Edisi kali ini, di pasar komputer tanah air sedang marak produk Mini-PC dan AIO. Seperti halnya PC pada umumnya, kedua jenis PC di atas menawarkan proses komputasi yang sama, berbasis sistem operasi yang sama. Hanya saja, ada beberapa komponen yang menggunakan komponen mobile (notebook) yang notabene lebih compact dan hemat daya. Konsekwensinya, panas yang dihasilkan lebih minim guna menyesuaikan chassis yang juga compact berikut cooling system yang mini.

Nah pada edisi Membangun Custom Desktop PC kali ini, tim pemmzchannel akan masukan mini-PC dan AIO yang bisa menjadi altenatif PC buat anda yang hanya memiliki ruang kerja terbatas.

MULTIMEDIA

Desktop PC Custom Multimedia April 2015

WORKSTATION

Desktop PC Custom Workstation 0415

GAMING

Desktop PC Custom Gaming April 2015

MINI-PC

ECS Liva X

ECS Liva X
ECS Liva X

Sebagai informasi, spesifikasi yang dibawa oleh generasi kedua mini-PC buatan ECS Elitegroup ini walaupun bukanlah yang terbaru, namun sudah sangat mampu menggantikan desktop PC kantoran yang seringkali hanya memenuhi kolong meja kerja anda.

ECS Liva X tersedia dalam dua rasa, RAM 2GB + 32GB storage & RAM 4GB + 64GB Storage. Tentu, anda masih bisa menambahkan storage karena ia dibekali m-SATA slot yang bisa menampung m-SATA SSD hingga 512MB (saat ini).

Karena bentuknya yang sangat kecil, keberadaannya dibalik lcd monitor tak akan mengurangi meja kerja anda. Sekedar saran, untuk lebih membuat meja kerja anda selalu clean, gunakan keyboard dan mouse wireless saja.

Terdapat dua SKU untuk ECS Liva-X, 2GB RAM + 32GB storage seharga Rp. 2.150.000 dan SKU 4GB dengan 64GB storage seharga Rp. 3.150.000.

 

Gigabyte BRIX

Gigabyte BrixMini-PC kedua yang kami rekomendasikan adalah Gigabyte Brix. Brix menawarkan spesifikasi yang lebih tinggi, tak hanya pada sisi RAM dan storage seperti halnya Liva X. Brix hadir untuk anda yang ingin melakuakan self customize.

Brix menawarkan beberapa opsi SKU yang berbeda CPU. Mulai dari core i3, i5 dan i7. Tetap mengandalkan Intel HD namun dengan opsi RAM yang bisa diupgrade hingga 2 x 8GB DDR3L. Urusan storage juga bisa anda custom, mulai dari m-SATA SSD atau HDD 2,5-inch. Untuk I/O, ia menawarkan konfigurasi yang hampir sama dengan ECS Liva-X.

Gigabyte Brix ditawarkan mulai dari Rp. 4,5 juta untuk versi core i3.

Zotac EN760

zbox-en760-1

Nah, buat kamu pecinta hardware mobile seperti pada notebook tapi lebih tertarik dengan bentuk mini-PC, Zotac kasi pilihan dengan produk mereka Zotac EN760 yang menawarkan upgradeable yang sama dengan Gigabyte Brix, namun dengan dedicated GPU Geforce GTX860M 2GB GDDR5.

Dibekali power adaptor lebih besar yakni 120 watt, kamu sudah bisa menjalankan hampir seluruh game 3D demanding saat ini. Seri ini tetap mendukung VESA yang bisa kamu gunakan untuk menempelkannya dibagian belakang LCD monitor kamu. Seri ini di banderol mulai dari Rp. 7,3 juta.

Ok, sekian dulu ya, semoga tambahan opsi Mini-PC pada rubrik Membangun Custom Desktop PC kali ini bisa lebih memberi alternatif ya. 😉

Nb : Estmasi harga di kalkulasi menggunakan rate US$1 = Rp 13,025 per 11 Mei 2015.

gigabyte p55k V5 promo

Leave a Reply