Sudah lama kita tidak menjumpai update driver baru yang memberikan banyak fitur baru di dalamnya. Nah hal tersebut coba dilakukan oleh AMD kembali dengan meluncurkan AMD Catalyst Omega Driver.

Banyak Fitur yang diberikan dalam Update Driver Catalyst Omega ini, mari kita simak satu-per-satu.

Virtual Super Resolution

VSR_w_600

Ketika Nvidia meluncurkan GTX 980 dan GTX 970, mereka juga memperkenalkan fitur baru yaitu DSR. Nah kali ini, AMD meluncurkan fitur yang serupa dengan DSR namun mereka sebut dengan VSR – Virtual Super Resolution. Fitur ini mampu membuat game kita berjalan pada resolusi yang lebih tinggi daripada resolusi pada layar, yang mana akan melakukan down-sampling guna melakukan penyesuaian terhadap resolusi layar.

Hasil dari Fitur ini adalah kesempurnaan Anti-Aliasing yang membuat gambar pada game semakin tajam, namun karena resolusi yang digunakan lebih besar, maka performa yang dibutuhkan juga semakin besar, alhasil Anda akan mengalami penurunan FPS.

FreeSync

freesync_w_600

Setelah lama tidak ada kabar mengenai projek FreeSync, akhirnya AMD meluncurkan projek ini yang termasuk bagian di dalam Driver Catalyst Omega. Sedikit lucu karena sampai saat ini belum ada monitor yang mendukung teknologi dari AMD ini, tapi kita akan melihatnya dalam waktu dekat yaitu di Q1 2015.

FreeSync adalah senjata AMD melawan projek G-Sync dari Nvidia. Teknologi ini dimaksudkan untuk mengeliminasi stutter dan tearing yang terjadi pada layar akibat tidak sinkron-nya FPS dengan refresh rate pada monitor. Tidak seperti milik Nvidia yang mengambil royal atas G-Sync, AMD FreeSync diberikan secara gratis.

Perbaikan pada Frame Pacing untuk Dual-Graphics dan Crossfire

Untuk sistem yang menjalankan dual graphics (APU dan GPU) dan CrossFire (Dual-GPU), frame pacing menjadi masalah yang mengganggu. Menggunakan beberapa kartu grafis memamgn merupakan cara yang ampuh untuk meningkatkan performa, tapi tidak ada gunanya jika kita akan sering menemukan timing antar frame yang berbeda-beda dan menyebabkan gambar menjadi stutering parah. Nah Perbaikan ini yang berusaha dilakukan oleh AMD, game-game yang didukung sampai saat ini adalah Batman: Arkham Origins, Serial Game Metro, Tomb Raider, dan Sniper Elite 3.

Alienware Graphics Amplifier

aga_w_600

Jika Anda mengingat laptop gaming Alienware 13 dengan box external Graphics Amplifier, Nah sekarang AMD mendukung driver tersebut, jadi sekarang Anda dapat menggunakan AMD Radeon HD 5000 series atau GPU yang lebih tinggi dalam Graphic Amplifier untuk meningkatkan performa gaming Anda.

Dukungan Monitor 5K

1_w_600

Beberapa minggu yang lalu, Dell memperkenalkan monitor 5K yaitu Dell UP2715K, tapi apa gunanya monitor ini jika kartu grafis Anda tidak mendukungnya. Sekarang AMD telah menambahkan dukungan untuk resolusi 5120×2880 dengan refresh rate 60Hz yang digunakan oleh monitor dari Dell ini. Sebagai catatan Anda tetap membutuhkan dua buah DisplayPort 1.2 karena sebuah DisplaPort 1.2 tidak mampu menyalurkan bandwidth sebesar itu.

Eyefinity sampai 24 layar

eye_w_600

Jika Anda menyukai setting multi-monitor maka Anda akan sangat senang karena sekarang AMD dengan driver yang baru mampu mendukung hingga 24 monitor dalam satu sistem menggunakan 4 buat kartu grafis FirePro. Jika Anda menggunakan utility dari Eyefinity, Anda mampu mengkonfigurasi setiap monitor dengan lebih detail.

Peningkatan Performa

scare_w_600

Dari semua fitur yang ditambahkan, AMD tidak lupa melakukan perbaikan performa terhadap game-game lama sampai yang terbaru sekalipun. AMD menjanjikan peningkatan performa sampai dengan 19%.

Fitur-Fitur Lainnya

 

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply