Rumor ini pertama kali datang dari pabrikan China, Hasee, lewat CEO mereka Wu Haijun, yang mengungkapkan keberadaan GPU card mobile ini lewat percakapan streaming internal. Tak sampai disitu, ia juga mengatakan bahwa nantinya Geforce GTX990M ini akan setara dengan kemampuan dua buah Geforce GTX980M SLI, flagship komersial mobile GPU Nvidia saat ini.

Nah, jika anda sudah membaca review pemmzchannel untuk MSI GT80 Titan SLI di e-Magazine edisi Juli lalu, pasti bisa meraba kekuatan sebuah Geforce GTX990M ini nantinya. Sebagai acuan, berikut beberapa hasil gamig benchmark untuk dual Geforce GTX980M yang ada pada MSI GT80 Titan SLI dengan resolusi 1920 x 1080 :
Battlefield 4 (Ultra) = 100fps
Middle Earth: Shadow of Mordor (Ultra) = 82fps
Tomb Raider (Ultimate) = 109fps
Alien Isolation (Ultra) = 160fps
Metro Last Light Redux (Very High, Tessellation Very High, Advanced PhysX) = 93fps

Diluar percakapan livestreaming yang ditranslate ke bahasa Inggris di atas, media NotebookCheck mengklaim sesuatu yang mereka sudah ketahui dari beberapa sumber, yang kesemuanya memiliki benang merah bahwa nantinya Geforce GTX990M ini akan menggunakan kode nama “N16E-GXX.” Lebih lanjut, GPU ini akan menggunakan arsitektur Maxwell GM204 yang sama dengan Geforce GTX 980 Desktop. Hal yang juga memperkuat rumor ini adalah munculnya penambahan kode “Nvidia E-GXX” pada driver terbaru Geforce seperti di infokan LaptopVideo2Go.

Mengenai TDP, isu ini juga masih simpang siur. Namun kebanyakan memercayai bahwa Geforce GTX990M ini akan mengkonsumsi daya minimal 100W hingga 185W. Yang artinya, hanya ada beberapa pabrikan yang memungkinakan untuk mengintegrasikan GPU ini pada line up notebook flagship mereka, seperti CLevo dan MSI. Mengingat jarang pabrikan yang mampu menaklukkan masalah thermal GPU high-end di platform notebook. Semoga Xenom bisa ikutan ya membawa ini ke Indonesia.

Satu-satunya berita yang mungkin terdengar buruk bagi sebagian orang adalah, GPU ini hanya tersedia dalam keadaan tersolder, jadi tidak ada versi MXM. Tapi sudahlah, memangnya mau upgrade ke seri apalagi kalau sudah punya notebook dengan ni VGA?

Hmm… Kira-kira berapa ya harga notebook yang pakai ni Geforce GTX990m?

Sumber

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply