Jika Anda seorang gamer yang cukup hardcore pastinya Anda akan mempunyai beberapa akun game di beberapa client seperti EA dengan Origin Client-nya dan Valve dengan Steam Client-nya. Yang menjadi masalah adalah ketika Anda ingin melakukan instal ulang atau berganti PC ke PC lainnya, Anda harus melakukan instalasi ulang pada game-game tersebut secara manual pula, dan sebagian harus mendownload kembali file-file updatenya.

Kali ini kami memberikan solusi, khususnya bagi Anda yang mempunyai akun Origin. Anda tidak perlu melakukan instalasi ulang pada game-game Anda dari PC sebelumnya jika Anda berganti PC ataupun setelah instal ulang PC Anda.

Anda juga bisa menggunakan trik ini menggunakan PC teman Anda yang game-game pada origin mereka telah ter-update dan siap diamainkan. Berikut adalah caranya:

1. Copy semua file game yang ada pada PC sebelumnya.

plant

Pada Origin biasanya file-file game diletakan pada “C:\Program Files (x86)\Origin Games\”. Anda bisa memilih game-game yang Anda ingin instal kembali maupun semua game yang berada dalam folder tersebut. Copy file game tersebut kemanapun yang  Anda inginkan bisa ke HDD external, maupun ke pastisi lainnya.

2.Download dan Pause Origin client

download

Buka Origin Client Anda, dan mulailah men-download game yang tadi telah Anda backup sebelumnya. Setelah Download berjalan, tunggu sampai 1 persen lalu pause download game tersebut. (Angka 1 persen di sini dimaksudkan bahwa download Anda berjalan dengan baik). Oh ya, ingat baik-baik lokasi tempat Anda akan menginstal game tersebut.

3. Copy File yang telah Anda backup sebelumnya.

pause

Langkah ini bisa kita bilang sebagai restorasi file game atau juga melawati tahapan download game yang biasanya berjalan sangat lama apalagi ukuran-ukuran game saat ini yang sudah puluhan gigabyte. Copy File yang telah Anda back-up sebelumnya ke folder game Origin yang telah diset saat akan memulai Download. Tunggu semua file-nya sampai selesai ter-copy.

4. Resume Download Game Anda.

instal

Jika  proses peng-copy-an file sudah selesai, Anda bisa melanjutkan proses download dengan cara menekan tombol “Resume” pada Title Game Anda di Origin Client. Di sini proses download yang tadinya hanya 1% akan secara otomatis melanjutkan download namun di-angka yang jauh lebih tinggi, semisalnya 98%.

5. Check Game File Anda.

repair

Setelah Game sudah selesai di-download dan terinstal, langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah melakukan check terhadap file-file game Anda. pilih “Repair Game” dengan mengklik kanan pada judul game di Library game Anda.

Setelah Langkah-langkah diatas selesai, Anda bisa mulai menjalankan game Anda. Kali ini kami mencobanya pada Plant VS Zombie, tapi jangan khawatir cara ini bisa Pemmzholics lakukan hampir pada semua game yang berada pada Origin Client.

 

1 COMMENT

  1. gan punya solusi buat masalah origin yg “online login currently unavailable” ngga??
    udah coba semua solusi di forum ea tapi ngga bisa fix juga

Leave a Reply