Sudah siap liburan guys..?

Jangan sampe liburan kamu basi karena gak “mbekel” persiapan yang mateng. Kali ini, pemmzchannel mau kasi tips apa saja yang sekiranya kamu butuhkan untuk memaksimalkan gadget saat berlibur, baik itu silaturahmi ke “negara asal” (kampung .red), atau melancong ke negara lain.

Bersih-bersih

Baik Android, iPhone atau smartphone dengan OS lainnya, pasti dan di pastikan akan meninggalkan sampah seiring pemakaian. Apalagi yang sudah lebih dari setahun gak kena sentuhan “optimalisasi” seperti factory reset atau sekedar reset temp atau dalvik cache kalau di dunia Android.

Jika kamu membutuhkan gadget kamu bekerja maksimal, sebaiknya lakukan “bersih-bersih” storage internal maupun eksternal (jika ada). Kenapa? karena sampah-sampah yang tinggal dalam gadget kita sangat-sangat membebani kinerja CPU, yang akan lebih “lelah” mencari dibanding pada device yang masih clean. Efeknya, menekan tombol shutter kamera aja kadang “delay”, kan ngeselin.

Power Bank

Perbandingan ketebalan Asus ZenPower
Jika memungkinkan, bawa powerbank lebih dari satu

Accesories yang satu ini bagai malaikat penyelamat saat tertinggal info di social media sudah jadi mimpi buruk buat kalian. Smartphone dengan segala macam kehebatannya, apalagi sudah ditunjang spesifikasi hardware hingga octa core, membuat kebutuhan akan battery menjadi sangat tinggi. Layar, CPU hingga konektiftas yang terus menerus aktif, membuat seberapa besarpun kapasitas battery terasa kecil.

Nah, mengaktifkan camera otomatis membuat layar berfungsi sebagai view finder yang otomatis menyedot daya battery cukup besar. Akan sangat menyedihkan jika battery kita habis tatkala pemandangan bagus terhampar di depan mata bukan?

Protection

Namanya berlibur, kalau kalem-kalem aja bawaannya, kok kayak basi ya? Kecuali kamu berlibur bareng calon mertua yang memaksa kamu Jaim :D. Nah, untuk melepas ekspresi sering kali kita ceroboh dan berujung dengan tangisan saat melihat LCD gadget kita pecah karena jatuh 🙁

Untuk melindungi gadget kita tersebut atau minimal menambah rasa PD saat melakukan hal-hal diluar kekaleman kita, baiknya kamu modalin hardcase buat gadget kamu, atau minimal softcase yang bisa mengurangi keras benturan atau hal lain yang kadang tidak kita inginkan.

Secondary Service Provider

Kehilangan sinyal data adalah Hal paling menyebalkan saat ingin membagi moment yang sudah penuh perjuangkan kita abadikan. Harap maklum sebenarnya, karena wilayah NKRI ini begitu luas dan belum semua tercover dengan baik oleh para operator selular. Jangan pernah percaya coverage area yang terdapat pada web provider, terutama untuk daerah terpencil. Sebaiknya, kita yang sedia payung sebelum hujan. Kita bisa siapkan 2 atau 3 provider sebelum berangkat. Ada baiknya kita reload lebih dahulu semua kartu dengan paket data sesuai kebutuhan.

Tongsis (tongkat narsis)

Airplane-Selfie

Biasanya nih, gak mungkin gadget sudah keren gak dilengkapi kamera paten. Dan menyadari kamera pada gadget kita paten, mengambil foto diri sendiri adalah rutinitas wajib tiap hari. Mana lagi saat di tujuan berlibur, banyak terdapat object yang sayang untuk tidak diabadikan. Nah, untuk memaksimalkan hasil foto pastinya kita butuh yang namanya tongkat narsis. Apalagi jika foto bareng-bareng, alat ini amat wajib untuk membuat semua objek masuk dalam 1 frame.

Sedikit tips, carilah tongsis yang dratnya berkualitas. Karena seringnya kita memanjangkan atau memendekan tongsis, drat pada tongsis yang kurang baik seringkali kehilangan grip di beberapa kali pemakaian saja. Jika memungkinkan, gunakan juga remote tambahan untuk meminimalkan kehilangan moment.

EXtra Storage

Sehubungan dengan kemampuan kamera pada gadget modern sudah semakin canggih, sensornya sudah mampu menangkap gambar hingga resolusi yang tinggi. Sebuah smartphone dengan sensor kamera 13 Mega Pixel, membutuhkan ruang storage rata-rata 2MB untuk setiap foto yang diambil. Jadi kira-kira, untuk 100 foto, dibutuhkan ruang bebas di media penyimpanan sekitar 200MB. Tentunya tak hanya foto, video juga akan sering kita ambil jika moment yang ditemukan lebih cocok kita abadikan dalam format bergerak. Dan tentunya, untuk 1 videonya bisa memakan media penyimpanan hingga 10x lipat.

Saat ini memang sudah banyak ditawarkan eksternal storage berkapasitas super besar, bahkan hingga 128GB. Namun masih belum banyak di dukung oleh gadget-gadget kelas menengah. Lebih parahnya, ada beberapa gadget yang tidak mendukung eksternal memory. Nah, salah satu solusi alternatif adalah menggunakan eksternal drive via fitur OTG (On The Go). Fitur ini memang mensyaratkan device yang juga mendukung OTG, namun kemungkinan, lebih banyak device mendukung OTG dibandingkan yang mendukung eksternal memory berkapasitas besar. Dan juga, OTG drive lebih nyaman di gunakan untuk memindahkan file berukuran besar.

Nah, itu dulu tips memaksimalkan gadget untuk mendukung liburan kalian. kalau ada yang mau nambahin, monggo share di kolom komentar, kalau OK, kita akan pindahin ke artikel. 😉

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply