PemmzHolics sudah punya atau pernah punya gadget iOS diantara iPhone atau iPad ‘kan tentunya? Seperti yang diketahui gadget ini tidak memiliki sistem file yang terbuka, dan dapat dilihat secara detail dengan mudah. Suatu saat media penyimpanan file pada iPhone/iPad pasti akan segera penuh, entah karena data foto yang menumpuk atau terlalu banyak menginstall aplikasi. Kali ini team Pemmz akan memberikan tips untuk mencari file apakah yang ternyata memakan memory storage(penyimpanan) anda dan memilah file yang bisa kita hapus untuk memperlega storage. 

 ◘ Menilik Penggunaan Storage dari setiap App

Pada menu Setting > General > Usage pada iPhone / iPad, kita bisa melihat overview dari aplikasi apa saja yang tersimpan dalam storage lengkap dengan jumlah besarnya file masing-masing. Angka yang tampil di sebelah kanan setiap App adalah total dari app files, cache data, dan media file dari sebuah app. Klik pada salah satu aplikasi untuk melihat penggunaan storage app lebih detail.ios-7-view-storage-usage-in-settings

◘ Menghapus Apps yang sudah tidak penting

delete-large-apps-and-games-to-free-up-space-on-ipad-or-iphone

Menghapus aplikasi sangat besar pengaruhnya untuk melegakan kembali space storage anda. Biasanya yang memakan storage paling banyak adalah games, jadi game yang terinstall di device anda sudah pasti berada di deretan teratas pada daftar Usage.

Sebaiknya anda menghapus Games atau Aplikasi yang sudah jarang / tidak terpakai. Karena anda tetap masih bisa men-download aplikasi tersebut kapanpun dari App Store. Dan jangan takut juga akan kehilangan data dari aplikasi tersebut, karena jika anda sudah mengaktifkan iCloud syncing backup, maka data dari sebuah app atau games akan tersimpan pada account iCloud anda, dan dapat diakses kembali kapanpun anda menginstall ulang sebuah aplikasi atau games.

◘ Menghapus Document & Data sebuah App

Beberapa aplikasi memakan banyak space storage hanya karena document dan data yang dikumpulkannya selama terpasang pada device anda. Pada gambar dibawah ditunjukkan aplikasi Instagram sendiri hanya berukuran 18.5 MB, sedangkan documents & data nya memiliki total file 365 MB dan akan terus berkembang jika aplikasi ini aktif dipakai dan tidak pernah anda hapus data nya.

IMG_1579

Documents & data tersebut berisi berbagai data atau cache yang telah kita download selama menggunakan aplikasi tersebut. Namun anda tidak bisa hanya menghapus document nya, melainkan dengan cara menghapus Aplikasi dan menginstall ulang aplikasi tersebut dari App Store.

◘ Menghapus Media File : Music, Video, & Photo.

Video, music, photo, podcast, dan media file lainnya tersimpan didalam masing-masing app yang sesuai. Pada menu Usage, app Music dan Video juga menunjukkan seberapa banyak file music dan video yang telah memakan storage device iOS anda.

Buka Video dalam daftas Usage untuk melihat video apa saja yang tersimpan, untuk menghapusnya cukup swipe judul video ke kiri dan pilih Delete. Aplikasi Podcast juga memiliki cara menghapus file yang sama.

delete-videos-to-free-up-space-on-ios-7

Sedangkan pada app Music di daftar Usage, hanya ditampilkan total storage keseluruhan yang digunakan untuk file musik. Swipe app music ke kiri dan pilih delete, untuk menghapus seluruh musik sekaligus. Namun, jika anda ingin menghapusnya satu-persatu, hal ini dapat dilakukan dengan membuka aplikasi Music itu sendiri, dan swipe ke kiri pada lagu yang ingin dihapus, lalu pilih Delete.

delete music

Untuk menghapus foto, caranya masih sama, Anda perlu membuka langsung aplikasi Photos, kemudian pilih salah satu atau tandai beberapa foto sekaligus yang ingin anda hapus lalu klik icon Delete. Pada menu Usage, aplikasi Photos & Camera hanya menampilkan total berapa besarnya file foto yang tersimpan di device iOS anda.

◘ Menghapus Data Browser

Pada menu Usage, kita bisa melihat browsing data dari aplikasi Safari, yang kemudian akan menampilkan berbagai jenis data berbeda. Pilih website data dan pilih Remove All Website Data untuk membersihkan file cache dan cookies. Swipe ke kiri pada pilihan Offline Reading List atau History untuk menghapus masing-masing data tersebut.

clearsafari

Jika anda menggunakan browser app third party seperti Chrome, anda bisa membersihkan data cache atau cookies nya langsung dari menu Clear Browsing Data di dalam aplikasi tersebut.

Sekian dari team Pemmz, kami harapkan perangkat iPhone atau iPad anda selalu memiliki memori penyimpanan yang mencukupi. Pembersihan data dan backup data secara berkala sangat penting, terutama bagi yang memiliki ukuran storage paling sedikit. Jika suatu hari anda harus menggunakan gadget ini untuk kebutuhan dokumentasi foto atau video kejadian yang tidak terduga, anda tak akan ketinggalan!

Follow us @pemmzfacebook, slideshare

promo Aorus X7 DT GTX 10

4 COMMENTS

  1. tambahan nih min, cleaning iOS sekarang juga bisa pake PhoneClean3,
    harus beli sih, tp biasanya ada aja yang ngasi giveaway s/n nya waktu event natal dll.
    jauh lebih simpel, 1x klik beres

Leave a Reply