iris-pro-logo-100066889-large

Beberapa hari lalu, akhirnya Intel merilis driver terbaru untuk onboard GPU paling kencang buatan mereka, Iris Pro Graphic. Tersedia untuk 32-bit juga 64-bit, driver terbaru ini menjanjikan peningkatan performa khususnya pada jenis AA buatan mereka, Conservative Morphological Anti-Aliasing (CMAA).

2x better 3d graphics performance

 

Dalam pernyataannya, Intel menegaskan CMAA menawarkan efek Anti Aliasing kualitas tinggi tanpa mengurangi performa seperti yang dialami pada MLAA dan FXAA. Untuk mengaktifkannya, setiap akan memulai bermain game, pengguna wajib menyalakan fitur ini dalam Intel Graphics control panel. Jangan lupa menon-aktifkan jika tak sedang bermain game, karena akan berefek blurring pada aplikasi lain

“Nah, untuk mengurangi intensitas Blurring, beberapa aplikasi sudah di take-out otomatis dari list seperti Windows Explorer, login screen, Windows home screen, Internet Explorer, Google Chrome, dan Firefox browsers, juga apliaksi Windows 8.1 Photo” seperti dikutip dalam release note.

Layaknya nvidia, Intel juga melakukan uji coba pada beberapa game dan mendapatkan persentase kenaikan performa CMAA seperti dalam Batman Arkham City (10%), Brink (12%), Doom 3: BFG Edition (84%), F1 2012 (8%), Hitman: Absolution (10%), dan Sleeping Dogs (11%). Juga diklaim pada beberapa game terjadi perbaikan FPS antara 3% ~ 7% (Battlefield 4, Civilization V, Deus Ex, Metro 2033, Rage, The Elder Scrolls V: Skyrim dan Sniper Elite 2).

Dalam list fitur terbaru, disebutkan juga bahwa driver baru ini memberikan peningkatan 30% dalam aplikasi yang mendukung OpenCL, perbaikan pada control panel juga peningkatan efisiensi daya battery pada game-game casual (Adaptive Rendering).

Angry Birds
Angry Birds

Intel menjelaskan, beberapa casual game seperty Angri Bird, sebenarnya hanya sedikit sekali berubah scene-scene di layar, yang dirender hanya scene itu-itu juga. Ini memboroskan battery. Nah dengan fitur baru Adaptive Rendering ini, driver akan mengkomparasi frame dan mengaturnya untuk mengurangi penggunaan daya.

Adaptive Rendering akan otomatis menyala saat power management di set ke maximum performance atau saat komputer terkoneksi dengan PLN.

Follow us @pemmz, facebook, slideshare

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply