g430-gaming-headset-images2

Headset khusus gaming berkualitas audio Surround 7.1 kini merupakan komoditi utama bagi para gamers yang menginginkan performa permainannya diatas rata-rata. Logitech, sebagai perusahaan pembuat peripheral komputer ternama di dunia, juga berusaha menjawab kebutuhan para gamers dengan menciptakan varian gaming gears-nya. Gaming Headset Logitech G430 hadir dengan kualitas audio surround 7.1 namun dengan harga terjangkau yang dibawah rata-rata gaming headset 7.1 merek lain.

Sebelum memebaca artikel review nya lebih jauh, simak dahulu video reviewnya oleh Nixia berikut ini :

 

box

Unboxing

Box berwarna dasar hitam berpadu dengan warna biru muda, sesuai warna dari body headset, dilengkapi dengan gambar dari headset G430 sendiri di bagian covernya ini memiliki satu sisi yang dilapisi plastik mika transparan. PemmzHolics  dapat melihat langsung fisik headset dengan jelas tanpa perlu membuka segel box packaging. Di bagian belakang terdapat penjelasan fitur-fitur dari Logitech G430.

Setelah box dibuka, didalamnya bisa kita temukan headset G430, USB soundcard, dan lembaran Quick Start Guide.

IMG_9002

IMG_9033

 

Design
ear

Headset Logitech G430 memiliki design yang ergonomis dan simple, walaupun berwarna dominan hitam, paduan warna biru terang yang digunakan pada padding headband, lapisan busa earcup, dan pada kabel terlihat sangat eye-catching namun tidak serta-merta membuatnya nampak murahan.

Logo “G” yang menandakan produk gaming Logitech dilengkapi dengan lining berwarna biru senada, menghiasi bagian luar masing-masing earcup. Untuk body headset, Logitech G430 menggunakan bahan plastik yang membuat headset ini terbilang cukup ringan.

g430-gaming-headset-images

Driver yang digunakan pada tiap earcup G430 ini adalah berukuran 40mm. Bahan kain berwarna biru digunakan sebagai pelapis busa pada earcup, untuk menjamin kenyamanan ketika menggunakan headset berlama-lama. Busa pada headset ini juga dapat di copot-pasang untuk memudahkan pembersihan.

IMG_9031

Microphone terletak di sebelah kiri earcup yang bisa digeser keatas ketika tidak digunakan ini memiliki bahan rubber yang posisi ujungnya juga bisa dibengkokkan sesuai arah suara. Mic disini juga sudah dilengkapi dengan fitur noise-canceling untuk menghasilkan suara yang jernih. Jika Anda ingin me-mutenya cukup geser switch yang terdapat pada inline control di kabel. Inline control pada kabel ini juga memiliki fungsi untuk mengatur volume headset dengan mudah, dan dilengkapi pengait dibagian belakangnya, untuk mempermudah penempatan dan akses control.

IMG_9017

Kabel konektor analog sepanjang 2,3 meter yang digunakan G430 terbilang tipis namun dilengkapi dengan fitur braided yang menjamin ketahanannya.

Performa

Kami mencoba memakai headset ini untuk bermain games dan mendengarkan musik baik langsung dengan konektor analog maupun USB soundcard keduanya tidak memiliki perbedaan karakter audio. Untuk musik kualitas audio 7.1 yang dihasilkan cukup baik, musik dengan detail stereo dibuat lebih akurat dan mengagumkan dengan fitur surround ini. Saat bermain game FPS seperti Battlefield 4, G430 juga berhasil merilis posisi suara ledakan, tembakan dan berbagai efek lainnya secara detail dan tepat. Walaupun dirasa sedikit kurang mendalam pada sisi bass-nya, namun masih dapat memenuhi kebutuhan audio surround 7.1 bagi para gamers yang tidak terlalu membutuhkan headset yang sempurna.

Kualitas microphone juga baik, dan tidak terdapat gangguan apapun saat berkomunikasi voice chat in-game. Sayangnya maksimum volume suara headset saat menggunakan konektor USB menjadi cukup berkurang.

Lagipula, PemmzHolics juga bisa mengatur equalizer headset melalui software Logitech Gaming Software yang bisa langsung didownload di website Logitech, agar suara yang dihasilkan headset anda lebih sesuai selera.

 

Pros :

♦ Design Ergonomis

♦ Harga terjangkau

♦ Paduan warna yang atraktif

♦ Kualitas build tidak diragukan

♦ 7.1 Virtual Surround USB Sound Card

♦ Kualitas suara tidak mengecewakan

Cons :

♦ Volume suara berkurang ketika menggunakan USB Sound Card

featspecs

 

Similar Product

Genius GX Gaming Cavimanus

Follow us @pemmzfacebook, slideshare

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply