Pada update terakhirnya, Nvidia melakukan sebuah hal yang sangat disayangkan para overclocker yaitu dengan meniadakan kemampuan overclock pada seri Nvidia GeForce GTX 900M dan mereka sepertinya tidak akan kembali lagi. Pada driver (347.29) kemampuan overclock dihilangkan baik melalui Nvidia Control Panel maupun menggunakan program dari pihak ketiga.

Menurut Nvidia terdapat sebuah bug pada sistem yang membuat GPU di-overclock, dan bug ini telah diperbaiki pada update driver terbaru sekaligus menonaktifkan kemampuan overclock GPU. Pernyataan dari Nvidia adalah mereka tidak bermaksud untuk menghilangkan fitur dari notebook dengan GPU GeForce, namun lebih untuk mengutamakan keselamatan sistem sehingga tidak bekerja lebih dari limit yang ditentukan.

Tentunya dengan adanya update ini tidak semua pengguna Nvidia merasa senang, malah cenderung mereka jengkel karena Nvidia meniadakan “bug” ini, apalagi para pengguna GeForce kelas high-end seperti GTX 980M dan GTX 970M. Mereka akan lebih mengerti jika Nvidia memberikan penjelasan bahwa Overclocking dapat merusak sistem dan berada diluar tanggung jawab Nvidia, daripada malah memangkas sebuah fitur yang telah lama ada dari seri-seri sebelumnya.

Namun memang pada kenyataannya Nvidia tidak pernah menyatakan bahwa seri 900M adalah GPU yang bersahabat untuk di overclock, dan benar saja pastinya kita tidak terlalu mengharapkan hasil overclock dari sebuah sistem yang dirancang untuk mobile, namun bagi mereka yang sangat antusias melakukan overclock dan “menanam” notebook mereka pada fan tentunya hal ini akan membuat mereka jengkel.

 

Leave a Reply