Oculus Touch, VR input controller Oculus Rift

Setelah tiga tahun menunggu, Oculus Rift akan segera menghampiri Anda. Pada event pre-E3, Oculus Rift akan membawa virtual reality (VR) ke level yang lebih tinggi. Tidak hanya wajah, bagian lain tubuh Anda akan dipindahkan ke dunia VR. Sang pemilik, Facebook baru saja mendemokan prototipe Oculus Touch “Half Moon” controller, yang akhirnya memberi kita perangkat input VR yang layak selain controller Xbox One. Bukan sekedar controller biasa, Oculus Touch akan membawa tangan Anda melalui kamera Oculus Rift secara ringan dan nyaman untuk waktu bermain yang cukup lama.

Oculus Touch controller design

oculus touch controller desain
Oculus Touch, VR input controller

Desain yang dikombinasikan dengan Oculus Rift ini akan memungkinkan Anda menggunakan tangan Anda dalam sebuah game sama seperti ketika berada di dunia nyata. Oculus VR founder, Palmer Luckey, menyebutnya sebagai “low metal load”. Oculus Touch dikembangkan layaknya stick analog dengan dua tombol dan sebuah analog trigger yang terletak dibawah jari tengah. Desain ini akan sangat berguna saat bermain game, misalnya Anda dapat mengunakan analog trigger untuk mengambil pistol dan menggunakan jari telunjuk untuk menembak.

oculus touch controller oculus rift
Oculus Touch Hand Gestures

Oculus Touch masing-masing terpisah untuk kedua tangan dan hadir tanpa kabel. Perangkat ini akan mendeteksi serangkaian gerakan jari dan tangan, seperti menunjuk, melambaikan atau memberikan jempol.
Input tersebut diaktifkan oleh sensor array yang dipasang di seluruh bagian dalam perangkat.
Oculus Touch diperkirakan akan menyusul Oculus Rift versi konsumen pada kuartal pertama di tahun 2016.

Sumber

Leave a Reply