Ini dia notebook seri ROG dari ASUS yang sudah jadi trending topic bahkan sejak sebulan sebelum di luncurkan di tanah air. Secara general, wajar bro. Notebook gaming ternama dibaderol 12,2 juta rupiah sudah dapat Intel Core i7 4720HQ, Nvidia Geforce GTX950M 4GB GDDR3 dan keyboard berbacklit. Selain harga, apa saja yang membuat notebook yang isunya hadir dalam jumlah yang sangat terbatas ini?. Simak review ASUS ROG GL552JX by pemmzchannel berikut ini.

Specification

Display : 15.6″ HD (1366×768) by AU Optronics
Processor : Intel® Core™ i7 4720HQ 2.5 GHz ~ 3.5 GHz Processor
Memory :  4GB DDR3L 1600MHz SDRAM up to 16GB (2 x 8GB)
Hard Drive : 1TB / 5400rpm
Graphics : NVIDIA GeForce GTX 950M 4GB VRAM
Optical Drive : DVD/RW SuperMulti
Operating System : DOS
Networking : Qualcomm Atheros AR956x Dual-band 802.11 a/b/g/n
Audio : Built-in 2 Speaker(s) And Microphone
Bang & Olufsen ICEpower®
SonicMaster Premium
MaxxAudio support
Battery : 6Cells
Camera : Front 1.2 MP and Rear MP HD Web Camera
System Dimensions : 15.0 x 10.0 x 0.6 ~1.3 inch (WxDxH)
Slots/Interface :
1 x Headphone-out jack (Audio-in Combo)
3 x USB 3.0 port(s)
1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert
1 x HDMI
1 x mini Display Port
Warranty : 2 Year Asus Global Warranty
Bonus : Backpack + Mouse Gaming

Secara spesifikasi, ASUS ROG GL552JX ini nyaris sama dengan seri yang sebelumnya kami review, yakni ASUS ROG G550JX. Terutama di poin utama seperti CPU dan GPU. Untuk membuat produk ini kompetitif, poin lain seperti RAM, storage, LCD hingga Operating system dipangkas. Alhasil, jadilah line-up baru dalam jajaran produk notebook ASUS ROG, yakni line-up dimana pengguna lebih focus pada performa inti, bukan desain dan fitur.

review ASUS ROG G550JX

Design & Built Quality

Nah, poin ini yang juga banyak kena pangkas, terutama material yang digunakan. Jika ROG 550JX menggunakan bahan logam almunium, anda harus puas dengan bahan plastik diseluruh barebone ASUS ROG GL552JX.  Namun ASUS cukup pintar, jika membuat tekstur pada permukaan plastik juga perlu cost yang tidak sedikit alias tinggi, ASUS menambahkan printable patern di beberapa area barebone GL552JX ini agar lebih terlihat dinamis. Secara keseluruhan, design barebone yang digunakan sama dengan Asus ROG GL551JM yang kami review terdahulu, cuma yang ini dari plastik saja.

Workstation

Keyboard with RED ROG Backlit

ASUS ROG GL552JX workstation
ASUS ROG GL552JX workstation

Ini salah satu poin unggulan dalam ASUS ROG GL552JX ini, disaat yang lain dengan range harga 12 juta-an tidak ada yang menawarkan backlit, notebook limited edition ini menawarkan backlit cerah berwarna merah yang bisa disetel dalam 3 tingkatan khas ROG 500 series.

Touchpad

Jika kamu gamers pengguna notebook yang bahkan tidak pernah menggunakan touchpad bawaan, notebook ini cocok buat kamu. Karena, menurut kami desain ditambah build qualitynya benar-benar ringkih.

Display Panel

Panel yang masih juga "TN"
Panel yang masih juga “TN”

Dengan range harga tersebut, kami sudah menebak jikalau seri ini agak mustahil menggunakan panel IPS. Dan ternyata benar, ia menggunakan panel jenis TN buatan AU Optronics dengan seri B156XTN04.1 beresolusi 1366 x 768 pixel. Bagusnya, panel ini sudah berjenis Anti-Glare dan memiliki tingkat kecerahan warna yang baik. Untuk mendapatkan posisi view yang sempurna, anda wajib berhadapan tegak lurus dengan panel ASUS ROG GL552 jika ingin kualitas display yang 100% maksimal.

Port & Connectivity
ASUS ROG GL552JX port n connectivity
ASUS ROG GL552JX port n connectivity

Yang berubah hanya audio jack, sebelumnya menggunakan combo audio jack sedangkan seri yang baru menggunakan lubang audio out dan mic terpisah. Selebihnya sama dengan urutan mulai dari kenshington lock, ODD, USB 2.0 port disebelah kanan dan charging port, lubang exhaust, Analog VGA port, HDMI port, LAN port dan 2 buah USB 3.0 port di sisi kiri.  Semua penempatan port kami rasa sudah cukup baik kecuali LAN port yang terlalu kebawah. Karena umumnya kabel LAN di meja kerja datang dari atas meja kerja. Tapi lupakan, karena sekarang zaman Wireless bukan!!!

Untuk sambungan internet, ASUS ROG GL552JX sudah dibekali Realtek Gigabit Ethernet untuk koneksi kabel. Tapi sayangnya untuk unit yang kami review kali ini masih menggunakan wireless adapter Qualcomm Atheros AR956x b/g/n dan belum berstandar a/c.

Upgrade Option
ASUS ROG GL552JX upgrade option
ASUS ROG GL552JX upgrade option

Jika melihat dari barebone terdahulu, seri ini nampaknya sama persis, dimana tak menawarkan banyak opsi upgrade kecuali disisi RAM dan storage. Sebagai pengingat, seri GL551J sebelumnya menediakan slot m2.SATA, tapi perlu membuka bottom case keseluruhan untuk mengakses slot tersebut.

Kabar gembira, untuk edisi GL552JX kali ini tak perlu lagi membuka bottom case secara keseluruhan untuk menambah solusi storage m2.SATA pada notebook ini. Nice..!!

Performance

Satu hal yang membuat performanya kurang maksimal adalah penggunaan RAM yang hanya sebesar 4GB (SK-Hynix), 1 keping single channel. Performa komputasi terutama yang berhubungan dengan perhitungan PhysX jadi cukup drop. Di beberapa benchmark synthetic, performa Geforce GTX950M dengan VRAM 4GB nya juga masih kalah dengan GTX950M versi VRAM 2GB. Intinya, bagi anda yang ambil dalam kondisi standar, sebaiknya mulai menabung untuk memaksimalkan sisi RAM dan storage agar sang GTX950M bekerja lebih maksimal.

Battery Performance

Spesifikasi Battery ASUS ROG GL552JX
Spesifikasi Battery ASUS ROG GL552JX
Conclusion
ASUS_ROG_GL552JX_Power_Adapter
Adaptor ASUS ROG GL552JX berkapasitas 120 watt

Bagi anda yang perduli dengan kualitas material juga kualitas panel lcd, ASUS ROG GL552JX ini jelas bukan untuk anda. Tapi bagi anda yang sudah lama menunggu solusi basic dari sebuah Notebook berlogo ROG dengan banderol harga under 13 juta rupiah, ASUS ROG GL552JX ini adalah solusi satu-satunya.

Pros :

  • Terjangkau untuk produk sekelasnya
  • Tergolong Ringan
  • Keyboard dengan backlit

Cons :

  • Display masih HD dan sering screen tearing
  • Material dan Touchpad kurang baik

Similar Product

 

promo Aorus X7 DT GTX 10

36 COMMENTS

  1. Mau nnya, di akhir narasi pereview bilang, dapatkan sekarang di pemmz.com, apakah untuk produk asus rog gl552jx ini ready.?

  2. Sebenarnya aku udah mau beli ASUS Notebook yg tipe N550JV-CN301D yg cuma 10jt-an buat keperluan desain grafis juga tapi aku dapet tawaran lagi katanya yg ROG GL552JX ini lebih oke.Kalau ASUS yang tipe ini digunakan untuk kebutuhan desain grafis itu bagaimana ya peformanya???aku lihat di webnya sih kalo yang tipe ini punya peforma yang bisa menjawab keperlua game sekaligus keperluan kreatif.Mohon bantuannya, thanks 🙂

    • Mohon maaf, kita tidak coba waktu itu. aplikasinya sendiri, bisa di download dr web asus dan coba langsung kok.
      mungkin Asus gak sertakan secara default krn GL552 hanya mengandalkan 1 fan. Jadi ditakutkan naiknya suhu tak bisa di redam sistem pendinginnya.

    • sayangnya, notebook ini maksimal hanya 12GB bro, karena slot RAM cuma ada 1. Untuk M.2 bisa kok. lokasi dmn?

  3. minta saran gan tolong dijawab . saya mau upgarade ram ROG GL552JX saya menjadi 8 gb , pertanyaan saya apa sebaiknya saya langsung menambah saja ram bawaan dengan 4 gb ram baru atau saya ganti ram bawaannya dengan ram baru 2×4 gb (kit) . saya mau aktifkan dual channel dari laptop ini , takutnya kalau saya langsung nambah ram bawaan fitur dual channellnya tidak aktif karena beda merk ram dan laptop jadi tidak stabil . mohon pencerahannya , terimaksih

Leave a Reply