Pada hari rabu lalu Zotac International memperkenalkan Steam Machine milik mereka yaitu SN 970. PC ini diperkirakan akan dirilis pada bulan november nanti, dimana pada bulan yang sama Valve juga menargetkan rilis akhir dari Steam OS dan Steam Controller.

Zotac sering kita kenal dengan miniPC miliknya yang bernama ZBOX yang memang dikhususkan untuk penggunaan di ruang tamu dan berdimensi sangat kecil sehingga tidak mengganggu perabotan dan pemandangan ruang tamu Anda. Namun apakah hal yang sama juga ada di SN970?

Pada SN970, Zotac meletakkan logo Steam pada bagian atas HTPC ini, dan disebut-sebut SN970 ini akan menggunakan prosesor intel generasi ke-enam yaitu Skylake (core i5 dengan empat buah core) dan Nvidia GeForce GTX970M yang memungkinkan Anda untuk mengkoneksikan hingga empat layar sekaligus.

Walaupun intel Skylake belum dirilis secara resmi, namun pihak Zotac optimis bahwa prosesor ini akan membutuhkan daya sekitar 35-45 W, sementara GTX 970M akan membutuhkan daya sekitar 50 W jadi kurang lebih total Watt yang dibutuhkan Steam Machine ini adalah sekitar 100 Watt. Unit ini juga akan dilengkapi dengan pendingin aktif seperti dua buah fan namun dengan kecepatan rendah sehingga tetap sunyi.

Selain spesifikasi yang ada tadi, Steam Machine dari Zotac ini akan mempunyai sebuah SSD M.2 berkapasitas 64GB dan tambahan hardisk 2,5-inci dengan kapasitas 1TB. Soal konektivitas SN970 akan dilengkapi dengan Wireless AC dengan dual band 2,4 GHz dan 5 GH, dua buah USB 2.0 dan 4 buah USB 3.0, 4 buah HDMI Port dan sebuah Steam Controller.

Zotac juga mengungkap bahwa Steam Machine ini akan datang dengan sebuah Steam OS yang sudah terinstal.

Namun untuk soal harga pihak Zotac masih belum mau mengungkapnya, maklum model ini masih merupakan prototype dan prosesor berbasis intel Skylake pun belum resmi diluncurkan, bisa jadi Steam Machine ini berada dikisaran 13 juta rupiah jika kita melihat spesifikasi yang digunakannya. Namun masih banyak waktu sampai bulan November nanti untuk membayangkan akan seperti apa Steam Machine dari Zotac ini.

Jadi apakah para pemmzholics berminat dengan Steam Machine dari Zotac ini, kita tunggu komentarnya ya…

Sumber

Leave a Reply