Review ASUS A451LB: Pengganti sang legenda A46CB + Tutorial Upgrade RAM

Sangat sulit menggantikan sebuah lini produk yang laku keras jika vendor tersebut tidak memikirkan apa yang jadi kekuatan pada produk tersebut. Nah, hal inilah yang sepertinya telah dipikirkan matang-matang oleh ASUS dalam menggantikan notebook yang sempat marak dipasaran ASUS A46CB dengan ASUS A451LB. Nah berikut review ASUS A451LB plus tutorial upgrade RAM yang seringkali ditanyakan.

Tim Pemmz sangat penasaran akan performa dari A451LB yang menggantikan ‘sang legenda‘ A46CB, maka dari itu Tim Pemmz menyempatkan diri untuk me-review notebook ini selengkap mungkin.

Desain

Desain yang dimiliki oleh A451LB tidak jauh berbeda dengan A46CB karena sama-sama masih bergaya clamshell sehingga masih memiliki kesan elegan dan kokoh sekaligus. Material yang digunakannya pun sama dengan saudara tuanya yaitu sebagian besar menggunakan plastic guna memperingan notebook ini.

LG Gaming Monitor Campaign

open

Walapun ramping notebook ini masih mempertahankan keberadaan drive DVD-RW pada sisi kanannya yang juga ditemani sebuah port USB 2.0, sebuah jack headphone 3.5-inci, dan card reader. Pada sisi kirinya terdapat 2 buah port USB 3.0, sebuah port HDMI, sebuah port LAN, sebuah port Kensington lock, dan sebuah jack adapter DC untuk keperluan charging.

Kanan - Kiri
Kanan – Kiri

Hanya terdapat tiga buah indicator LED pada sisi depan notebook ini, sehingga membuatnya semakin tampil minimalis. Pada bagian bawahnya Anda tidak akan menemukan slot untuk baterai karena A451LB menggunakan desain “Uni-Body” sehingga baterai langsung tertanam di dalam notebook ini.

Exhaust pembuangan panas berada pada sisi kiri bawah sehingga Anda tidak perlu khawatir tangan kanan Anda terkena imbas panas saat menggunakan mouse.

Hardware and Performance

LCD 14″ HD Color Shine (LED) res ( 1366 x 768 )
Processor Intel Core i7-4500U ( 1.8 Ghz up to 3.0 GHz Turbo Boost) / 4M – 2 CoresIntel Core i7-4200U ( 1.6 Ghz up to 2.6 GHz Turbo Boost) / 3M – 2 Cores
Graphic Nvidia GeForce GT740M 2GB
Memory 4 GB DDR3 ( 1600 Mhz )
HDD 1TB ( 5400 rpm )
ODD DVD Super Multi
Wifi 802.11 b/g/n
Bluetooth Bluetooth 4.0
Camera HD Web Camera
USB 2.0 Port 1x USB 3.0 , 2x USB 2.0
HDMI / E-SATA HDMI
Battery 4-cell Li-Ion 2950mAh
OS DOS
Free ASUS Bag yes (include inside box)

Spesifikasi dari hardware pada A451LB terbilang cukup menakjubkan jika kita melihat harganya yang tidak sampai 10 Juta Rupiah, Tim Pemmz menguji A451LB dengan beberapa program benchmark, berikut adalah beberapa hasil pengujiannya:

03-March-2014_15-45hdd
HDD Tune Pro 5.50
3dmark06c
3DMark 06
3dmark11c
3DMark 11
3dmarkvc
3DMark Pro
RE5c
Resident Evil 5
pcmarkc
PC Mark 7
Resident Evil 6
Resident Evil 6

Jika dilihat dari hasil pengujian yang dilakukan oleh Tim Pemmz, maka dapat dipastikan notebook ini sanggup menjalankan pekerjaan-pekerjaan kantor yang tidak membutuhkan performa grafis tinggi atau bermain game 3D ringan. Daya tahan baterai notebook ini terbilang cukup kuat, terlepas dari hasil Battery Eater Pro (menyusul), penggunaan A451LB untuk browsing dan pekerjaan office mampu bertahan hingga 5 jam non-stop.

Tim Pemmz berkesempatan melakukan ‘Disassemble’ pada A451LB untuk mengecek perubahan desain arsitektur dari ASUS. A451LB menggunakan sebuah memori RAM 4GB DDR3 integrated, namun tersedia sebuah slot kosong untuk keperluan upgrade memori yang akan dibahas oleh Tim Pemmz pada video di bawah ini:

Namun sangat disayangkan pada A451LB tidak tersedia slot mSata sehingga Anda tidak dapat menambahkan SSD guna menambah performa HDDnya.

Conclusion

Seperti ASUS telah berhasil menghasilkan sebuah produk penerus untuk A46CB yang sempat menjadi ‘Hype’ di pasaran. Desain serta perfoma yang disajikan oleh A451LB memang sangat memanjakan, belum lagi dengan harganya yang ramah di kantong. Namun dengan harga tersebut pastinya ada batasan yang harus Anda terima seperti hanya 1 slot DDR3 yang tersedia untuk keperluan upgrade dan tidak adanya slot mSata pada notebook ini.

Pros :

  • Performa 3D cukup baik dikelasnya
  • Body ramping – desain clamshell
  • Daya tahan baterai kuat

Cons :

  • Minim Opsi Upgrade
  • Komponen serba integrated

Similar Product

Xenom Pegasus Ace 14

Xenom Pegasus PS15SH

– Lenovo Z400

ASUS N46JV

Follow us @pemmz, facebook, slideshare