Intel SSD Optane

Saat ini Intel sedang mengembangkan sebuah tipe ssd baru yang diberi nama Optane yang direncanakan akan dirilis pada tahun depan. Intel mengatakan bahwa Optane dapat bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan memori NAND Flash yang saat ini digunakan.

Optane mengusung sebuah teknologi yang dinamakan 3D Xpoint, yang dikembangkan intel bersama Micron. Tidak ada yang salah dengan teknologi memori saat ini, dan kita baru saja melihat perkembangan SSD berbasis PCIe, tapi saat ini banyak program yang membutuhkan kecepatan akses data yang sangat cepat.

Srmp7vCpH0cG.878x0.Z-Z96KYq[1]

Pihak Intel mengatakan bahwa teknologi baru ini mempunyai keuntungan dan kelebihan pada bidang manapun mulai dari gaming hingga penelitian medis yang dilakukan oleh supercomputer.

Intel juga sempat memberikan demo mengenai teknologi 3D XPoint pada event Intel Developer Forum kemarin. Pada demo ini teknologi dari intel 3D Xpoint jauh mengungguli pesaingnya yang sama-sama dari intel yaitu SSD P3700 sampai dengan 7 kali lipat pada performa IOPS. Jadi mari kita tunggu saja pada tahun 2016 dan bagaimana mengenai harganya?

Sumber

Leave a Reply