Kali ini, pemmzchannel dipinjamkan sebuah gadget canggih baru oleh ASUS Indonesia. Sebuah gadget android yang menawarkan dua fungsi sekaligus, smartphone dan Tablet. Dengan spesifikasi high-end juga fitur-fitur keren, apa saja yang coba di tawarkan produk 2-in-1 beroperating system android Kit-Kat ini? Simak Review ASUS Padfone S review berikut ini.

Spesification

CPU
snapdragon-801
Menggunakan SoC ARM V7 buatan Qualcomm seri Snapdragon 801 yang berarsitektur Krait 400, tepatnya Qualcomm 8974AB dengan clock speed up to 2,3GHz, Padfone S bisa dibilang masuk dalam jajaran smartphone high-end yang bisa disetara kan dengan HTC One (m8), Xperia Z3 dan Xiaomi MI4. M4 sendiri agak beda versi chipsetnya yakni 8974AC dengan clockspeed lebih tinggi hingga 2,5GHz.

GPU

Adreno 330Snapdrgon 801 8974AB pada ASUS Padfone S ini membawa GPU Adreno 330 yang berfrekuensi 550MHz, sedikit lebih rendah dari Snapdragon 801 8974AC yang ada pada MI4 dengan kecepatan gpu clock 578MHz. Namun, pada beberapa pengujian tak terlihat perbedaannya. Juga untuk menjalankan semua game 3D android, GPU ini masih terlalu superior.

RAM

ASUS Padfone S menggunakan mDDR3 (mobile DDR3) berkapasitas 2GB. Ini menambah keperkasaan device ini untuk membantunya menjalankan segambreng aplikasi secara multitasking.

Display
5" Full HD 1920 x 1080 441ppi
5″ Full HD 1920 x 1080 441ppi

5” IPS berview angle up to 178 derajat FHD 1920 x 1080 pixel dengan 441ppi, persis dengan yang di pakai Xiaomi  MI4. Kualitas yang ditawarkan sedikit melampaui layar Galaxy S5 yang hanya 437ppi. Namun untuk urusan kualitas gambar, tim pemmzchannel harus mengakui, layar Galaxy S5 lebih superior. ASUS menambahkan perlindungan Gorila Glass 3 yang di klaim mampu melindungi layar walau jatuh dari ketinggian 1,5 meter.

Padfone S Station
Padfone S Station

Begitupun untuk unit stationnya. Sudah dibekali resolusi 1920 x 1080 yang tampil memukau untuk melihat objek multimedia dalam layar yang lebih besar. Baik unit padfone maupun Stationnya, mendukung hingga 10 point touch screen.

Storage

Snapdragon 801 sudah mendukung eMMC V5 yang bisa memberi throughput hingga 400Mbps. Internal storage yang bisa digunakan sekitar 10,7GB dari 16GB yang tersedia. OS kitkat 4.4 plus ZEN UI beserta aplikasi bawaan ASUS ternyata cukup menyita ruang storage. Hitung punya hitung, keseluruhan system OS menyerap internal storage hingga 5,2GB. Jangan khawatir, Padfone S mampu menampung microSD hingga 64GB.

Design

Design

Padfone S merupakan produk 2in1, Tablet dan smartphone. Pada seri terbaru ini, ASUS memberi satu fitur sinkronisasi baru bernama DynamicDispay yang membuat perpindahan mode juga penyesuaian display platform dari smartphone ke tablet saat padfone ditancapkan ke station lebih smooth dan realtime. Begitupun sebaliknya.

Docking port ASUS Padfone S
Docking port ASUS Padfone S

Mengapa ASUS menyebutnya station?. Karena benar-benar hanya mentranformasi dari bentuk smartphone 5” ke bentuk tablet 9” tanpa ada penambahan port maupun konektifitas apalagi storage extra. Semua hardware utama ada pada Padfone, mulai dari chipset hingga SIM card slot. Unit station hanya menyediakan ukuran layar yang lebih besar, dual stereo speaker juga battery kedua berkapasitas 4990mAH yang siap mensuplai daya saat padfone ditancapkan.

Dimension

Dimension

Dengan dimensi 143.4 x 72.5 x 10 mm, terus terang ASUS Padfone S agak tebal untuk persaingan smartphone modern saat ini yang kebanyakan bermain di angka 9mm kebawah.

Bobot nyaris sama dengan MI4, yakni sekitar 150Gram. Cukup ringan untuk smartphone 5″. Hal ini lebih disebabkan penggunaan material plastik yang dominan.

Sedangkan untuk Stationnya memiliki dimensi 250.4 x 172.3 x 11.6 mm, tebalnya mencapai 19mm pada bagian docking. Bahkan saat padfone S tertancap, ketebalan mencapai 20mm lebih sedikit. Station sendiri beratnya sekitar 519Gram.

Connectivity
Padfone S with 4G LTE
Padfone S with 4G LTE

Qualcomm 801 pada Padfone S sudah mendukung jaringan 4G LTE (cat4) yang memungkinkan pengguna mendownload dengan kecepatan hingga 150mbps. Koneksi ini nantinya memungkinkan untuk mendukung fitur VoLTE (Voice over LTE) yang bisa saja menggantikan fungsi telepon konvensional.

Padfone S juga sudah dibekali wifi adapter 802.11ac dual band hingga kemanapun padfone dibawa, akan mudah mengenali wireless hotspot dari bermacam jenis gelombang serta bandwith yang lebih tinggi tentunya hingga 390mbps.

Fitur & OS

Fitur-fitur pada ASUS padfone S di dominasi oleh fitur yang sebelumnya pernah ditemukan pada smartphone ASUS sebelumnya seperti Zenphone dan Fonepad. Yang membuat kami tertarik adalah fitur pada kamera karena salah satu sales poin Padfone S adalah multimedia terutama kamera.

PixelMaster

Kemampuan rekam video hingga resolusi 4K
Kemampuan rekam video hingga resolusi 4K

Padfone S sudah dibekali kamera belakang berkekuatan 13MP. Seperti pada video Hands-On preview yang lalu, kamera ini memiliki kelebihan pada sisi perekam video yang bisa merekam objek bergerak dengan resolusi 4K. Untuk fitur-fitur lain yang tergabung dalam PixelMaster seperti Time Rewind, Smart Selfie, Depth of Field untuk foto nuansa bokeh serupa dengan yang ada pada zenphone series maupun fonepad series, namun dengan hasi yang jauh lebih bagus karena kekuatan camera pada ASUS Padfone S. Ini membuat ASUS Padfone S cukup mampu diandalkan sebagai pocket kamera untuk berbagai situasi.

Kualitas kamera asus padfone S indoor
Kualitas kamera asus padfone S indoor

Tak semuanya baik, kualitas foto padfone S pada environment minim cahaya masih perlu dibenahi kalau tak ingin jadi batu sandungan. Juga, untuk mendapat hasil video 4K yang smooth, sepertinya memang membutuhkan performa RAM diatas DDR3. Karena mengandalkan mDDR3, hasil video 4K masih sering terlihat patah-patah (lihat video di bawah).

ZEN UI on Android KitaKat 4.4.2

Versi yang ada pada Padfone S tidak berbeda dengan yang ada pada beberapa seri Zenphone. Hanya terdapat beberapa tambahan seting yang sepertinya dikhususkan untuk platform Padfone. Begitupun fitur fitur bawaannya seperti My ASUS, Party link dan lain-lain. Yang special pada ZEN UI bagi tim pemmzchannel adalah satu fitur yang sangat berguna untuk kamu yang super sibuk. Namanya Do it later. Dengan fitur ini, kamu bisa membookmark beberapa kegiatan yang ingin kamu lakukan nanti setelah sampai rumah misalnya.

Dibalut OS android versi 4.4.2, ASUS Padfone S siap menampung apapun aplikasi yang anda benamkan.

Performance

This slideshow requires JavaScript.

Seperti di singgung di atas, SoC yag dipakai ASUS Padfone S merupakan kasta high-end yang tak usah diragukan performanya. Lawan yang sepadan datang dari smartphone-smartphone high-end. Pendek kata, hardware dalam ASUS Padfone S masih sangat superior untuk penggunaan system android saat ini.

Battery Performance

Hal yang agak disayangkan datang dari performa batterynya. Sejak awal, tim pemmzchannel sudah punya sedikit dugaan saat menggenggam Padfone S. Sedikit terlalu ringan menurut kami. Dan uumnya, hal tersebut dimungkinkan dengan mengurangi kapasitas cell dalam battery sebuah smartphone. Untuk penggunaan standar dengan persentase browsing, social media dan gaming masing-masing sekitar 30%, sejak kondisi 100% hingga battery tersisa 15%, ASUS Padfone S hanya mampu bertahan 5 hingga 6 jam. Untungnya station siap mensuply daya tambahan kapanpun diinginkan. Namun untuk membuat battery pada keduanya 100% full charging, butuh waktu charging lebih dari 4 jam.

Harga
pemmz.com
pemmz.com

ASUS Padfone S di pasaran saat ini di banderol dengan harga Rp. 3,799,000 untuk padfone S komplit dengan Stationnya. Jika menilik beberapa pesaing yang memiliki spesifikasi serupa, harga Padfone S cukup menggiurkan. Sayangnya, unitnya masih agak sulit di dapatkan. Sepertinya hal ini sering terjadi atas produk-produk baru ASUS.

Conclusion

Wajar ASUS menggadang Padfone S sebagai super Phone. Selain memiliki spesifikasi mirip dengan smartphone high-end dari merk lain katakanlah Galaxy S5, HTC One (m8), Experia Z3, dan Xiaomi MI4, Padfone S masih yang paling terjangkau secara harga. Belum lagi kombinasi dengan Station yang menjadikannya sebuah platform yang 100% berbeda. Keunggulan pada kamera juga bisa menjadikan Padfone S incaran para selfiers.

promo Aorus X7 DT GTX 10

3 COMMENTS

  1. Caranya menghilangka Auto text (kata yang muncul saat melakukan pengetikan) di Padfone , gimana caranya Mas..???

Leave a Reply