Walaupun saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat dengan mudah membuat foto-foto Anda menjadi lebih indah, tapi belum tentu semuanya sesuai dengan selera Anda. Nah kali ini kami akan memberikan tips cepat cara membuat efek miniatur pada foto Anda menggunakan photoshop.

Sebagai informasi untuk menghasilkan efek ini tanpa bantuan Photoshop, Anda perlu menggunakan sebuah adapter yang berfungsi untuk memiringkan lensa Anda sehingga menimbulkan efek tilt-shift dimana sebenarnya area fokus foto menjadi lebih sempit karena lensa yang miring. Adapter ini biasanya mempunyai harga yang cukup tinggi namun memang hasilnya terlihat sangat baik dan natural.

Photoshop
Photoshop CC

Nah, kali ini kami akan memberikan sedikit tips bagi Anda pencinta foto landscape sehingga Anda bisa lebih berkreasi dengan foto Anda yaitu dengan menciptakan efek miniature dan foto Anda tampak seperti sebuah maket mainan. Yang Anda perlukan tentunya adalah Photoshop versi CC dan gambar yang ingin diberikan efek Miniatur.

Kami menyarankan Anda menggunakan format RAW karena akan mempunyai hasil yang lebih maksimal. Pertama buka file foto Anda, masuk kepada menu Image>Image Adjustment. Nah pada menu ini pilih Vibrance dan atur ke kanan sehingga warna gambar Anda akan lebih hidup, setelah itu klik ok. Langkah selanjutnya adalah menambahkan saturasi pada gambar dengan cara masuk ke Image>Image Adjustment>Hue/Saturation. Tambahkan saturasi pada foto Anda sampai pada tingkat yang Anda inginkan.

adjustment
Atur warna foto Anda supaya lebih kontras dan vibrant

Langkah selanjutnya adalah mengurangi tekstur untuk membuat foto tersebut lebih lembut. Anda bisa melakukannya dengan mudah dengan cara menggukan fitur Smart Blur yang berada pada menu Filter. Setelah itu sekarang saatnya untuk memberikan efek miniature pada gambar Anda melalui menu Filter>Blur>Tilt-Shift. Atur tingkat blur Anda dengan menarik garis-garis yang tersedia dalam filter tersebut. Jika Anda ingin menambahkan tingkat blur, putar lingkaran yang berada di tengah gambar tersebut.

blur
Atur tingkat Blur Anda sampai pada tingkat yang Anda inginkan

Setelah mendapatkan efek yang Anda inginkan langkah terakhir adalah melakukan cropping dan menyimpan gambar Anda. Crop gambar Anda menjadi lebih pipih sehingga efek Miniatur lebih semakin jelas terlihat. Lalu simpan gambar Anda, dan Anda telah berhasil menciptkan efek gambar miniatur.

crop
Crop Gambar Anda
promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply