Game ter-Hype sejak awal kehadirannya di bulan Maret lalu ini telah berhasil menunjukkan kebolehannya di mata para gamers dunia. Titanfall mengajak kita untuk bertempur di masa depan dengan bantuan robot mecha yang dinamakan Titan. Gameplay Titanfall sanggup menghadirkan pengalaman-pengalaman baru yang tak terlupakan. Setiap aksi super aktif didalam dunia Titanfall pastinya akan membuat PemmzHolics jadi addicted!  Penasaran kenapa? Simak lebih lengkap review TITANFALL versi pemmz berikut ini.

FPS Game Tidak Pernah Seunik Ini!

Banyak orang berpendapat jika Titanfall sangat mirip dengan seri Call of Duty, pendapat tersebut tidak bisa disalahkan, karena developer Respawn Entertainment sendiri diketuai oleh beberapa mantan Co-Founder Infinity Ward yang dipecat Activision pada 2010 lalu. Namun Respawn menyajikan game FPS ini lebih revolusioner, dimana tidak hanya aksi cepat dan headshot yang dibutuhkan, namun juga bagaimana Anda mengendalikan Titan anda.

titanfall-poster

Cerita dari Titanfall ini dimulai dari hadirnya perseteruan antara dua kelompok yaitu IMC dan Militia, di sebuah tempat bernama The Frontier. Walaupun game ini hanya tersedia dalam Online Multiplayer saja, namun PemmzHolics tetap dapat menyaksiakan jalan cerita melalui mode Campaign (tetap secara multiplayer online, dengan pemain lainnya).

TitanFall 2014-04-17 10-30-31-15

Titanfall membatasi ruang battle nya hanya untuk 6vs6 saja, berbeda dari game fps multiplayer kebanyakan seperti Battlefield atau Crysis. Walaupun begitu jangan takut merasa sepi di dalam game ini, karena map yang diusung kebanyakan berukuran kecil jauh dari map multiplayer game lain. Selain itu, situasi perang juga akan diramaikan dengan pasukan AI yang akan membantu setiap kubu nya. AI grunts ini memang tidak terlalu handal dalam membunuh musuh, tapi kehadirannya dapat membuat pertempuran semakin ramai dan mampu mengecoh pilot musuh.

TitanFall 2014-04-17 10-15-14-90

Kita sendiri akan bermain sebagai pilot dari Titan, dimana karakter kita dapat mengeluarkan aksi parkour, dengan berloncat-loncat kesana kemari dengan cepat, berjalan di tembok-tembok dan mengagetkan musuh. Hal ini karena pilot dilengkapi jet-pack untuk membuatnya lebih leluasa dan mampu bergerak super cepat. Bahkan penggunaan senjata sniper dalam Titanfall akan menjadi terasa sulit, karena kebanyakan pilot musuh beterbangan dan berlari dengan cepatnya.

TitanFall 2014-04-19 20-50-30-75

Sebagai pilot kita diberikan 3 jenis senjata yaitu Primary Weapon, Sidearm dan Anti-Titan Weapon. Primary Weapon terdiri dari Assault Riffle, Sniper, Machine gun, dan Shotgun. Sidearm terdiri dari berbagai jenis pistol, bahkan terdapat juga smart pistol MK5 yang mempunyai kemampuan unik untuk meng-autolock musuh, sehingga ketika beberapa musuh telah dikunci, anda dapat membunuh mereka dalam satu kali tembakan dan otomatis sampai dimusuh tanpa perlu mengarahkan aim sepenuhnya pada musuh. Lalu senjata jenis Anti-Titan terdapat Heavy Weapon untuk mengakibatkan damage yang besar pada Titan musuh seperti grenade launcher atau rocket launcher.

TitanFall 2014-04-19 20-50-32-25

Pilot juga akan memiliki skill active tambahan yaitu Tactical Ability dan juga Ordinance. Pada tactical ability terdapat Cloak, yang merupakan kemampuan untuk  menghilang, layaknya stealth mode pada game Crysis. Stim menghasilkan pilot boost sehingga movement speed dan regenerasi Health pada pilot akan lebih cepat. Kemudian Active Radar Pulse untuk memberikan kemampuan untuk melihat menembus dinding, agar dapat mengetahui posisi musuh dalam beberapa saat tertentu.

TitanFall 2014-04-19 20-50-37-93

Selain itu, pilot juga dilengkapi dengan kemampuan pasif yanitu Tier 1 Kit dan Tier 2 Kit. Pada Tier 1 Kit terdapat 6 jenis ability yang bisa dipilih yaitu Power Cell, Enhanced Parkour Kit, Explosives Pack, Run n Gun, Quick Reload Kit, dan Stealth Kit. Sedangkan pada Tier 2 Kit juga memiliki 6 ability yang bisa dipilih yaitu, Dome-Shield Battery, Dead Man’s Trigger, The Icepick, Minion Detector, Warpfall Transmitter dan juga Guardian Chip. Kombinasi pilihan diantara kedua Tier ini dapat mempengaruhi gaya permainan Titanfall anda.

3 kelas default juga telah disediakan Titanfall, setiap kelasnya memiliki loadout yang berbeda-beda yaitu, Assassins, CQB, dan juga Rifleman. Sedangkan 5 slot custom pilot loadout bisa kita unlock untuk membuat kombinasi senjata dan kemampuan yang kita inginkan.

TitanFall 2014-04-17 08-16-52-28

Selain dapat menghancurkan Titan dengan senjata Anti-Titan, pilot juga dapat meloncat ke punggung Titan musuh atau ber-rodeo, lalu akan muncul visual pilot sedang membuka mesin Titan, setelah itu tinggal kita tembaki terus menerus lubang yang dibuka tadi, hingga Titan doomed!

Rodeoed Enemy Titan

Lanjut ke pembahasan Titan yang merupakan bintang dari Review TITANFALL ini, robot mecha yang satu ini dilengkapi dengan berbagai senjata raksasa yang mampu menghabiskan Titan lainnya. Titanfall menghadirkan 3 tipe chassis body Titan yang mempunyai atributnya masing-masing. Pada Titan Atlas, memiliki kemampuan yang seimbang diantara speed dan defense, sedangkan Ogre memiliki pertahanan kuat namun pergerakannya lebih lambat, dan Stryder memiliki tubuh kecil untuk memaksimalkan pergerakan di area pertempuran.

TitanFall 2014-04-19 20-50-48-92

Senjata yang bisa digunakan para Titan diantaranya adalah Canon, Rocket Launcher, Machine Gun, Plasma Railgun, dsb. yang bisa diunlock setiap anda naik level. Layaknya pada pilot, Titan juga dilengkapi dengan ability aktif tambahan yaitu Tactical Ability dan Ordinance. Tactical ability memiliki Vortex Shield, Electric Smoke, dan Particle Wall.

TitanFall 2014-04-19 20-50-49-83

Vortex Shield berfungsi untuk menahan setiap peluru yang ditembakan dari musuh, kemudian peluru tersebut dapat dilemparkan kembali ke musuh, ability yang satu ini cukup menghasilkan damage yang besar jika mengenai musuh. Electric Smoke dapat membuat musuh bingung akan posisi anda, selain itu dapat juga di gunakan untuk membunuh pilot yang sedang ber-rodeo diatas Titan, sehingga dapat menggagalkan aksi pilot yang ingin mematikan Titan anda. Lalu pada ability Particle Wall, dimana Titan anda akan bisa mengeluarkan semacam dinding energi yang mampu menahan semua tembakan musuh, sehingga anda bisa dengan leluasa menembaki musuh namun tetap berlindung dibalik dinding ini. Sedangkan pada ability aktif Ordinance, Titan akan memiliki berbagai rocket launcher.

TitanFall 2014-04-19 20-50-55-42

Titan juga sama-sama dilengkapi dengan 2 ability pasif  Tier 1 Kit dan Tier 2 Kit. Tier 1 Kit memiliki 3 ability yaitu Regen Booster, Dash Quickcharger, dan Tactical Reactor. Sedangkan pada Tier 2 Kit terdapat Auto Eject untuk membuat pilot anda otomatis keluar dari Titan yang akan hancur, Survivor akan membuat Titan bertahan lebih lama saat sudah dalam keadaan doomed, Big Punch akan memperbesar damage melee Titan, Core Extender untuk membuat kemampuan Core Titan aktif lebih lama dan Core Accelerator membuat Core lebih kuat.

Walaupun game ini menghadirkan mode pertempuran dalam 2 skala berbeda yaitu sang pilot dan sang raksasa Titan, namun tidak pernah tampak seperti pertempuran yang tidak seimbang. Karena layaknya pertempuran Daud dan Goliath, tentunya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya, dan membuat permainan semakin mengagumkan.

Burn Card

Titanfall juga memiliki sebuah fitur unik yang dinamakan Burn Card. Dimana kartu yang bisa didapatkan selama permainan ini akan memberikan power / ability tertentu saat diaktifkan pemain, dan akan bertahan hingga pemain mati atau round berakhir. Setiap Round pada Review TITANFALL ini, pemain diijinkan untuk membawa 3 Burn Card saja, Burn Card tersebut diantara adalah abiliity untuk mempercepat waktu untuk memanggil Titan, Double XP, dan Cloak Permanent.

TitanFall 2014-04-19 20-46-53-96

Mode Game

Walaupun terdapat mode Campaign, PemmzHolics tetap harus memainkannya ssecara multiplayer online. Bedanya dari multiplayer biasa adalah pada saat Campaign mode, player akan disuguhi dengan dialog khusus / cutscene yang menceritakan plot pertempuran antara Militia dan IMC, seperti layaknya game-game lain. Ada 9 Campaign Chapter yang harus diselesaikan. 2 chassis Titan Stryder dan Ogre hanya bisa diunlock dengan menyelesaikan Campaign ini.

Pada inti mode permainan saat Review TITANFALL ini yaitu mode Multiplayer, terdapat 6 sub-mode yang bisa dipilih. Yaitu The Attrition, Last Titan Standing, Hardpoint Domination, Capture The Flag, Pilot Hunter, dan Variety Pack.

TitanFall 2014-04-17 08-18-23-58

Attrition adalah mode game seperti pada game FPS kebanyakan yaitu deathmatch mode, dimana tujuan kita hanyalah untuk membunuh berbagai jenis musuh mulai dari Pilot, Spectre, Grunt, dan Titan, semakin banyak membunuh semakin memperbanyak point untuk menang.Pada mode Last Titan Standing, kita akan spawn didalam Titan dan bertempur untuk menghabisi Titan lawan, jika kita mati maka tidak akan ada Titan pengganti, karena pemenang ditentukan dari Titan yang masih hidup dan berhasil membunuh seluruh Titan musuh. Mode Hardpoint Domination mirip dengan Conquest pada Battlefield, dimana pemain harus menguasai beberapa spot terus menerus untuk mendapatkan poin yang akan menentukan kemenangan team. Kemudian pada mode Capture the Flag yang tidak asing, dimana kita harus mengambil bendera musuh dan membawanya kemarkas untuk menambah poin kemenangan. Yang terakhir adalah mode Pilot Hunter, mode ini mirip dengan The Attrition, dimana point akan dihitung jika Anda membunuh pilot musuh saja, sedangkan membunuh grunt atau spectre tidak akan menambah point.

TitanFall 2014-04-17 10-13-13-45

Belasan map yang disiapkan Titanfall kebanyak berkutat di areal industry sci-fi yang membuat mata memandang dengan heran. Area pertempuran seperti terletak di planet gurun yang terkadang memiliki fauna nya tersendiri. Walaupun map nya tidak memiliki visual yang terlalu menakjubkan seperti Battlefield 4, Titanfall tidak memiliki pepohonan yang bisa ditumbangkan atau tanda kehancuran yang terlalu detail, namun lingkungan didalamnya disajikan penuh dengan bangunan-bangunan dan rute yang menarik untuk dimainkan, setiap map memiliki gaya permainannya tersendiri.

Dikembangkan dengan Engine Source, yang juga digunakan untuk pengembangan game Counter Strike, Respawn berhasil memkasimalkan grafis game ini dengan lighting yang indah dan efek detail yang lebih ringan. Pengalaman bermain game Titanfall ini sangatlah berbeda. Jika PemmzHolics telah bosan dengan game FPS multiplayer online sebelumnya, Titanfall akan membuat Anda berpikir dua kali. Titanfall telah berhasil merubah persepsi game FPS kali ini, dimana FPS games tidak sekedar mengutamakan headshot. Anda tidak akan membagi-bagi team anda ke berbagai role tertentu seperti recon, medic, atau support layaknya game Battlefield. Semua gamers bisa ikut serta dalam game Titanfall dengan gameplay yang mudah namun penuh dengan berbagai kejutan revolusioner.

TitanFall 2014-04-17 10-13-26-58

Kesimpulan

Review TITANFALL kali ini memberi kesimpulan bahwa Titanfall hadir dengan keseimbangan yang sempurna baik dari Titan, Pilot, dan Ability khusus yang tersedia didalamnya. Team Pemmz sendiri juga awalnya tercengang akan game FPS yang menyatukan dua skala berbeda ini namun tetap tampil seimbang.

Pilihan Respawn Entertainment dengan menghadirkannya dalam Multiplayer mode only, membuat kami berspekulasi “Akankah game ini akan menjadi pilihan untuk turnamen E-Sports dunia selanjutnya?”

TitanFall 2014-04-17 10-13-36-92

TitanFall 2014-04-17 10-13-54-39

Titanfall website

Follow us @pemmzfacebook, slideshare

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply