Halo gamers,
Akhir-akhir ini banyak sekali keluhan dari pembaca pemmchannel, pengunjung online store Pemmz, fanpages pemmz juga pengguna aktif forum online, tentang sangat terbatasnya kuantiti salah satu produk notebook laris yang notabene sudah mereka antisipasi sejak lama. Pihak pemmz sendiri sudah berusaha melakukan apa yang kami bisa untuk menelusuri jejak produk yang demand dan “hype”-nya sedang melambung selangit tembus tersebut.

Feedback Formalitas

Kami sendiri tidak habis fikir, terkadang vendor selalu meminta informasi pada media partner, distributor maupun dealer tentang perkembangan demand di pasaran. Dan kami, selalu berikan feedback sejauh yang pemmz ketahui. Hal tersebut seharusnya dapat dijadikan bahan sebagai forecasting pada pemesanan berikutnya bukan?

Tapi yang terjadi, gelombang produk yang datang tak sesuai dengan informasi demand yang kami laporkan pada prinsipal. Hal ini yang terkadang menjadikan distributor ataupun dealer kelabakan mencari alasan untuk menenangkan loyal customer mereka. Akhirnya, produk yang terbatas tersebut hanya tersedia dalam bentuk brosur atau produk katalog. Miris . .

Marketing Strategy?

Sempat juga tercetus sebuah analogi bahwa hal tersebut adalah salah satu strategi marketing perusahaan notebook laris tersebut untuk membuat calon pengguna bertahan dengan produk impian yang sebenarnya di produksi terbatas tersebut. Hingga si calon pengguna “mengabaikan” merk lain yang notabene menawarkan spesifikasi, fitur juga desain yang bahkan lebih bagus.

Masalahnya, strategi ini juga menyangkut harga, si pemegang merk tersebut sejak jauh-jauh hari sudah mengkampanyekan harga produk mimpi tersebut, dan faktanya harga produk tersebut memang sangat menggiurkan. Ditunjang nama besar brand mereka tentunya.

Entahlah, semoga saja hal dalam paragraf di atas hanya logika penulis semata. Yang jelas, produk itu benar-benar mendatangkan waiting-list yang cukup panjang. Dan dari sisi kami, sama sekali tak ingin pemmzholics kecewa karena hanya bisa melihatnya dalam brosur atau product catalog.

Pembaca yang punya pemikiran lain, kita tunggu  komentarnya ya..

3 COMMENTS

  1. Merk lain yg spesifikasi, fitur & desainnya lebih bagus harganya belum tentu bagus sih. Bikin head-to-head review aja atuh, mas rifan, biar konsumen terbuka matanya.

Leave a Reply