GDC

Belum lama ini AMD berhasil membuat ‘Hype’ di dunia gaming dengan meluncurkan Low-Level API yang mereka namakan Mantle. Namun sepertinya tidak butuh waktu lama bagi para ‘senior’ API yaitu Khronos Group (OpenGL) dan Microsoft (DirectX) menanggapi saingan baru mereka dari AMD tersebut. Seorang user dengan username “Dictator93” dari forum Neogaf telah membeberkan beberapa text dari katalog GDC 2014 (Game Developers Conference). Isi katalog tersebut (setelah ditranslasikan) adalah seperti berikut:

Datang dan saksikan bagaiman perubahan pada Direct3D akan membuat game next-gen akan berjalan lebih cepat dari sebelumnya!Pada sesi ini kita akan membicarakan perbaikan kedepannya pada Direct3D yang memungkinkan para developer mengontrol level hardware dan mengurangi rendering load CPU overhead pada ekosistem hardware.
Jika Anda menggunakan perangkat-perangkat grafis terbaru, midleware, atau engine pada game Anda dan ingin menciptakan pengalaman visual yang kaya dan memukau, pastinya Anda tidak ingin melewatkan pembicaraan ini.

DirectX telah digunakan hampir 20 tahun oleh para game developer untuk menyajikan game dengan grafis memukau dan cepat di dunia.
Walaupun begitu, Anda meminta kami memberikan lebih dari itu. Anda meminta kami untuk lebih mendekatkan Anda dengan hardware. Anda juga meminta kami alat yang lebih baik jadi Anda dapat ‘memeras’ performa PC, tablet, ponsel, dan konsol Anda sampai semaksimal mungkin.

Driver overhead telah menjadi masalah yang menjengkelkan bagi para developer game PC. Pada sistem desktop, driver overhead bisa menguranngi frame-rate, sementara pada mobile malah lebih parah karena juga bisa mennguras baterai. Pada sesi ini, Graham Sellers (AMD), Tim Foley (Intel), Cass Everitt (NVIDIA) dan John McDonald (NVDIA) akan membicarakan mengenai konsep tingkat tinggi yang tersedia bagi OpenGL untuk mengurangi driver overhead sampai dengan 10x lipat atau lebih. Teknik ini akan tersedia bagia semua vendor besar dan cocok untuk multi-platform. Sebagai tambahan, kami akan mendemonstrasikan teknik dan membandingkannya dengan yang lain.

Ketika perubahan ini terjadi, kira-kira akan seberapa efektif mereka berjalan, atau seberapa banyak mereka akan diadopsi oleh para developer? Kita tidak akan mengetahuinya sebelum GDC 2014 berjalan, jadi jangan kemana-mana!

Sumber

Follow us @pemmz, facebook, slideshare

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply