Kali ini ASUS ROG GL551J berkesempatan mampir ke Lab Review tim Pemmzchan-nel. Notebook kelas Mainstream ini ada-lah seri perbaharuan ROG yang lama. Seperti apa performa dan desain baru yang ditawarkannya, mari kita simak reviewnya.

Desain

ASUS tampaknya sedang men-coba menggunakan desain baru untuk Notebook-notebook seri ROG miliknya, tujuan dari desain baru ini sepertin-ya untuk membuat notebook menjadi lebih compact tapi tetap ergonomis, hal ini terlihat pada buangan desain lamanya dengan dua knalpot besar di bagian belakang notebook.

ASUS GJ551JK Back Side

ASUS ROG GL551J ini juga berhasil mempertahankan kesan premium pada dirinya melalui material yang digunakan yaitu menggunakan bahan brushed-metal dengan list berwarna merah metalik pada sisi-sisi notebook ini. Tidak lupa ASUS juga membenamkan backlit berwarna merah pada keyboard notebook ini yang menurut kami sangat nyaman karena jarak antar tombolnya yang lebar dan desainnya yang sederhana.

Pada Tombol A,W,S,D terdapat tambahan warna merah pada sisi tombolnya yang menandakan bahwa notebook ini memang didesain untuk gaming.Touch-pad pada notebook ini menganut gaya one-touch pad sehingga Anda tidak akan menemukan tombol kiri dan kanan yang terpisah, hal ini sedikit menyebabkan touch-pad sedikit goyang dan berkesan kurang kokoh.

 

Spesifikasi

Layar berukuran 15,6-inci  miliknya menurut kami sudah cukup baik karena sudah menggunakan backlit LED, namun sayang belum berteknologi IPS sehingga sudut pandang yang disajikannya masih sempit.
Dengan dukungan intel i7 4710HQ pastinya Anda akan mendapatkan performa tinggi dan tidak perlu khawatir akan adanya bottleneck pada prosesor.  Memori default-nya pun sudah bisa
dibilang besar karena ASUS memberikan 16GB DDR3L dual channel pada notebook ini.

Display : 15.6″ Full HD (1920 X 1080) LED EWV LED Backlight Asus Splendid Video Intelligent Technology anti-glare
Processor : Intel Core i7-4710HQ Processor
Memory : 16GB DDR3L 1600MHz SDRAM,
Hard Drive : 1TB Serial ATA 7200 RPM
Graphics : NVIDIA GeForce GTX 860M 2GB DDR5 VRAM
Optical Drive : DVD/RW SuperMulti
Operating System : Windows 8.1
Networking : Integrated 802.11 b/g/n, Built-in Bluetooth  V4.0+HS, 10/100/1000 BASE T/ Bluetooth Support (On WLAN+BT4.0 Combo card)
Audio : Built-in 2 Speakers And Microphone
Bang & Olufsen ICEpower®
SonicMaster Premium
Asus N series external sub-woofer support
MaxxAudio support
Battery : 6Cells
Camera : HD Web Camera
System Dimensions : 15.0″ x 10.0″ x 0.6″ (WxDxH)
Slots/Interface :
1 x Headphone/Microphone Combo Jack
1 x Mini DisplayPort
3 x USB 3.0 port(s)
1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert
1 x HDMI

Performa

Pada pengujian Benchmark Sintetis yang kami lakukan, ASUS GL551J sedikit berada di bawah Lenovo Y50, namun untuk performa real-life gaming yaitu pada Resident Evil 5 dan Unigine Heaven 4.0, ASUS ROG GL551J mengalami peningkatan dan sedikit lebih tinggi dari performa dari Lenovo Y50

Touch dengan GPU yang sama. Kami berasumsi hal ini adalah imbas dari update driver dari Nvidia yang lebih baru pada Lenovo Y50 pada saat pengujian.
Yang kami salutkan dari ASUS ROG GL551J ini adalah ketahanan baterainya yang sudah jauh lebih baik dari seri sebelumnya, mungkin hal ini dikare-nakan perpaduan adopsi teknologi Nvidia Optimus dan arsitektur Maxwell yang tertanam pada ASUS ROG GL551J. Pada saat pengujian dengan BatteryEatPro kami berhasil mendapatkan 80 menit.

Support

Kali ini kami memasukan kate-gori support karena kami tidak menemukan halaman download driver di website resmi ASUS pada ASUS ROG GL551 ini. Tentunya hal ini sedikit aneh untuk sebuah brand ASUS yang terkenal memberikan kemuda-han dari sisi aſter-sales. Semoga saja hal ini (tidak ada kategori driver) masih dalam pengembangan dan kedepannya donwload driver akan ditambahkan pada website resmi ASUS.

Conclusion

Untuk notebook seharga 20 juta rupiah, ASUS GL551J tampaknya sedikit kalah bersaing dengan Lenovo Y50, namun tentunya pemmzholics sudah tahu kelemahan dari Y50 yang terletak pada kualitas layarnya yang sangat buruk dan masih menggunakan teknologi TN. Mungkin karena dari itu ASUS berani membandrol notebook ini dengan kisaran harga tersebut, belum lagi ditambah embel-embel ROG miliknya.

promo Aorus X7 DT GTX 10

5 COMMENTS

  1. Mau tanya. Lebih baik pilih asus rog g551j atau xenom shiva sv15-x2-cto atau msi ge60-2pe apache pro. Mohon bantuannya

  2. I am use to the dell Alienware and I am not happy with this one. I like the lights on the dell one if I have to stay up late playing a game or doing work while the hubby is in bed i can not see the buttons because they do not glow. I do like how thin this one is compared to the dell and it is not has heavy as the dell. I have had it for about an hour and I am already missing my dell.

Leave a Reply