Jika kita melihat berita teknologi akhir-akhir ini, pastinya kita akan menemukan banyak review dari Nvidia GeForce GTX seri 9 terbaru yang membuat kita terkagum-kagum dan mulut kita dibanjiri oleh air liur yang siap menetes.

Bagaimana tidak, dengan harga kisaran 4-5 jutaan GeForce GTX 970 berhasil menjajarkan diri dengan AMD Radeon R9 290 yang berada dikisaran 5-6 jutaan. Strategi yang cukup aneh jika kita melihat dari sejarah Nvidia yang biasanya meluncurkan kartu lebih mahal dari AMD pada rentang performance yang sama.

Jujur saya sebagai salah satu Fans AMD dan pengguna R9 290 merasa galau melihat situasi ini. Pada beberapa benchmark yang disajikan oleh website-website teknologi, R9 290 berusaha keras menyamai performa GeForce GTX 970. Hati saya dibuat rontok karenanya, bukan karena harganya saja namun juga karena daya TDP yang jauh lebih rendah dibanding R9 290.

peak tdp
Setelah sekian lama tidak ada yang berhasil membujuk saya beralih kubu dari merah ke hijau, tampaknya kali ini wacana tersebut mulai meracuni saya dengan kehadiran GTX 970. Walaupun sampai saat ini saya masih mengharapkan kehadiran AMD Radeon R9 Seri 3, tapi gerakan dari Nvidia ini telah membuat sakit saya dan mungkin para fans AMD yang lain.

Dari dulu yang bisa saya banggakan adalah price/performance milik AMD yang sangat masuk akal, tapi bagaimana jika hal tersebut berhasil direbut oleh Nvidia? Apa yang tertinggal dari AMD untuk bisa saya banggakan? Kedepannya saya menilai akan ada pemangkasan harga besar-besaran yang dilakukan AMD guna merebut kembali kehormatan “price/performance” miliknya.

Jadi bagaimana menurut Anda semua, Tergodakah Anda mencoba GeForce GTX 970, dan untuk para AMD Lovers akan kah Anda berpaling hati?

 

 

promo Aorus X7 DT GTX 10

16 COMMENTS

    • Betul bro… tapi AMD berhasil strike back dengan seri R mereka, tapi kali ini sepertinya AMD harus berusaha lebih keras lagi…

  1. sudah d pastikan seri R9 29x series dan R9 28x series bakaln d pangkas gan hargany, tp ttep itu bikin sakit hati, karena belum setaun ane beli R9 280x hargany udh mau d pangkas.. T.T

  2. Begitu banyak yang ngincer paling harganya dibandrol tinggi biasa di Indonesia kayak gitu paling dalam waktu seminggu harga jualnya sama R9 290

  3. sekarang aja harganya udah sama kaya HIS R9 290 gampang ditebak pedagang hardware di negara kita ini klo barangnya kliatan banyak yang ngincer pasti di overprice padahal belum tentu banyak yg beli pe4rcuma juga gembar gembor dengan harga terpaut 1jtaan lebih murah toh paling overprice juga klo dijual pedagang di negara kita

Leave a Reply