Applebot - Apple Search Engine

Apple dan Google sepertinya sering bersaing hampir di semua area, seperti smartphone, map, OS dan web browser. Walau belum ada tindakan blak-blakan Apple untuk menantang search engine Google, bukan berarti belum ada rencana memperluas sayap ke area tersebut. Baru-baru ini Apple akhirnya mengkonfirmasi sebuah web crawler bernama Applebot. Detil-detil terkait Apple juga telah tertera pada halaman support website Apple.

Sebagai informasi, web crawler adalah sebuat internet bot yang menelusuri World Wide Web dan  berfungsi untuk melakukan indexing website. Menurut pernyataan resminya, Applebot akan bekerja pada Siri dan Spotlight Suggestions, tidak seperti rumor yang sebelumnya mengira Applebot hanya akan routing kata kunci pada search engine.

Tentu keputusan Apple untuk menggunakan web crawler sendiri menjadi petunjuk besar akan kemungkinan munculnya search engine Apple. Apalagi mengingat kerja sama terkait search engine google sebagai default option pada web browser Safari dikabarkan akan segera berakhir. Gelagat Apple semakin mencurigakan dengan adanya postingan lowongan pekerjaan dari Apple terkait “Apple Search”.

Khusus area mobile search, sepertinya saat ini bisa terbilang masih mengambang di udara dan menunggu pemain terbaik untuk menangkap kesempatan ini. Jika Apple cukup pintar dan bergerak cepat, memanfaatkan pasar iOS dan OS X dengan Siri, pihaknya berpontensi untuk “menang banyak”.
Kita tunggu saja waktu yang menjawab semuanya…

Sumber

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply