Perihal update komponen, sepertinya Xenom tak perlu diragukan lagi. Selalu cepat dalam hal merefresh jajaran produk mereka dengan GPU-GPU terbaru yang notabene paling dibutuhkan saat menjalankan aplikasi 3D rendering seperti gaming dan video editing.

Spesifikasi All New Xenom Pegasus

Display (LCD) : 15.6″ Full HD IPS LED-Backlit Display with Matte Finished Surface (1920 x 1080)
Processor : 4th Generation Intel® Core™ i5 4210M Processor ( 3MB L3 Cache, 2.60GHz)
System Memory (RAM) : 8GB DDR3 SDRAM at 1600MHz (up to 16GB Dual Channel DDR3 System Memory Support)
mSATA SSD (Primary drive) : 128GB mSATA SSD
Hard Drive  : 500GB 5400RPM SATA3
Optical Drive : 8X DVD±R/RW/4X +DL Super-Multi Drive & Software
Graphics Card :  Nvidia GeForce GTX 950M GPU 2GB GDDR3 with Optimus Technology
Operating System : DOS
Wireless : Intel® Dual Band Wireless-AC 7260 +Bluetooth M.2 2230
Thermal Compound : –
Ports : • 2 x USB 3.0 port + 1 x USB 2.0 ports
• 1 x eSATA / USB 3.0 Combo
• 1 x external VGA port + 1 x HDMI output port (with HDCP)
• 1 x Headphone jack / S/PDIF output jack Combo & 1 x Microphone jack
• 1 x RJ-45 LAN port
• 1 x DC-in jack
            • 6-in-1 Push-Push card reader
– MMC / RSMMC / SD / mini SD / SDHC / SDXC  
Keyboard
: Full sized isolated keyboard with Numeric Key Pad
Optimus mode Integrated Touchpad with Multi-gesture and Scrolling function
Audio : • High Definition Audio with Sound Blaster™ Cinema 2
Camera :
Built-in HD Video Camera
Battery
: Smart Li-ION Battery Pack 6 cell (48Wh)
Power Adapter : 120 Watt

Seperti yang disinggung di atas, perubahan pada sisi GPU adalah yang menjadi sales poin utama pada New Pegasus ini. Namun begitu, tidak adanya perubahan pada system CPU yang mana masih menggunakan system PGA, malah menurut kami menjadi kelebihan tersendiri.

Wireless N on All New Xenom Pegasus

Selain GPU, area Networking juga di upgrade menggunakan Wireless AC pada All New Xenom Pegasus ini. Seperti sudah banyak diungkap oleh review luar, Wireless intel 7260 AC ini memiliki performa lebih bagus dari Killer Bigfoot Wireless card yang ada di merk-merk besar. Namun mohon maaf, kami belum memiliki test bad untuk membuktikan hasil review tersebut.

Design

All New Xenom Pegasus dimension

Untuk poin ini, menurut penglihatan tim Pchannel, sepertinya tidak ada perubahan. Namun pihak Xenom mengkonfirmasi bahwa ada sedikit optimalisasi terutama di sisi bobot dimana untuk New Pegasus 2015 ini lebih ringan 8% karena lebih tipis sekitar 5%.

Untuk workstation, jumlah dan susunan port sama sekali tidak berbeda dengan pendahulunya. Tim Pemmzchannel sendiri sempat berasumsi, penipisan terjadi pada bagian panel LCD. Tapi belum bisa kami conform, nanti kalau sudah ada jawaban dari pihak Xenom Indoensia, kita akan update lagi mengenai poin ini. Sebagai informasi, untuk all new xenom pegasus hanya tersedia opsi Full-HD.

Untuk itu, kita tak akan bahas terlalu banyak tentang design, dan pembaca bisa melihat foto-foto pegasus series pada review sebelumnya di sini dan di sini. Perbedaannya,  All New Pegasus menggunakan warna hitam, tak lagi abu-abu gunmetal seperti dua versi sebelumnya. Begitupun untuk posisi port dan connectivity-nya, seperti terlihat pada galery gambar di atas.

Upgrade Option

All New Xenom Pegasus Upgrade Option
All New Xenom Pegasus Upgrade Option

Xenom Pegasus adalah satu-satunya seri di jajaran All New Xenom yang masih menawarkan upgrade CPU (1). Saat ini, SKU basic di tawarkan dengan CPU Intel core i5 4200M yang masih memungkinkan di upgrade hingga ke Intel core i7 4800 bahkan di atasnya. Juga tak menutup kemungkinan, akan hadir SKU dengan pilihan CPU lebih rendah seperti Intel Core i3.

Karena menggunakan design motherboard yang sama persis, termasuk penempatan slot dan socket, Selain CPU, anda bisa maksimalkan kapasitas RAM (2) hingga 16GB dengan 2 buah slot DIMMnya seperti halnya Pegasus versi pertama maupun kedua. Walau tetap bisa menggunakan DDR3 standar voltage, sebaiknya anda mencari DDR3L untuk kemudahan after sales service. Untuk storage, sebuah 2,5-inch SATA (3) dan sebuah m-SATA slot (4), siap menampung opsi dual storage.

Performance

Melalui pengujian benchmark standar pemmzchannel, didapatkan performa geforce GTX950M pada All New Xenom Pegasus mengalami peningkatan bervariatif. Peningkatan paling rendah ada pada pengujian 3D Mark Vantage (2008) yang berbasis dx10 dan 3D Mark 11 yang berbasis dx11, yakni tak sampai 5%. Karena ini merupakan driver pertama, tim PChannel yakin, performanya masih bisa meningkat lagi. Sebab pada pengujian 3D Mark 13, peningkatan performa dibanding Geforce GTX850 pada Pegasus 2014 edition mencapai 17%.

Pada pengujian in-game menggunakan Resident Evil 6 benchmark mode, Geforce GTX950M mendapatkan peningkatan sekitar 10% dibanding versi GTX850M. Sedangkan menggunakan Unigine Heaven 4.0, tercatat peningkatan sekitar 4% dibanding GTX850M.

Storage Performance
Benchmark ALl New Xenom Pegasus Storage
Benchmark ALl New Xenom Pegasus Storage

Teringat akan review All New Xenom Shiva sebelumnya, dimana tim PChannel dibuat cukup tercengang dengan kemampuan bootingnya yang mencapai 6 detik, kami pun mencoba juga menyelidiki kemampuan storage pada All New Xenom Pegasus ini. Untuk mSATA SSD yang digunakan oleh All Xenom Pegasus terdeteksi menggunakan ADATA SX300. Namun perlu diingat, bisa saja pada unit di pasaran berbeda sebab ketersedian part yang tentatif.

Menggunakan AS SSD, didapati performa (khususnya performa write) yang dihasilkan ialah mirip dengan performa Samsung 840 dengan pencapaian skor seperti terlihat di atas. Berdasarkan data di atas, mungkin belum sebaik SSD yang di pakai All New Xenom Shiva, ya bisa dimengerti, mungkin saja ini untuk strategi segmentasi produk pihak Xenom Indonesia.

Noise & Temperature Test

All New Heatsink Design

More advance heatspreader system
More advance heatspreader system

Pada foto di atas, ada dua hal yang patut di acungi jempol pada design heatsink baru All New Xenom Pegasus ini. Pertama, jumlah heatpipe ke arah CPU dibuat dua buah, plus tak bersinggungan dengan heatpipe GPU hingga membuat panas dari masing-masing komponen tak mempengaruhi komponen lainnya. Sedangkan untuk GPU ditambahan heatspreader di atas area VRAM, jadi masing-masing komponen (CPU & GPU) harusnya jadi lebih durable. Ide ini sangat sederhana, tapi memberi hasil yang sangat membantu menjadikan kinerja CPU & GPU mobile yang seringkali bermasalah dengan disipasi panas.

Di bawah ini tabel perbandingan suhu kerja All New Xenom Pegasus dengan seri terdahulu dan beberapa kompetitornya.

Temp Bench Tabel

Sejatinya, dimensi yang hanya menipis sedikit tidak akan mempengaruhi performa cooling system sedemikian rupa, ditambah lagi, design heatspreader pada All New Xenom Pegasus ini sudah dibuat lebih advance. Namun karena unit All New Xenom Pegasus yang pemmzchannel review tidak dalam kondisi optimal, infonya baru kembali dari media lain, sementara anda bisa meraba dahulu temperatur yang tercatat saat kami uji. Segera akan kami update menggunakan unit yang new from the box.

Battery

Penasaran terakhir ada pada kemampuan battery All New Xenom Pegasus ini. Dengan design dan kapasitas yang sama dengan 2 versi terdahulunya yakni sekitar 48Wh, seberapa besar pengaruh management Maxwell generasi kedua ini dalam hal efisiensi battery.

Sayangnya, kami belum memiliki kesempatan untuk menguji bagian battery All New Xenom Pegasus. Namun kami yakin, dari 121 menit yang di cetak oleh Xenom Pegasus ber-GPU GTX750M, battery pada seri ketiga ini bisa bertahan minimal 10~15% lebih lama.

Impresion

Mari lihat sejenak kebutuhan gaming anda mulai dari genre game, kualitas grafis minimal hingga resolusi minimal yang anda syaratkan. Lalu korelasikan dengan budget maksimal yang anda anggap masih layak anda keluarkan.

Jika anda penggemar GTA V yang sekarang sedang booming, coba lihat video berikut ini.

See! Nvidia Geforce GTX950M mampu menghadirkan GTA V dengan kualitas PC dengan sangat baik. Bagi anda yang sudah lebih dahulu merasakan GTA V di platform konsol, pasti akan berdecak kagum akan kemampuan GTX950M menampilkan scene yang sama pada resolusi tinggi dan detail maksimal.

Conclusion

Xenom coba memberi solusi geforce 900M seri terjangkau melalui All New Xenom Pegasus. Dengan sales poin pada Panel Full HD IPS Matte yang saat ini merupakan yang terbaik di range harga 13 juta-an, Wireless AC juga CPU option yang terbuka untuk upgrade, All New Xenom Pegasus adalah true customable gaming notebook yang bisa memenuhi berbagai kebutuhan baik gaming maupun profesional designer.

pemmz header

13 COMMENTS

  1. http://new.pemmz.com/notebook/by-use/gaming/all-new-xenom-pegasus-ps15-dl13.html?___SID=U

    mau tanya dong, sama yg ini beda tipe kan yah all new PEGASUS nya? krn intel nya yg i7-4910MQ, yg direview 4th Generation Intel® Core™ i5 4210M Processor ?

    Sama 1 lagi, all new xenom yg i7 4910MQ kalo dibandingkan dengan http://new.pemmz.com/notebook/by-use/gaming/msi-pe60-2qe-495d.html?___SID=U lebih bagus mana?

    saya lagi cari gaming laptop yang i7 dengan range 13-16jt, tapi pilihannya banyak jadi bingung.

    Thanks sebelumnya, mohon bantuannya ya.

    • Mohon maaf terlewat, karena masuk ke spam.
      i7 4910MQ ini sengaja di offer sama xenom karena performanya lebih baik dari Skylake sekalipun. Ini bisa jadi investasi kedepan.

      Budget yang bro sebutkan memang umumnya kombinasi i7 dan GTX950M. MSI menawarkan harga sangat kompetitif. Performa juga bagus plus backlit keyboard. Untuk pegasus, selain tawaran super i7-nya, ia menawarkan performa GTX950M sedikit lebih baik dibanding beberapa notebook lain.

      Jika lebih mencari performa, kita sarankan Pegasus, tapi jika lebih mencari fitur, MSI jauh lebih baik.

  2. mau nanya dong saya kan punya xenom tipe ini kenapa ya ssd nya panas
    bahkan terkadang bisa sampai 80 derajat
    panas bisa samppai ke bagian sekitar mousepad
    ada solusikah?

Leave a Reply