Steam Broadcasting

Setelah merebut banyak perhatiaan pada versi beta pada Desember lalu, kini gamers dapat streaming game yang sedang dimainkan ataupun menonton permainan gamer lain di Steam Broadcasting. Untuk Pada saat kamu memulai game apapun di Steam akan secara otomatis ter-streaming dan akan berhenti juga ketika kamu selesai bermain. Penggunaan yang cukup mudah tanpa perlu melakukan setting tambahan ini memungkinkan para pengguna Twitch cukup mudah pula berpindah hati.

Secara default, teman kamu harus mengajukan request untuk melihat video streaming kamu. Tapi, kamu dapat mengubah konfigurasi ini sehingga teman kamu atau bahkan public sekalipun dapat melihat langsung video permainan kamu. Bagi kamu yang tidak menginginkan fitur ini, kamu dapat menonaktifkan secara keseluruhan Steam Broadcasting ini. Para pemain juga bisa melihat kumpulan video publik melalui tab “Community” di Steam.

Steam Broadcasting
Steam Broadcasting

Ya walaupun Steam Broadcasting ini “available” untuk siapapun, namun tidak semua orang dapat menggunakannya. Layaknya pada versi beda, spesifikasi komputer mu harus mendukung untuk dapat mengakses fitur ini. Untuk saat ini, hanya kamu yang menggunakan Windows 7 dan 8 yang dapat men-streaming kan permainanmu. Valve menjanjikan fitur ini nantinya kelak juga akan mendukung Mac, Linux dan Windows Vista. Jika kamu memiliki hobi untuk berkomentar selama memainkan game, kamu saat ini juga belum bisa men­-streamingkan suaramu karena versi yang ada hanya mendukung audio dari speaker PC saja.

Steam Broadcasting
Steam Broadcasting

Tidak seperti fitur “archive” pada Twitch, Steam Broadcasting tidak dapat menyimpan setiap video yang terakhir di tonton. Kemampuan Steam Broadcasting yang baru diluncurkan ini masih terbatas pada “first-come, first-served basis”. Hal ini disebabkan oleh streamer selanjutnya tidak mendapatkan bandwidth yang cukup dari server Steam terdekat mereka.

Dengan fitur baru di Steam ini, Valve sedang semakin dekat untuk merambat menjadi one-stop shop untuk PC gaming. Sejauh ini Steam dengan “katalog” game nya yang terbilang lengkap semakin populer di kalangan gamer yang mencari game original, baik game ternama seperti Dota 2 dan CSGO hingga ke game-game indie. Fitur Steam Greenlight dan Early Access nya pun bak “pelaris” yang memicu transaksi pembelian. Tes terbesar Steam Broadcasting akan dilakukan pada Valve Dota 2 championship pada Agustus nanti.

Sumber

Leave a Reply