5 Tips Menghasilkan Foto Smartphone Berkualitas

Saat ini trend kamera DSLR sudah mulai tergantikan oleh kamera smartphone yang lebih kecil dan semakin berkualitas. Selain fungsinya yang bisa kita gunakan untuk berkomunikasi, beberapa smartphone terbaru terutama seri flagship bersaing mengedepankan kualitas dan fitur kamera mereka bahkan beberapa diantara mereka berani memasang embel-embel “pengganti DSLR Anda“.

Kali ini kami tidak menggunakan smartphone flagship terbaru yang mengedepankan fungsi kamera mereka dalam memberikan tips, kami hanya menggunakan sebuah Samsung Galaxy Note 2 yang diluncurkan hampir tiga tahun yang lalu, namun dengan bantuan beberapa aplikasi kamera pihak ketiga yang banyak membantu menambah kualitas foto kami.

Kami menggunakan aplikasi A Better Camera, sebuah aplikasi yang dapat membuat fitur kamera smartphone Anda berlipat ganda dengan menambahkan kemampuan HDR, Panorama, , Smart Mulitshot, Night Mode, dan Burst Mode. Anda juga bisa melakukan manual focusing dan manual exposure dalam mengambil foto dengan aplikasi ini.

Namun sebuah aplikasi tidak akan cukup untuk membuat kualitas foto Anda menjadi sempurna, Anda tetap membutuhkan skill dan pengetahuan dasar fotografi untuk memaksimalkannya.

Berikut adalah 5 point utama yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan kualitas foto yang memuaskan.

1. Pelajari Fitur Pada Aplikasi Kamera Anda.

Jika Anda memahami betul karakter mode Auto pada aplikasi kamera Anda, setidaknya hal ini tidak akan membuat Anda untuk mengambil foto beberapa kali karena mungkin Anda bisa dengan cepat memutuskan akan mengambil foto dengan mode Auto atau menggunakan mode manual pada kondisi yang tepat.

20140526_152929
Fitur Panorama

 

Selain Mode Auto Anda bisa menggunakan fitur lainnya seperti panorama pada aplikasi A Better Camera yang kami gunakan.

 

2. Ubah Konfigurasi Default Kamera.

Setiap Smartphone pasti memberikan sebuah konfigurasi default untuk kamera mereka, biasanya konfigurasi ini terdiri dari kualitas gambar, resolusi gambar, exposure, auto focus, dan lain-lain. Belum tentu semua konfigurasi yang mereka tawarkan secara default akan berfungsi maksimal dengan kondisi saat Anda mengambil foto.

Sesuaikanlah konfigurasi pada smartphone tersebut sesuai dengan keaadan Anda, seperti jika Anda tidak terlalu membutuhkan resolusi gambar yang terlalu besar, maka sesuaikanlah dengan keinginin Anda karena semakin besar resolusi yang diambil biasanya waktu yang dibutuhkan akan semakin lama.

3. Pilih Tempat yang kaya akan Cahaya

Dalam dunia fotografi cahaya adalah hal yang sangat penting, sebuah kondisi objek minim cahaya akan mengakibatkan munculnya banyak noise yang sangat mempengaruhi kualitas foto Anda. Namun bukan berarti semua cahaya adalah sahabat Anda, cahaya yang berlebihan juga bisa mengakibatkan foto Anda menjadi over-exposure sehingga akan terlihat flat dan mengurangi detail yang ada.

20131118_180409
Foto ini akan lebih hidup jika menggunakan mode HDR

 

Tempatkan objek foto berlawanan dengan sumber cahaya sehingga tidak terjadi backlight foto yang menyebabkan sebuah siluet pada objek Anda tapi Anda bisa memanfaatkan mode HDR untuk mengurangi fenomena Backlight ini. Anda juga bisa memanfaatkan fitur flash pada kamera smartphone Anda untuk mengurangi fenomena Backlight.

4. Perjelas Tujuan Foto Anda.

Saat ini kita sering melihat sebuah foto seseorang dengan keindahan alam yang hanya berfokus kepada orang tersebut sehingga dalam foto tersebut tidak ada keseimbangan antara objek dengan latar pemandangan dibelakangnya. Anda tidak harus menaruh objek foto Anda berada ditengah frame, Anda bisa menyuruh mereka lebih ke pinggir sehingga orang lain  yang melihat foto Anda juga bisa menikmati pemandangan yang Anda alami di foto tersebut.

20130401_110645

5. Gunakan Alat Bantu Untuk Menambah Kreatifitas Foto Anda.

Saat ini banyak alat bantu untuk mobile fotografi, sebut saja peralatan seperti tongsis, lensa fish-eye, sampai pada drone. Gunakan alat tersebut bukan hanya semata-mata untuk membantu pengambilan foto Anda, tapi Anda bisa memanfaatkan alat-alat tersebut untuk menciptakan foto yang lebih menarik atau bahkan membuat video timelapse dengannya.

f9ebs6[1]NB: semua foto diatas diambil menggunakan Samsung Galaxy Note 2.

 

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply