CEO dari Nvidia Jen-Hsun Huang akhirnya mengeluarkan pernyataan terkait masalah memori pada GTX 970 yang menjadi topik utama di berbagai media sosial dan forum belakang ini dan bahkan masalah ini sempat dibawa kemeja hijau oleh konsumen Nvidia yang merasa dirugikan.

Bagi yang ketinggalan berita, sebelumnya Nvidia tengah dirunding cemooh publik terkait masalah memori pada GTX 970 dimana GPU tersebut akan berjalan lambat ketika Anda menggunakan VRAM lebih dari 3,5GB.

Pada pernyataannya, Huang menjelaskan pembagian alokasi memori ini memang disengaja agar GPU tersebut mampu berjalan menggunakan memory lebih dari 3GB.

“GTX 970 adalah kartu grafis dengan memori 4GB, namun 512MB pada memori 1GB miliknya dipecah menjadi dua dan hal ini mengurangi bandwidth. Ini adalah desain yang baik, karena kami mampu menambahkan 1GB ke GTX 970 dan para software engineer kami dapat menyimpan data yang jarang digunakan pada bagian 512MB dari kartu tersebut.” Jelas Huang.

img_0148

Namun tampaknya terjadi miskomunikasi antar divisi RND dan Marketing di Nvidia sehingga menyebabkan kebingungan bahkan kemarahan bagi para pengguna kartu tersebut. Klaim dari Nvidia adalah mereka ingin memasarkan produk ini dengan cara mengedepankan bahwa kartu ini mampu berjalan dengan VRAM lebih dari 3GB, namun mereka malah memasarkan kemampuan 4GB dari kartu ini.

“Kami tidak akan membiarkan hal ini kembali terjadi, dan kami akan memberikan yang terbaik kedepannya.” Jelas Huang.

Sumber

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply