 7200rpm
Graphics    :   SLI Nvidia Geforce GTX980M 16GB VRAM GDDR5
Optical Drive
: BD Writer
Operating System : Windows 8.1
Networking : Killer N1525 Combo (2*2 a/c)+BT4.0 M.2 type
Audio : 4+1 Speaker System, 2 speakers for each channel
Support 7.1 channel SPDIF output
Exclusive Audio Boost 2 technology
Creative Sound Blaster Cinema 2
Battery : 8 cell 5225mAH
Camera : Full FHD type ([email protected])
System Dimensions : 45.6 x 33 x 4.9 cm
Weight : 4.5Kg (w/ Battery)
Slots/Interface :
Card reader SD(XC/HC)
LAN Killer DoubleShot Pro Gb
1 x HDMI
5 x USB 3.0 port
2 x Mini-DisplayPort
1 x Mic-in/Headphone-out
1 x Line in/Line out
Warranty
: 2 year MSI Warranty
Bonus : Bag, Mouse

Secara marketing, GT80 Titan SLI punya semua sales poin yang wajib ada pada sebuah notebook gaming. Lebih detailnya, bisa lihat deretan spesifikasi hardware MSI GT80 Titan di bawah yang rata-rata merupakan kasta tertinggi di kelasnya terutama sekali sisi GPU yang tak tanggung-tanggung membentangkan dua buah Geforce GTX980M 4GB.

Unit review MSI GT80 Tital SLI yang kami terima sepertinya memang unit dengan spesifikasi yang sudah dibuat mentok rata kanan. Berbeda dengan yang tersedia dipasaran termasuk website pemmz yang sedikit “ketengah”. Nah dengan spesifikasi kelas dewa ini, seberapa kuat MSI GT80 Titan meninggalkan produk notebook gaming high-end lainnya.

Sales Package

msi_gt80-package

Baru MSI GT80 Titan yang melengkapi sales package dengan begitu banyak acesories selain dua buah DVD driver disc, kartu garansi, bantalan quick-start guide, recovery instructions, dan beberapa brosur. Anda akan mendapatkan sebuah mouse pad, MSI standar gaming mouse, gantungan kunci ekslusif dan sebuah bantalan berlapis kain, yang amat sangat anda butuhkan sebagai pengganti palm rest yang harus digusur untuk penempatan mechanikal keyboard. Accessories lain yang mencolok adalah tuts WASD berbahan metal berwarna emas untuk menggantikan TUTS standar agar lebih mencolok saat in-games. MSI juga membekali GT80 dengan backpack yang cukup besar untuk menampung notebook sekaligus semua accessoriesnya tadi termasuk adaptor berkapasitas 330W.

Design

Perlu diketahui, MSI GT80 Titan dengan luas layar 18.4” hampir tak memiliki lawan sepadan setelah Dell menghentikan produksi Alienware 18 mereka yang sama-sama menawarkan opsi dual GPU. Namun pihak MSI mengklaim bahwa GT80 masih lebih ringan dan tipis dibanding Alienware 18 yang pernah ada. Meski lebih ringan dan tipis dengan dimensi P=456mm, L=330mm, T=49mm, MSI GT80 Titan menawarkan desain yang ekstra ordinary terutama pada workstation.
Kenapa ekstraordinary? Walau nampaknya simple dan clean, workstation GT80 dibuat untuk mendukung upgrade hardware maksimal. Anda cukup membuka plat bergambar naga yang dibawahnya terdapat semua slot storage dan dua slot RAM. Sayangnya, walau banyak sisa ruang, MSI tetap memilih menempatkan indikator di bagian front.

Bagian bawah (bottom case), menggunakan desain one way door yang terlalu simple untuk notebook segahar GT80. Mungkin dengan ekstra mesh hole atau tekstur, bisa membuatnya tampil lebih “kekar”. Namun diluar itu, tujuannya juga baik, yakni untuk memudahkan anda melakukan maintenance. Sayangnya desain semacam ini umumnya memaksa battery masuk kedalam.

1st Gaming Notebook with true Mechanical Keyboard

IMG_10581

Jelas MSI ingin memberi pengalaman lebih mendekati gaming desktop PC lewat mechanikal keyboard yang ada pada GT80. Karena 70% gamer memang memilih mechanikal keyboard untuk sensasi gaming yang lebih “greget”. Menggandeng Cherry sebagai suplier mechanikal tuts, MSI berhasil membenamkan sepapan keyboard mechanikal yang umumnya tebal ke dalam sebuah barebone notebook.
Jenis switch yang digunakan adalah Cherry MX brown yang memiliki karakteristik ringan, minim noise, durable dan tactile. Cocok untuk penggunaan dengan durasi panjang juga tahan lama. Anda juga dapatkan fungsi Macro dan beberapa customize

Custom Touchpad

Custom TouchpadSeperti yang kami highlight pada video hands-on preview beberapa bulan silam, Touchpad pada MSI menjabat dua tugas, pertama sebagai normal touchpad, dan kedua sebagai numlock sentuh untuk melengkapi workstation yang menggunakan keyboard tanpa numeric keypad. Tidak mungkin mendapatkan keduanya dalam suatu saat, anda harus memilih salah satu fitur via virtual button bertuliskan “numlock”. Yang kerennya, saat aktif sebagai numlock, akan muncul garis-garis pembatas seolah memisahkan tiap tombol, sangat terlihat futuristik. Tak perlu lama membiasakan diri dengan design ini, beberapa kali pakai, kita akan bilang, ini lebih nyaman dari numlock konvensional.

Display Panel
MSI menggunakan panel dengan teknologi Super-PLS yang merupakan versi pengembangan dari IPS. Teknologi ini memungkinkan untuk memberi sudut pandang yang sama baik pada penampang yang lebih luas. Kualitas secara keseluruhan sangat baik, bahkan lebih baik dari panel yang digunakan Alienware 18. Tak ditemukan screen bleding sedikitpun pada unit yang kami uji. Untuk penggunaan outdoorpun, panel pada GT80 cukup superior, walau kemungkinannya agak minim anda akan bawa notebook berbobot hampir 4.5KG ini keluar rumah.

Port & Connectivity

This slideshow requires JavaScript.

Performance

This slideshow requires JavaScript.

Kombinasi Intel Core i7 dan dua buah Geforce GTX980M yang dikonfigurasikan SLI hampir sempurna dalam meminimalisasi terjadinya bottleneck. Seperti kita tahu, bottleneck muncul selain karena timpangnya jalur data dan performa cache, bisa juga saat temperatur chip meningkat drastis. Dan ketiga penyebab tersebut nyaris tak terjadi pada MSI GT80 Titan.

Nvidia seperti kita juga tahu, mendesign mobile geforce dengan arsitektur maxwell 2.0 ini agar memiliki performa setara 80% Desktop GPU. Dan Geforce GTX980M pada MSI GT80 Titan  mampu membuktikan hal tersebut.

Feature
Beberapa fitur yang ada pada MSI GT80 Titan merupakan fitur turunan yang sebelumnya sudah ada seperti SuperRaid, CoolerBoost, Killer Pro DoubleShoot dan Shift. Karena unit yang kami terima merupakan 1st generation, yang belum mengadopsi Broadwell, ada juga fitur yang belum ditambahkan seperti yang diinfokan di product page MSI, yakni Nahimic Sound Enhancer.

Conclusion
Desktop replacement dalam bentuk notebook dengan spesifikasi termutakhir agaknya layak jadi label unit review MSI GT80 Titan SLI ini. Semua yang anda butuhkan, mulai dari performa hingga feel bermain game yang jauh lebih baik dari notebook gaming lain, lengkap anda dapatkan.
Mungkin, bagi sebagian gamers, spesifikasi MSI GT80 Titan terutama pada unit yang kami review terlalu berlebihan. Bahkan untuk sebuah desktop replacement berbentuk notebook. Tapi bagi anda yang memandang dari sisi seorang flagship mania, yang selalu mencari pengalaman bermain game dan performa hardware terbaik, apa yang ditawarkan MSI mungkin sebuah investasi gadget masa depan yang tak akan anda temukan pada merk lain.

Semoga Review MSI GT80 Titan SLI versi pemmzchannel ini bisa bermanfaat walau ketinggalan ya..

Produk Sejenis :

– All New Xenom Hercules

Asus ROG G751JY

Gigabyte P37W

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply