ASUS ROG G550JK Workstation

Mendengar nama ASUS ROG, bisa dipastikan yang akan timbul dalam benak kita adalah sebuah gaming machine dari kelas atas yang dibanderol dengan harga fantastis. Beberapa tahun, produk-produk ASUS ROG sempat mendominasi pasar notebook Gaming Indonesia. Alienware sendiri yang menjadi pioner secara global , tak mampu membendung dominasi ASUS ROG di pasar Lokal. Wajar saja, pemain Alienware seperti Pemmz tak banyak.

New Barebone from The N

Seperti yang Pemmzchannel infokan saat mengunjungi Computex tahun lalu khususnya saat mengunjungi booth ASUS. Seri ASUS ROG G55X dan G77X merupakan sebuah seri baru untuk para penggemar Multimedia yang membutuhkan performa GPU yang sedikit lebih tinggi. Asus menyadari, barebone N series cukup mumpuni disematkan sebuah Haswell menengah yang kita tahu lebih efisien penggunaan dayanya serta lebih bersahabat temperature kerjanya. Untuk itulah G551 dan G771 hadir memanfaatkan barebone N series.

ASUS ROG G550JK Design: N Series with new color
ASUS ROG G550JK Design: N Series with new color

Jika N Series identik dengan Silver dan abu-abu gelap, New ROG ini mempertahankan warna khas-nya, Hitam. Walau menggunakan barebone bahkan konsep layout yang sama, banyak hal yang dibedakan selain warna terutama area workstation-nya. Misalkan tekstur pada casing dan warna keyboard. Lalu beberapa fitur berbentuk software juga sedikit berbeda antara N series dengan ROG.

Sales Package

ASUS ROG G550JK ini memiliki paket penjualan yang serupa dengan ASUS N series, termasuk Sub-Woofer khas N series.Bedanya, seri ROG di bekali bagpack khas ASUS ROG. Pada beberapa SKU, ASUS ROG 550JK dibundling dengan mouse gaming atau headset gaming ROG seri tertentu. Perlengkapan seperti kain microfiber dan strap khas ASUS juga bisa anda temukan dalam paket penjualan. Selain buku manual dan kartu garansi tentunya.

Untuk mensuplai daya pada core i7 4710HQ juga Nvidia Geforce GTX850M 4GB, di sertakan sebuah adaptor berkekuatan 120 Watt. Battery yang dibawa G550JK sendiri mampu menyemburkan daya maksimal WaH. Cukup untuk membuat sebuah GTX850M memberikan FPS rata-rata 30.

Specification

Spec
ASUS ROG G550JK by pemmz.com

Untuk spesifikasi, ASUS ROG G550JK juga memiliki kesamaan dengan ASUS N56JK

Display

Panel LCD yang digunakan pada G550JK ini berjenis matte, jika dibanding dengan seri G750 series yang sama-sama matte, secara view angle terlihat lebih baik karena G550JK sudah membekal panel IPS. Saturasi warna juga jauh lebih baik dibanding G750 series yang masih menggunakan TN. ASUS sepertinya sudah memperbaiki produk ROG mereka di sisi layar.

Workstation

G550JK workstation

Sebuah fullsized keyboard yang memiliki design jauh berbeda dengan seri ROG terdahulu dijamin akan langsung anda sukai. Dengan model chicklet berukuran cukup besar plus warna merah terang pada info huruf dan angkanya juga tambahan backlit warna putih yang bisa anda atur terangnya, memberi jaminan jari anda tak akan tersesat hingga salah menekan tuts.

Material keyboard juga solid, anda tak akan menemukan “membal” saat mengetik, sekalipun anda sedang gemas-gemasnya (baca kasar) menekan tuts keyboard.

Port & Connectivity

ASUS ROG G550JK Port n Connectivity
ASUS ROG G550JK Port n Connectivity

ASUS ROG G550JK menawarkan konektifitas yang cukup lengkap untuk “ngobrol” dengan device dan interface luar lain. Sayangnya, bagi anda yang masih mengandalkan Analog VGA (D-Sub) terpaksa harus gigit jari. Sebagai gantinya, anda mendapatkan port Mini Display Port yang lebih modern. Untuk audio port, G550JK menggunakan port combo yang mewajibkan anda menggunakan headphone dengan jack combo atau bisa juga menggunakan adapter. Tak ketinggalan port Sub-Woofer di ujung sebelah kiri berwarna kuning. Untuk port USB, ketiga port pada G550JK sudah berjenis USB 3.0, satu di sebelah kanan, dan dua lainnya di sebelah kiri.

Sound & Audio

4 buah speaker yang di buat sejajar (image is property of myfixguide.com)
4 buah speaker yang di buat sejajar (image is property of myfixguide.com)

Layaknya N series, ASUS G550JK juga membawa fitur SonicMaster Premium yang terintegrasi dalam ROG AudioWizard. Keduanya menggerakkan 4 buah speaker yang di posisikan tepat menghadap pengguna hingga dipastikan memberikan range suara maksimal. Suara yang keluar sendiri cukup warm, cenderung tebal oleh range bass yang cukup kentara. Cukup sedikit melakukan polesan setting audio, sensasi mode apapun bisa didukung oleh tata suara pada ASUS ROG G550JK ini.

Upgrade Option

ASUS ROG G550JK disassembly (image is property of myfixguide.com)
ASUS ROG G550JK disassembly (image is property of myfixguide.com)

Sejak akhir 2013, seri N ASUS sudah beralih menggunakan CPU berjenis BGA (HQ series) yang tak memungkinkan untuk di upgrade. Begitupun ASUS ROG G550JK ini, pengguna harus puas hingga akhir dengan core i7 4710HQ dan juga GPU Geforce GTX850M yang sudah tertanam sejak lahir. Untuk bagian storage, anda juga harus puas dengan 1 buah 2,5″ SATA port yang mau tidak mau harus memensiunkan HDD untuk menggunaan SSD.

Dua poin yang bisa diupgrade adalah bagian RAM dan wifi card. Untuk RAM, anda masih bisa upgrade hingga 16GB sedangkan wireless card, anda masih bisa pakai Bigfoot Killer WiFi jika kurang puas dengan chip wireless Intel bawaannya.

Performance

This slideshow requires JavaScript.

Nvidia Geforce GTX850M pada ASUS ROG G550JK merupakan sebuah GPU menengah berbasis Maxwell yang terbilang cukup bisa diandalkan bertahan pada resolusi HD+ untuk game-game 3D demanding saat ini. Yang agak mengganggu tentu saja performance storagenya. Terkadang loading game yang biasanya cepat, terasa sekali menjadi lama.

Pemmzchannel sendiri membandingkan ASUS ROG G550JK ini dengan beberapa notebook yang memakai GPU Maxwell. Seperti GT840M (ASUS A451LN), GTX850M 2GB GDDR3 (Xenom Pegasus), GTX860M 2GB GDDR5 (Xenom Shiva) juga yang sama-sama menggunakan GTX850M 4GB GDDR3 yakni Dell Inspiron 7447. Lebih detail, anda bisa lihat pada screenshoot tabel di atas.

Battery & Temperature

ASUS ROG G550JK Battery (image is property of myfixguide.com)
ASUS ROG G550JK Battery (image is property of myfixguide.com)

ASUS ROG G550JK dibekali battery berkapasitas 4000mAH berkekuatan maksimal 59Wh. Terang saja saat pengujian battery, G550JK hanya mampu bertahan 63 menit saja. Ini sedikit aneh, karena battery dengan kapasitas yang sama pada GL551 berGPU GTX860M yang sebelumnya pemmzchannel review mampu bertahan hingga 81 menit.

Tes Suhu ASUS G550JK
Tes Suhu ASUS G550JK

Dua buah fan dalam ASUS ROG G550JK sebenarnya bekerja cukup baik, Sayangnya thermal yang menempel pada Intel core i7 4710HQ sedikit menghambat penyerapan panas. Suhu GPU yang terbilang cukup “sejuk” tak lepas dari design heatsink yang dibuat bergerigi untuk membantu proses pelepasan panas lebih cepat.

Conclusion

Seperti dikutip pada overview di atas, ASUS ROG G550JK memang sebuah opsi untuk anda pecinta ASUS ROG yang mendambakan design lebih elegan dibanding design maskulin ala ROG Series pada umumnya. Dan yang paling utama, G550JK ini menyasar pengguna start-up yang banyak menyebrang ke brand-brand baru seperti Lenovo atau Xenom.  Nah, untuk anda yang kebetulan mencari notebook dengan GPU menengah, dari brand tangguh dan nama besar ROG, ASUS ROG G550JK pilihan mutlak.

REVIEW OVERVIEW
Performance
Handling
Upgrade Option
Power Consumption
Price
SHARE
Previous articleInilah 10 Flash Disk Unik yang Pernah Ada
Next articlePromo PC Game Original Minggu Ini (Hot Deals February #1)
He has written about Computer Hardware, Gadget News and Games for more than 5 years, including stints as hardware editor at PinPoint Publication and editor in chief of Pemmzchannel. His work has appeared in publications including, PCMedia Magazines, TnT Mild, Web & e-Magazines of Pemmzchannel.

11 COMMENTS

    • Untuk aplikasi dan game-game tertentu, bisa lebih lebar Gap nya bro. Karena test bad kita mungkin tidak terlalu menghabiskan banyak resource Vram.

    • Game seperti borderland 2 yang selalu merender world mapnya di background, atau game baru dying light Dengan shaver modelnya yang kompleks.

      Aplikasi seperti première, AutoCAD dll

  1. Halo Pemmz, aku ada kendala nih di network adapternya.Kok susah ya connect-nya di jaringan wifi rumah, status selalu limited gitu.Padahal untuk laptop lain dapat bekerja.Aku udah cari-cari solusinya di internet dan gak ada yang berhasil, aku juga udah update drivernya tapi hasilnya tetep.Mungkin Pemzz bisa kasih solusi?makasih

  2. Bro… mau nanya nih… klau rog 550 jx itu dapat mouse gaming gak ???
    Kemarin ane beli cuman dapat tas doang… ???

    • Ngga dapet bro . .
      Cuma untuk pembelian di pemmz, tetep dapet mouse gaming. Bukan di pemmz ya belinya?

Leave a Reply