Update yang hadir pada Operating system Google Android 5.1 Lollipop, nampaknya memberikan banyak revisi positif, selain peningkatan performa. Dan berikut beberapa fitur yang menjadi Kelebihan Android 5.1 di banding android 5.0 juga versi-versi terdahulunya :

1. Quick settings

Hal utama yang ditawarkan update system 5.1 adalah solusi seputar menu Quick Setting. Bagi anda yang sudah menggunakan Lollipop, pasti tahu. Dengan menslide down notification bar dua kali (atau sekali menggunakan dua jari), akan memunculkan menu quick setting di mana di dalamnya bisa kamu temukan beberapa togle seting untuk screen brightness, WiFi, Bluetooth, lampu senter, airplane mode, auto rotate setting, location, screen casting dan lain-lain. Pada Android 5.0, Toggle yang sudah diaktifkan akan otomatis masuk dalam menu quick setting. Pada Android 5.1, ditambahkan opsi untuk menyembunyikan icon-icon tersebut dengan menekan lama icon yang diinginkan.

2. Addition of Device Protection

Kelebihan yang paling diperdebatkan yakni integrasi secara default fitur device protection di Nexus 6, Nexus 9, dan device Android 5.1 lainnya. Sekali anda melakukan konfigurasi lock screen, baik pin atau pattern, secara otomatis akan ikut mengaktifkan serangkaian perlindungan keamanan hingga membuat orang lain yang tidak ada kehendaki kesulitan mengaksesnya. Hal ini membantu saat anda kehilangan, device anda tersebut akan tetap terkunci dan hanya bisa dibuka dengan akun google anda, dan akan tetap meminta sekalipun sudah di factory reset. Hebat bukan?

3. Calling with HD audio

Google sebelumnya pernah menjanjikan akan menghadirkan kualitas high-definition audio saat melakukan percakapan suara pada device yang kompatibel. Dan pada versi 5.1 ini, fitur ini sudah bisa dinikmati pada beberapa device yang di sebut pada posting blog google. antara lain Nexus 6. Tentunya selain dukungan device juga harus di dukung koneksi jaringan yang juga mumpuni ya pemmzholics.

4. Run two SIMs at the same time

Sepintas, fitur ini kelihatan tak istimewa, karena pada gadget android di Indonesia khususnya, fitur ini sudah menjamur lama. Namun secara official, aplikasi dialer yang mendukung dua nomor operator secara simultan baru menjadi kelebihan Android 5.1 Lollipop. Google mulai mempertimbangkan fitur ini saat desakan para traveller yang semakin tinggi.

5. Easier connectivity

Pada Android 5.0 dan sebelumnya, tapping icon pada menu quick setting (Bluetooth, Wifi dsb.) akan langsung membuat-nya mati atau menyala. Nah pada Android 5.1 hal ini dibuat lebih advance, saat kita mengetuk sebuah seting, akan muncul sebuah dropdown menu yang memungkinkan pengguna memilih hotspot atau device bluetooth lain pada seting.

6. Temporarily dismiss notifications

Notifikasi pada Android umumnya baru bisa kita “abaikan” dengan menurunkan notification bar. Pada Lollipop 5.0, anda baru bisa “membuang”nya dengan men”swipe”, membuka notifi tersebut dengan mentapnya, atau menunggu hingga hilang dengan sendirinya. Nah, pada Lollipop 5.1, anda bisa men-swipe up nya untuk mengabaikan semua notif secara cepat. Namun kali ini, notif-notif tersebut akan tetap ada pada notifications bar anda dan siap di tinjau kapanpun anda punya waktu.

7. Change the system volume level while playing music

Fitur ini merupakan salah satu perubahan dasar pada sistem terbaru Android ini. Pada Android 5.0 dan versi sebelumnya, saat menyetel musik, menekan tombol volume hanya akan merubah volume suara musik. Sekarang, kita juga bisa mentap icon lonceng ke kanan untuk merubah volume suara system, mengakses beberapa prioritas pengaturan suara dan mode interupsi tanpa menghentikan sementara musik yang sedang berjalan. Termasuk menubah volume alarm dalam aplikasi jam.

8. Ignore broken Wi-Fi networks

Ada kalanya, kita benar-benar membutuhkan jaringan Wi-Fi, sayangnya, jaringan yang tersedia sangat lemah bahkan cenderung “rusak”. Kelebihan Android 5.1 Lollipop antara lain akan mengingat jaringan Wi-Fi yang terdeteksi buruk tersebut dan mengabaikannya saat anda menscan ulang jaringan. Nah, di saat yang bersamaan, anda bisa “mempelajari” jaringan lain.

Masih ada beberapa fitur tersembunyi lain yang menjadi Kelebihan Android 5.1, seperti beberapa animasi ekstra termasuk peningkatan performa tentunya. Hal ini memberi indikasi pada kita, betapa device android terus berevolusi.

Lebih Lanjut

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply