Anda sedang bingung mencari solusi notebook fullhd murah untuk menikmati video High-Definition dengan budget yang pas-pasan? Atau anak anda merengek minta dibelikan sebuah Notebook PC yang mumpuni untuk memainkan berbagai game online?. Secara tak sengaja, tim pemmzchannel menemukan sebuah sub-ultrabook murah meriah yang punya spesifikasi unik. Juga dari merk lokal, notebook ini menawarkan opsi layar full HD dalam ukuran 14″. Yang mengejutkan, ia dibanderol cukup murah (baca: sangat murah). Penasaran? simak review lengkapnya berikut ini.

Axioo Neon TNW

This slideshow requires JavaScript.

Design notebook seharga 3,7 juta-an ini memang sebenarnya cukup oke andai saja diberi variasi warna cerah seperti produk-produk Axioo Neon terdahulu. Sayangnya, info dari web resmi, untuk Axioo Neon TNW ini hanya tersedia satu warna, Gunmetal.

Axioo Neon TNW alias Clevo W549TU
Axioo Neon TNW alias Clevo W549TU

Mendengar warna Gunmetal, pemmzchannel langsung teringat barebone Xenom yang mayoritas juga di dominasi warna Gunmetal ini. Usut punya usut ternyata Axioo merebrand dari merk yang sama, Clevo. Diselidiki lebih mendalam, Barebone Clevo yang dipakai Axioo ini adalah type W549TU. Dan mirip dengan Xenom Pegasus ACE 14 juga sedikit mirip dengan barebone Xenom Siren SR114i yang menggunakan Intel iris Pro. Sebagai info, Clevo memiliki kualitas produk yang sangat baik. Quality Control yang baik hingga minim sekali kerusakan.

Specification

Untuk spesifikasi, hingga review notebook axioo ini diturunkan, pihak suplier belum menyediakan SKU lebih tinggi dari yang pemmzchannel review kali ini. Sekedar saran, mungkin bisa membundling dengan core i3 plus RAM 4GB. Dan berikut spesifikasi Axioo Neon TNW yang kita review.

Processor

intel_N2940 soc
Perbandingan beberapa Celeron Bay-Trail M

Intel Celeron N2940 adalah sebuah SoC (System on Chip) berbasis Intel Baytrail M. Bay-Trail sendiri lebih dulu populer di dunia smartphone. Jika versi sebelumnya masih menggunakan 2 core ditambah teknologi hyperthreading, pada N29XX ini sudah true Quad core. Hmm.. biar gak penasaran dan ragu-ragu bagaimana performa Quad Core CPU dengan TDP hanya 7 watt ini, simak score benchmark nanti di bawah ya.

Graphics

Intel HD Graphics dalam Celeron N2940 ini berbasis Intel Gen7 architecture, yang mana telah mendukung DirectX 11 dan serupa dengan yang ditanam dalam Intel core generasi ke-3, Ivy Bridge series. Namun, karena tertanam dalam CPU kelas low-end, spesifikasinya pun terbilang “secukupnya”. Dengan hanya membekal 4 EU (Execution Units) juga clock speed yang relatif rendah yakni 313 – 854 MHz, performa GPU tercatat lebih rendah dari beberapa Intel HD yang ada dalam processor Ivy Bridge series terutama core i3 ke atas. Namun seharusnya, beberapa game lama dan game online modern bisa berjalan cukup mulus.

Display

Test view angle panel IPS LCD Axioo Neon TNW
Test view angle panel IPS LCD Axioo Neon TNW

Nah ini yang membuat produk ini menarik. Sebuah sub notebook 14″ berspesifikasi rendah tidak pernah dibekali sebuah layar beresolusi Full-HD (1920×1080). Untuk panel lcd yang digunakan sendiri adalah buatan LG Philips seri LP140WF1-SPU1. Menurut penulusuran lebih lanjut, panel LED ini berjenis a-Si TFT-LCD yang sudah berteknologi AH-IPS dengan view angle 80° untuk tiap-tiap angle. Memiliki contrast ration 700:1 dan memiliki kualitas tingkat brighness 330 cd/m2. Sayangnya, masih berjenis Glare belum Matte. Logika saja sih, 3 jutaan dapet LCD matte, menang banyak :D.

Workstation

Workstation Axioo Neon TNW
Workstation Axioo Neon TNW

Ruang kerja atau workstation pada Axioo Neon TNW ini cukup sederhana, bahkan hingga ke touchpad yang seolah menyatu dengan upper case. Hanya terlihat tombol kanan kiri touchpad yang menonjol. Seperti pada barebone Clevo pada umumnya, sebaiknya gunakan mouse jika ingin menghindari warna yang pudar pada permukaan touchpad.

Keyboard relatif agak keras dengan sedikit sekali efek membal, benar-banar mencirikan bahan plastik. Namun penampang bawahnya cukup solid hingga anda tak perlu khawatir kelebihan tenaga saat menekan tuts. Tak ada tombol shortcut apapun hingga mewajibkan kita memanfaatkan tombol function. Untuk hinge, nampaknya cukup mumpuni untuk menopang layar 14″ pada notebook ini. Jarak buka lid maksimal adalah sekitar 120°.

Port & Connectivity

Konektifitas Axioo Neon TNW
Konektifitas Axioo Neon TNW

Meskipun harga notebook axioo ini murah meriah, Axioo Neon TNW ini menawarkan opsi port & connectivity yang terbilang baik. Sudah ada sebuah port USB 3.0 dan port HDMI standar. Sayangnya, letak port HDMI ini menurut pemmzchannel kurang efisien dan akan mengganggu jika mouse USB kita tancapkan pada port USB di sebelahnya, kecuali mouse kita wireless.

Dimension

Noebook ini berdimensi 340(W) x 241(D) x 11 ~ 25.4(H)mm. Bagian paling tebal dihitung pada bagian battery area. Dengan bobot sekitar 1.8kg termasuk battery, notebook ini masih enak dibawa-bawa dalam sebuah softcase tanpa tas.

Upgrade Option

Axioo Neon TNW disassembly
Axioo Neon TNW disassembly

Yang namanya SoC sudah pastilah “onboard” dan gak mungkin bisa di upgrade. Tapi Axioo Neon TNW ini cukup baik dibanding ASUS seri A yang cuma menyediakan 1 biji slot memory. Pada Axioo Neon TNW, kamu bisa upgrade RAM kamu hingga 2 x 4GB pc 1600, walaupun sebenarnya processornya hanya mendukung 1333MHz. Tim pemmzchannel sendiri belum mencoba memasangkan RAM lebih dari 8GB, karena menurut website Clevo sendiri, type ini hanya mampu menampung 8GB.

Contoh HDD Caddy
Contoh HDD Caddy

Storage hanya tersedia 1 buah 2,5″ SATA Port. Jadi, tak ada pilihan lain selain memensiunkan HDD jika ingin menggunakan SSD. Tak ada slot m-SATA di seri ini. But, beneran mau pasang SSD di notebook 3 jutaan ini?. Untungnya, walau dimensi nya terbilang tipis, namun seri ini sudah dibekali sebuah DV-RW drive. Nah, keuntungan lain tentu saja kita bisa melengserkan ODD ini dan memasangkan HDD Caddy untuk menjadikannya storage tambahan.

Battery

Untuk mengakses battery Axioo Neon TNW, wajib membuka bottom cover
Untuk mengakses battery Axioo Neon TNW, wajib membuka bottom cover

Juga untuk batterynya, selain letaknya tersembunyi dan mewajibkan kita membuka bottom cover, si battery ini sepertinya sulit untuk di upgrade ke kapasitas yang lebih besar. Mengingat posisinya yang press body dengan bottom cover. Kapasitas battery Axioo Neon TNW ini sendiri adalah 32.5Wh yang di suply 4 cell battery Li-Ion. Kapasitas battery ini melebihi suplay arus adaptor yang hanya 30 Watt. Jadi walaupun tanpa adaptor, loika pengguna tetap mendapatkan performa hardware maksimal. Dan ini sudah kita buktikan dengan menjalankan 3DMark 11. Score yang didapatkan sama antara menggunakan adaptor dan tidak.

Adaptor Axioo Neon TNW
Adaptor Axioo Neon TNW

Performance

This slideshow requires JavaScript.

Untuk kelas SoC berdaya 7 watt, Intel Celeron N2940 benar-benar harus dibantu konfigurasi maksimal. Jika memungkinkan, pasang RAM 8GB baru terasa bebas dari LoLa (Loading Lama). Mau lebih cepat lagi, pakai SSD :D. Tapi overall untuk spek standar benar-benar terasa gregetan. Minimal up ke dual channel 4GB-lah seperti yang pemmzchannel gunakan saat review. Sebagai info, Intel Celeron N2940 ini sudah mendukung Dual-Channel Memory.

Untuk urusan task berhitung, Intel Celeron N2940 hanya sedikit di bawah core i3 generasi kedua atau Sandy Bridge. Sedang untuk kemampuan grafisnya, 30% lebih lambat dibanding Intel HD pada pentium Ivy Bridge series dan masih setengahnya dari Intel HD4000 yang ada pada core i5 3317U (Ivy-Bridge ULV). Jika di andalkan untuk Gaming, untuk menjalankan DOTA 2 atau World of Warcraft, sepertinya anda harus mengabaikan kualitas Full HDnya dan menurunkan resolusi ke HD (720p) 😎

Karena belum memiliki produk pembanding, kamu bisa lihat screenshoot benchmark di atas. Sementara untuk perbandingan pemmzholics bisa melihat beberapa review convertible notebook yang sudah kita review antara lain :

Battery Performace

Gabungan manajemen power new Bay-Trail dan kualitas battery Clevo.
Gabungan manajemen power new Bay-Trail dan kualitas battery Clevo.

Dengan teknology 22nm, Intel Celeron berbasis Bay-Trail M ini memang sudah cukup superior dibanding pendahulunya. Ditambah keperkasaan battery-battery buatan partner Clevo, jadilah Axioo Neon TNW ini mencetak 181 menit dalam uji ketahan battery yang pemmz channel lakukan.

Conclusion

Sebagai sub-notebook yang dibanderol 3 juta-an, Axioo Neon TNW ini benar-benar mengandalkan display panel sebagai sales poin utama. Belum lagi spesifikasi standar yang hanya menyematkan RAM 2GB dan HDD berkecepatan 5400rpm. Namun bagi anda yang memang naksir sama bentuknya yang slim dan ingin berinvestasi dengan modal 3,7 jutaan, notebook ini cukup baik untuk dimaksimalkan lebih lanjut mengingat layarnya yang sudah masuk kelas mid-end.

Tertarik?

contact our sales team @ new.pemmz.com

official product page

promo Aorus X7 DT GTX 10

9 COMMENTS

  1. wah oem clevo juga toh?

    pantes sekilas kayak produk xenom

    untuk harga segini sih dapet layar full hd + IPS udah luar biasa walau speknya standar aja

    lebih cocok buat multimedia laptop ya ketimbang office 😀

  2. @Bro Ardi, Yap betul, apalagi sudah di “retouch” dikit-dikit spek nya. Lancar lah buat namatin serial JodhaAkbar versi BDRip :v

    @sikasep, gak nyangka kan layarnya AH-IPS . . :v

  3. Mas, memory bawaannya kan DDR3 visipro pc12800 2GB, saya coba sandingkan dengan hynix DDR3 2GB pc12800s kok ngga bisa nyala laptopnya. Hal serupa juga terjadi kalau memory bawaan dipindahkan ke slot#2, slot #1 dikosongkan.. tidak menyala juga. Dipidahkan ke slot #1 kembali baru nyala. Thanks

  4. Mas, kalau laptop ini diinstall Ubuntu atau Distro Linux lainnya bisa kah? saya sudah terbiasa menggunakan Ubuntu sehari2nya. Terima kasih.

  5. Buat yang nyari mobile sama kecepatan ngenet sama office, gak disarankan beli yang ini. Tapi kalo sekadar nonton film sih udah menang banyak sama layarnya.

    Bodynya gak terlalu tipis. Bobotnya juga lumayan berat. Space yang lega dengan performa lelet ya jgn berharap banyak. Tp untungnya udah ada USB 3.0, kopi2 lumayan kenceng.

Leave a Reply