Bulan Januari lalu Lenovo mengakui bahwa sebuah software sejenis adware yang dinamakan Superfish sudah terinstal pada notebook-notebook mereka dan mereka menyatakan bahwa software ini ditujukan untuk membantu para pengguna mencari produk yang mungkin disenangi oleh mereka ketika berbelanja.

Kenyataannya Superfish adalah sebuah software yang berpotensi membuat notebook Anda menjadi lebih mudah diserang segala macam program jahat seperti malmware sampai virus. Bahkan dikatakan walaupun si pengguna menggunakan koneksi SSL (https://) mereka juga dapat terserang melalui program Superfish ini.

Para ahli keamanan sistem telah dengan mudah mengidentifikasi cara-cara hacker mengambil keuntungan melalui program ini. Bug pada Superfish pada dasarnya mampu mem-bypas semua protocol keamanan dengan cara me-routing semua enkripsi yang ada. Hal ini berarti Anda tidak akan aman jika sedang melakukan browsing pada notebook Lenovo.

Jika Anda menggunakan Laptop Lenovo sebaiknya Anda secepat mungkin memeriksa apakah notebook Anda menggunakan Superfish atau tidak. Ada sebuah cara mudah untuk memeriksanya, sebuah peneliti keamanan Filippo Valsorda telah menciptakan sebuah program untuk mendiagnosa jika Anda mudah terserang.

Filippo juga memberikan link petunjuk cara mengatasainya di sini, hanya membutuhkan waktu 5 menit-an untuk menyelesaikannya.

 

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply