AMD baru saja meluncurkan processor berbasis Mobile Accelerated Processing Unit (APU) generasi ke-6 dari keluarga high-end A series mereka yang untuk pertama kalinya menggunakan konsep System-on-Chip (SoC). Membawa codename Carrizo, chip ini sudah menggabungkan CPU, GPU, memory controller, southbridge, northbridge, PCIe controller dan HEVC sekaligus. CPU Carrizo masih empat core berbasis mikroarsitektur Excavator, sedangkan GPU-nya menggunakan 8 Graphics Core Next.

Generasi APU ke-6 AMD ASeries Processor ini adalah prosesor notebook paling serbaguna yang pernah diproduksi, karena diklaim cocok untuk mendukung hiburan streaming premium, terdepan dalam pengalaman game online yang lebih smooth, juga pengalaman komputasi yang inovatif.

Mobile Carrizo Feature
Mobile Carrizo Feature

Seri High-Performance APU pertama di dunia ini tak hanya hanya berevolusi dalam bentuk, tapi juga menandai sejumlah pengalaman teknologi baru antara lain, pertama kalinya sebuah notebook mendukung High Efficiency Video Coding (HEVC). HEVC juga akan menjadi standar baru dalam industri karena perusahaan besar, termasuk Microsoft akan mengadopsinya di Xbox One. Saat mengembangkan Carrizo, AMD juga bekerjasama dengan Microsoft untuk membuatnya optimal digunakan di Windows 10 dan DirectX 12.

Mobile Carrizo juga SoC yang pertama kalinya mengadopsi heterogen Sistem Arsitektur (HSA) 1.0, juga high-performance APU pertama di dunia yang mendukung ARM TrustZone. Hasilnya adalah prosesor inovatif yang menawarkan lebih dari dua kali masa pakai baterai dari pendahulunya, hingga 2x performa gaming lebih cepat dari prosesor kompetitornya.

Produk-produk notebook yang menggunakan 6th Generation AMD A-Series Processor ini akan segera tersedia akhir Juni ini.

Leave a Reply