Entah permintaan pasar yang memang semakin menginginkan notebook gaming tipis, ringan & hemat daya atau karena “paksaan” dari pihak penyedia chip, saat ini banyak sekali di temui notebook-notebook gaming dengan design barebone yang slim dan minimalis. Seperti di ketahui, mayoritas gamer tidak pernah memperdulikan bobot dan ergonomi notebook yang akan mereka gunakan untuk bermain game. Mereka lebih membutuhkan opsi opsi yang bisa membantu meningkatkan performa notebook gaming mereka. Customable misalnya, setuju? Lain halnya jika bicara design, pengguna notebook akan cepat bereaksi jika sebuah produk notebook gaming memiliki design yang tidak biasa.

Intel ULV plus Nvidia Geforce GT745M

700mlineup_480

Suksesnya ASUS A46CB, mungkin yang menjadi bekal kuat beberapa vendor lain merilis produk serupa. Tak ketinggalan vendor lokal yang pemmz distribusikan, Xenom. Lewat seri Pegasus mereka, Pegasus Ace PS14. Disini, Xenom ingin memberi performance yang lebih advance dari yang di tawarkan Asus A451LB sebagai pengganti A46CB yang legendaris. Advance yang di maksud ialah dari beberapa sisi seperti performance GPU, dimana Pegasus Ace membekal Nvidia Geforce GT745M yang sudah ber”memory interface” 128-bit. Juga beberapa kelebihan lain seperti LCD jenis matte beresolusi  lebih detail (HD+) juga opsi storage dengan extra m-SATA SSD. Ingin review lebih lengkap? simak artikel berikut ini ya pemmzholics.

Spesifikasi

Spec

Display (LCD) : 14” 1600 x 900 HD+ (16:9) LED Backlit Antiglare Matte Type Display
Processor : 4th Generation Intel Core i5-4200U 1.6Ghz ~ 2.3GHz
System Memory (RAM) : 8GB DDR3 at 1600MHz up to 16GB
mSATA SSD : mSATA Support 128-512GB (Optional)
1st Hard Drive (Primary drive) : 500GB 7,200 RPM SATA 3Gb/s
Optical Drive / 2nd Hard Drive : NO ODD
Graphics Card : 2GB NVIDIA GT745M GDDR3 128-bit
Wireless : Integrated 802.11 b/g/n + Bluetooth 3.0 Combo
Thermal Compound : FREE Arctic Cooling MX-4  Thermal Compound – CPU + GPU  
Keyboard :  Full size isolated keyboard with numeric pad
Battery : 6 Cells Lithium-Ion Battery Pack 76.96WH
Power Adapter : 65W 110V/240V autoswitch AC Adapter 
Warranty : 2 Years Xenom Warranty with LIFETIME Xenom Technical Support
Weight :  1.8Kg
Sales Package : Xenom Backpack, Gaming mouse LOGITECH

Dari spesifikasi yang di bawanya, Selain geforce gt745M, Pegasus Ace memiliki kelebihan di resolusi layar, opsi upgrade RAM, juga storage. Hal ini menjadikan harga yang di tawarkan cukup terbilang worthed.

Design

Design

Seperti di singgung di atas, design barebone Pegasus Ace 14 lebih mendekati produk-produk Ultrabook. Ditambah Ace 14 ini tak dibekali optical drive, makin di kira Ultrabook lah Ace 14 ini. Ukuran slim ini didapatkan karena penggunaan komponen. Seperti kita tahu, Ace menggunakan CPU berjenis ULV yang notabene tak membutuhkan socket (BGA) juga temperatur yang lebih “adem” hingga tak terlalu membutuhkan ruang airflow yang besar. Dengan ketebalan tak sampai 23mm di bagian belakang, Ace lebih terlihat manis di banding A451LB jika saja Pegasus di beri warna yang cerah.

Feature

hdd_monomsata

Kelebihan lain selain penggunaan GPU GT745M yang punya performa lebih baik di banding GT740M adalah, adanya opsi dual storage yakni HDD + m-SATA. Pada Pegasus Ace yang pemmz uji kali ini, memang tidak kami pasangkan m-SATA SSD, tapi poin ini sangat menjanjikan bagi anda penyuka speed access. Bagi anda yang ingin memanfaatkan slot ini sebagai tempat modem 3G anda bernaung juga memungkinkan. Karena beberapa waktu lalu, tim support pemmz telah menguji kompatibilitas Pegasus Ace dengan beberapa modem berinterface mini PCI X, dan semua bisa berjalan lancar.

IMG_0014
Indikator yang cukup lengkap namun agak sulit di pantau dalam posisi kerja.

Connectivity

Connectivity

Sisi konektifitas dari Xenom Pegasus Ace terbilang minimalis. Dengan mengandalkan 2 buah port USB 3.0 yang lokasinya berdekatan, jenis koneksi inipun riskan sekali “teramputasi” manakal salah satu port di pakai oleh device berukuran besar, seperti flashdisk berbaju karet misalnya. Namun bisa di akali dengan penambahan USB docking atau USB hub karena power yang disediakan cukup besar.

Selain USB, Pegasus ACE cukup lengkap untuk urusan konektifitas non-kabel. Disediakan WiFi bg, Bluetooth 4.0, juga bagi anda yang ingin menambahkan 3G modele berinterface mini PCI, Pegasus Ace sudah mendukung.  Tak ketinggalan Gigabyte LAN dan HDMI port. Sayangnya, Analog (D-Sub) absen pada pegasus Ace.

Performance

Untuk performa, pemmz melihat Xenom sepertinya menargetkan Pegasus Ace untuk menyasar pengguna yang tertarik dengan produk gaming yang slim. Seperti di ketahui, ASUS A451LB dan beberapa notebook dengan spesifikasi mirip cukup sukses merebut hati para pengguna komputer mobile yang kebanyakan “transmigran” dari mereka yang sebelumnya menggunakan desktop.

Bench Page

Secara keseluruhan, GT745M seperti bisa di lihat pada ilustrasi di atas, unggul sekitar 15% lebih di banding GT740M. Dalam beberapa skenario, angka ini bisa lebih tinggi saat di gunakan di beberapa aplikasi yang menuntut akselerasi VRAM seperti merender grafis atau video.

Temp
Kondisi temperatur pada Pegasus Ace sesaat setelah benchmark Unigine Heaven 4.0 (3x looping)

Untuk info lebih lanjut, pemmzholics bisa lihat langsung lihat video review di bawah ini.

Battery Benchmark
Power management yang telah terbukti ketangguhannya
Power management yang telah terbukti ketangguhannya

Kemampuan power management dari produk-produk Xenom memang tak perlu di ragukan. Begitupun pada Pegasus Ace 14 yang pemmz review kali ini. Dengan battery 4 cell yang di gendongnya, notebook ini mampu bertahan 123 menit dalam uji ketahan battery yang pemmz lakukan.

Upgrade Option

Upgrade Option
Upgrade Option pada Pegasus Ace

Seperti di singgung di bagian atas, upgrade option paling menonjol pada Pegasus Ace ini ada pada tersedianya slot m-SATA. Sangat jarang di temui produk kelas menengah yang memberi opsi ini, apalagi dengan kemampuan chip grafis yang cukup handal. Dua buah slot Memory yang mendukung kapasitas hingga 16GB juga bisa membantu meningkatkan performa secara signifikan, terutama mengurangi kemungkinan bottleneck. Lewat pengujian yang kami lakukan, konfigurasi dual channel mampu mengangkat performa system hampir 12% lebih pada skenario benchmark yang sama.

Dua access door yang mudah di akses untuk keperluan upgrade & maintenence.
Dua access door yang mudah di akses untuk keperluan upgrade & maintenence.

Accessible Door ini juga menjadi sales poin Pegasus Ace di banding notebook sejenis. Dengan kemudahan maintenence juga access ke komponen, tak ada notebook sekelas yang menyamai kemampuan ini. DI tambah, battery yang easy detachable layaknya notebook pada umumnya.

Namun yang perlu di perhatikan, seperti layaknya notebook lain yang menggunakan processor haswell seri ULV, RAM yang di syaratkan juga versi DDR3L.

Conclusion

Notebook jenis ini cocok sekali buat anda yang membutuhkan mesin gaming ringan. Bisa tetap anda andalkan untuk melanjutkan episode game yang tertunda (walau dengan setting low tentunya), dimanapun tanpa harus pusing adaptor anda tertinggal. Karena dari test yang kami lakukan, tanpa adaptor, GT745M masih bisa di ajak berjalan full load (testing with Battlefield 4).

Produk Sejenis

ASUS A451LB

Acer Aspire V5-472G

HP Pavilion 14-N038TX

Pros :
  • Tipis dan Ringan
  • Detachable Battery
  • M-Sata ready
Cons :
  • Panas di handrest sebelah kanan
Fair :
  • Non-Upgardeable CPU karena bersistem BGA.

Follow us @pemmz, facebook, slideshare

promo Aorus X7 DT GTX 10

20 COMMENTS

    • Gt740 pada a451lb memang 64-bit, dan jauh di bawah ini. Sedangkan gt640nya a46cb spesies langka tuh, 128-bit juga tapi gt745m ini lebih deket gt650m performanya.

  1. Ini dibanding asus x450jf mending mana ya?
    Katanya x450jf procie nya lebih unggul karena procienya bukan ulv apakah benar?

    • yap, benar. X450JF menggunakan standar voltage CPU dengan clock yang lebih tinggi. secara performa, tentu X450JF unggul, namun untuk portability, Ace 14 lebih baik.

    • aplikasi battery eat pro semacam simulasi gt bro. Ada 3 mode, yang kita pakai mode classic. 120 menit dalam mode classic setara dengan nonton video 720p plus all connection active.

    • Apakah mas bro membutuhkan durasi mobile? Kalau iya, Ace14 patut di pertimbangkan.
      Coba deh baca review X450JF, ngeluh battery semua cuma 4 cell infonya.
      Kelebihan lain, ACE14 punya m-SATA (mendukung RAID), juga battery detachable untuk kepentingan upgrade.
      Terakhir, ace 14 ada pilihan LCD HD+ (1600×900)

      • iya gan..saya memang sedang cari dan mengutamakan portability, tanpa mengesampingkan performance..
        ini pakai barebone clevo w840sn kan? saya baca di datasheetnya ada yang pake monitor full HD (1080p), kalau dari xenom nyediain upgrade monitor full hd ga?

    • Processor seri U di desain mengkonsumsi daya lebih sedikit bro, konsekwensinya clock speed harus di pangkas. Makanya lebih cocok untuk orang yang mementingkan daya tahan battery

Leave a Reply