Bagi yang sudah mendengar tentang hadirnya jajaran baru produk notebook gaming Xenom, apalagi sudah melihat hands-On preview di channel youtube official kita, pasti ada yang sudah menunggu-nunggu review dari produk-produk notebook gaming custom pertama di Indonesia tersebut. Nah, dalam kesempatan ini, yang pertama datang ke tim redaksi pemmzchannel adalah All New Xenom Shiva SV15. Nah, langsung saja kita “siksa” yuk seri menengah dari brand Xenom ini.

DESIGN All New Xenom Shiva SV15

All New Xenom Shiva SV15 merupakan salah satu seri notebook dari Xenom yang mengalami perombakan besar-besaran. Mulai dari atas hingga bawah, dari luar hingga dalam. Pihak Xenom Indonesia sendiri mengklaim, All New Xenom Shiva SV15 mengalami penurunan bobot dari 2.85Kg menjadi kurang dari 2.5Kg. Hal ini disebabkan oleh dimensinya yang juga menyusut lebih tipis 33% menjadi 385(W) X 268(D) X 28.5(H) dari sebelumnya 374 x 250 x 43mm.

More dynamic shape on All New Xenom Shiva SV15
More dynamic shape on All New Xenom Shiva SV15

Design casing keseluruhan yang berubah, menjadi salah satu alasan mengapa seri ini membawa nama All New Xenom Shiva. Yang paling terlihat “gahar”, tentu saja warnanya yang kini berubah hitam dove plus exhaust yang kini berjumlah sepasang serta di pindah ke belakang, mirip notebook gaming yang menggunakan GPU high-end. Yang tak kalah menarik, All New Xenom Shiva SV15 menggunakan design lebih dinamis tak lagi “kaku” dengan sudut-sudut membentuk hexagonal.

All New Xenom Shiva SV15 Bottom case
All New Xenom Shiva SV15 Bottom case

Bagian bottom case kali ini di buat one door access. Kecuali untuk mengakses battery, pengguna harus membuka seluruh baut yang bertebaran di bawahnya. Untuk lubang masuk udara segar, All New Xenom Shiva dibekali cukup banyak mesh hole. Disainnya juga lebih dinamis tak lagi sekedar lurus membentuk persegi panjang.

Specification

Sudah bisa ditebak sebenarnya, next gen shiva akan membekal Geforce GTX960M yang merupakan penerus GTX860M. Hanya saja, yang di luar perkiraan adalah penggunaan CPU seri “HQ”, walaupun sudah dari seri core i7. Hal ini tentu berpengaruh ada jenis DDR3 yang dibutuhkan. Seperti diketahui, umumnya, CPU seri HQ membutuhkan keping memori berjenis “L”. Dan hal ini terbukti saat tim PChannel menengok ke bagian dalam All New Xenom Shiva SV15, di temukan dua keping memori 4GB pc 1600MHz berjenis DDR3L. Namun usah khawatir, karena saat ini, hampir semua brand yang berdagang So-Dimm, menyediakan jenis memori ini.

Display

All New Xenom Shiva dibekali lcd panel matte beresolusi full HD 1920 x 1080 yang sudah mengadopsi teknologi IPS. Sedikit gambaran, panel yang digunakan kali ini memiliki color deep yang lebih baik dari pendahulunya. Bahkan jika dibanding panel yang digunakan pada notebook Gigabyte P35. Jika saja punya contrast yang sedikit lebih tajam, kualitas lcd All New Xenom Shiva ini bisa disetarakan dengan sang pemegang rekor, Xenom Siren SR13.

 

 

Workstation

All New Xenom Shiva SV15 workstation
All New Xenom Shiva SV15 workstation

Perubahan pada area ini jadi sesuatu yang sangat menarik bagi kami, khususnya sudut-sudut yang sekarang dibentuk meruncing, bahkan bagian runcingnya lebih banyak dari design Xenom Siren SR13. Area atas keyboard saat ini hanya menampilkan sebuah tombol yakni tombol power yang diapit dua speaker area. Untuk area keyboard juga sudah lebih modern dengan membuat posisinya lebih rendah dari hand rest. Ini membuat anda yang sering berlama-lama mengetik jadi lebih nyaman.

New Keyboard with Customable Macro Feature

All New Xenom Shiva SV15 Keyboard with macro
All New Xenom Shiva SV15 Keyboard with macro

Untuk keyboard, sepintas designnya seperti tak berubah. Masih menggunakan model chiklet ukuran full size yang kompatible dengan semua ukuran jari. Paling terlihat adalah penambahan directional sign berwarna merah diatas tombol WASD. Sedang untuk perubahan yang tak terlihat adalah ditambahkannya fitur customable macro key yang akan sangat membantu bagi para profesional.

Storage

Untuk SKU yang kami review, All New Xenom Shiva SV15 menggunakan dual storage yakni m-SATA SSD128GB dan HDD 1TB 5400rpm. Penggunaan SSD ini yang membuat booting time All New Xenom Shiva SV15 jadi luar biasa cepat. Dalam hitungan tak sampai 6 detik, system sudah siap melayani pemakainya. Sebagai informasi, dalam system sudah terinstal 8 buah 3D game dan beberapa aplikasi benchmark.

m2.SATA on All New Xenom Shiva SV15 (property of notebookcheck)
m2.SATA on All New Xenom Shiva SV15 (property of notebookcheck)

Foto diatas adalah notebook yang menggunakan barebone yang sama dengan All New Xenom Shiva SV15. Menawarkan dual M2.SATA slot (1x M2.SATA + 1x M2.SATA NGFF) agak berbeda dengan All New Xenom shiva yang hanya menawarkan 1x m2.SATA (2ndary m2.SATA disable). Hal ini agak disayangkan, karena 2ndary m2Sata tersebut bisa dimanfaatkan untuk 4G Modem atau m2.SSD kedua.

Port & Connectivity

All New Xenom Shiva SV15 juga merubah susunan port dan konektifitasnya. Untuk ukuran notebook menengah, apa yang ia tawarkan tergolong super, bahkan terdapat accessible sim card slot yang sudah di siapkan jika suatu saat banyak permintaan unit new shiva di bundling dengan 4G modem. Kayaknya menarik tuh, gimana nih Xenom Indonesia?

Battery

Test battery All New Xenom Shiva
Test battery All New Xenom Shiva

Poin ini juga sayangnya harus di pangkas mengingat ukuran yang menipis. Namun tenang, battery system masih detachable seperti versi lama. Pada Shiva edisi sebelumnya, kapasitas battery mencapai 77Wh, sedang pada All New Xenom Shiva SV15 hanya 62Wh. Dengan kapasitas sebesar ini, battery pada unit Xenom tetap bekerja sangat efisien. Pengujian yang kami lakukan mendapatkan hasil 116 menit via BatteryEatPro 2.6 mode classic. Luar biasa sekali memang manajemen battery Xenom plus efisiensi daya New Maxwell yang superior.

Upgrade Option
Upgrade Option for All New Xenom Shiva SV15 (property of notebookcheck)
Upgrade Option for All New Xenom Shiva SV15 (property of notebookcheck)

All New Xenom Shiva harus mengakui keperkasaan saudara tuanya dalam hal upgrade. Poin CPU dan RAM terutama. Pada All New Xenom Shiva SV15, CPU sudah menggunakan seri “H” yang artinya non-upgradeable. Lalu untuk bagian RAM, All New Xenom Shiva SV15 hanya punya 2 slot RAM, yang artinya tak segahar old shiva yang bisa diupgrade hingga kapasitas 24GB. Untuk poin storage bisa mengacu ke sub storage di atas. Namun bagi anda yang tak menjadikan hal ini masalah utama, maka All New Xenom Shiva merupakan yang paling worthed di pasaran gaming notebook Indonesia saat ini.

Performance

This slideshow requires JavaScript.

All New Xenom Shiva dibekali Geforce seri terbaru GTX960M 2GB GDDR5 yang masih menggunakan silicon yang sama dengan GTX 860M, yakni GM107 plus dukungan terhadap DX12. Pun begitu, seri GPU ini di klaim 10 s/d 15% lebih kencang dari pendahulunya, Geforce GTX860M sebab beberapa peningkatan seperti clockspeed, pixel fill rate, texture fill rate dan jumlah TMU.

Temperature

Temperature Test All New Xenom ShivaSejak awal shiva membawa icon seorang dewi yang selalu memberi kesejukan. Hal ini nampaknya tetap dipertahankan oleh pihak Xenom, sekalipun dimensi yang berkurang jauh lebih tipis. Lewat pengujian standar, yakni menjalankan in-game benchmark Resident 6, suhu tertinggi yang terlihat untuk CPU adalah 81°C sedangkan untuk GPU adalah 83°C.

Hal ini cukup mengejutkan walau penyebabnya sudah jelas yakni penggunaan dual fan. Sementara jika kita bandingkan dengan seri sebelumnya yang hanya menggunakan single fan, dengan pengujian yang sama bisa mencapai suhu tertinggi CPU 98°C dan GPU 88°C, padahal memiliki barebone lebih tebal hampir 15mm. So, sang Dewi Es tetap dingin walau jauh lebih tipis dari sebelumnya

Conclusion

All New Xenom Shiva SV15 - Pilihan GTX960M gaming notebook paling hot
All New Xenom Shiva SV15 – Pilihan GTX960M gaming notebook paling hot

Dengan design yang benar-benar baru, All New Xenom Shiva SV15 maju dengan lebih pede ke pasar gaming menengah yang “cukup sesak” saat ini dengan brand-brand yang lebih dulu beken seperti ASUS, MSI, Gigabyte, Acer juga HP. Menawarkan kelebihan pada poin customize, tentu saja All New Xenom Shiva menang satu langkah. Di tambah lagi, dukungan after sales yang memang di gawangi oleh pemain produk gaming nomor wahid di Indonesia, Pemmz Technical Division.

 

promo Aorus X7 DT GTX 10

13 COMMENTS

  1. Wahhh cantik nian ini barang..Performa wifi AC nya gemana om? dengar2 lebih kencang dari killer2an..

  2. tolong review, pakek video dong, sama review tentang feature” atau aplikasi bawaan apa aja, dan kualitas ketahanan body, buat pertimbangan, cari” belom ada yang review baru pemmz doang nih, top dah pemmz. tolong ya plis buat pertimbangan buronan nih. hehe

    • Defaultnya, sudah ada kombinasi msata SSD 128GB + HDD 1TB.
      Anda bisa tambah lagi 1 buah mSATA lg, tapi yg berinterface m2.

      Jd total ada 2 slot mSata. 1xmSata(terpasang 128gb) + 1 x m2Sata

  3. Itu suhu CPUnya bisa brp ya mas, kalo ditest pake synthetic benchmark? Saya penasaran sama performa pendinginnya. Terima Kasih~

Leave a Reply