Belum lama ini kita telah menyaksikan rilisnya GTX 970 dan GTX 980 yang memang berhasil membawa hype kepada dunia hardware karena kehebatan price/performance yang dimilikinya. Kali ini Nvidia kembali meluncurkan kedua seri tersebut untuk platform mobile/notebook, dapatkah GTX 980M dan GTX 970M mengulang kesuksesan kakak mereka?

Janji Nvidia akan memberikan kejutan pada arsitektur Maxwell tampaknya terwujud, karena kali ini kita disajikan kartu grafis dengan performa tinggi, daya rendah serta harga yang lebih masuk akal dibandingkan seri sebelumnya.

Digital-Storm-Laptops_w_450[1]

Nah ternyata buka itu saja kejutan yang dilakukan oleh Nvidia, kali ini dalam sebuah post di blog resminya, mereka mengatakan jika pada Fermi perbandingan seri M (mobile) hanya sebesar 40% dari seri desktopnya, dan Keppler sebesar 60% dari seri desktopnya, maka performa Maxwell berhasil melaju sebesar 80% dari seri Desktopnya. Menurut kami ini adalah sebuah “trigger” kembali jayanya notebook gaming, bagaimana tidak sekarang Anda bisa menikmati performa yang tidak jauh berbeda dengan Desktop pada Notebook Anda.

Semoga saja hal ini diikuti dengan harga chipsetnya yang juga bersahabat, memang lebih sulit untuk memperkirakan berapa tepatnya harga yang ditawarkan Nvidia kepada para vendor notebook mengingat ini sudah merupakan deal tertutup antara mereka. Setidaknya kita bisa menilainya dari harga notebook-notebook gaming yang akan segera dipasarkan.

2014-10-07-image-7

Sebagai spesifikasi kedua GPU baru ini sudah berbasis arsitektur Maxwell 28nm. GTX 970M mempunyai CUDA core sebanyak 1280 dengan clock dasar 924Mhz. Sedangkan untuk memori, GTX 970M menggunakan interface 192-bit dengan kecepatan 120GB/s.

Untuk GTX 980M, Nvidia memberikan CUDA Core sebanyak 1536 dan clock dasar 1038MHz. GTX 980M mempunyai interface memori yang lebih besar yaitu 256-bit dengan kecepatan 160GB/s.

2014-10-07-image-5

Kedua kartu ini menggunakan memori GDDR5 dengan clock 2500Mhz dan mendukung API  serta beberapa teknologi terbaru seperti Optimus, Battery Boost, GPU Boost, GameStream, ShadowPlay, DirectX 12, OpenGL 4.4, OpenCL 1.1, dan PCI Express 3.0.

Notebook-notebook dengan GPU Nvidia terbaru ini akan mulai dipasarkan hari ini dari berbagai vendor seperti ASUS, MSI, XENOM, dan Gigabyte. Tapi tentunya bagi kita yang berada di Indonesia pastinya harus bersabar menunggunya setidaknya hingga bulan depan.

 

 

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply