2014-03-14-image-1

Tampaknya AMD sedang bersiap-siap meluncurkan kartu grafis high-end terbarunya sebentar lagi karena mereka telah melemparkan teaser ke beberapa media minggu ini. Teaser-nya berupa amplop dengan tulisan ‘Top Secret” yang di dalamnya berisi gambar si penerima menjadi dua orang dengan tulisan “Wouldn’t you agree that two is better than one?”. (Setujukah Anda bahwa dua lebih baik daripada satu?). Di balik foto tersebut terdapat hashtag Twitter #2betterthan1.

christweet
Pesan “Top Secret” dari AMD kepada Tom’s Hardware

Teknik marketing yang digunakan AMD ini sepertinya bermaksud untuk memperkenalkan sebuah kartu grafis berinti ganda (Dual-GPU). Kita telah melihat Radeon HD 7990 dengan dua Tahiti GPU dalam satu board, jadi kemungkinan ini adalah dua Hawai dalam satu board.

VR-Zone melaporkan bahwa kartu grafis ini akan diberi kode R9 295X2 dan akan menggunakan dua buah kartu Hawaii XT, GPU sayng sama yang digunakan pada Radeon R9 290X. Rumor lain yang beredar adalah kartu ini akan menggunakan memori 8GB, sebuah heatsink berjenis air-cooling atau water-cooling, dan dua buah port PCIe 8-pin untuk power-nya.

Tidak ada kepastian kapan kartu grafis ini kapan dirilis, namun menurut gosip yang beredar kartu ini akan diluncurkan bulan April 2014. AMD juga akan hadir pada Game Developer Conference, minggu depan, dimana masa depan dari Mantle dan DirectX akan diungkap lebih lanjut, namun kita tetap dapat berharap sebuah peluncuran hardware dilakukan pada event ini.

Sumber

Leave a Reply