Ada berita menarik baru dari kubu merah akhir minggu lalu yang didapat dari hasil percakapan sebuah media dengan orang dalam AMD. Walau bukan mengenai chip grafis untuk pasar notebook, tapi menjadi menarik karena menyinggung kemungkinan AMD semakin merajai pasar console chip dengan gosip bahwa Nintendo NX ikut mempercayakan performance next gen console mereka pada AMD. Selain tentang AMD di Nintendo NX, conference call tersebut juga mengungkap waktu peluncuran Radeon Nano lebih transparan.

Nintendo NX

Lewat asumsi yang muncul setelah percakapan via conference call dengan AMD chief executive, Dr Lisa Su, yang berbicara tentang kesuksesan AMD memenangkan kepercayaan raksasa ketiga setelah Sony PS4 dan Microsoft XBox, memberatkan bahwa sang raksasa ketiga dalam dunia cconsole yang dimaksud adalah Nintendo, dengan produk terbaru mereka Nintendo NX.

Menurut Tech Times, Dr Su mengindikasikan bahwa kontrak baru yang dimenangkan AMD bernilai miliaran dolar amerika.

Radeon R9 Nano

Sejak berita mengenai AMD R9 beredar luas hingga akhirnya R9 diluncurkan di Indonesia secara resmi (baca artikel liputannya, disini), tanggal rilis untuk AMD Radeon R9 Nano belum juga diumumkan, bahkan hingga hari ini. AMD hanya mengndikasikan tanggal rilis sekitar Q3 2015.

Info terakhir dilemparkan oleh Dr Su, bahwa Nano akan launching sekitaran Agustus yang artinya tak lama lagi. Saat ini yang lebih membuat penasaran dan banyak dicari tahu adalah spesifikasi sebenarnya dari si nano dengan dimensi 6-inch ini. Masih dari Dr Su, generasi GPU baru ini menawarkan performance per watt 2x lebih baik dari seri flagship sebelumnya, R9 290X.

Sumber

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply