Bagi PemmzHolics pengguna Windows sebagai operating system pada desktop ataupun laptop nya, mungkin sudah pernah memanfaatkan fitur pengaturan window program yang satu ini untuk berbagai keperluan multi-tasking anda. Salah satu yang sering digunakan adalah dengan menempatkan 2 window di sisi kiri dan kanan layar sehingga anda dapat bekerja dalam 2 program sekaligus. Sebenarnya, ada 4 pengaturan window tersembunyi yang bisa kita temukan mulai dari versi Windows 7, mari kita lihat apa sajakah itu!

1. Aero Snap untuk window side-by-side 

ABC

Fitur Aero Snap ini akan membuat sebuah window mengambil setengah bagian kiri dan kanan dari layar anda secara otomatis, sehingga anda tidak perlu membagi, me-resize, dan memindahkan window secara manual lagi. Untuk mengaktifkan Aero Snap, cukup tekan tombol Windows dan tombol panah kiri atau kanan pada keyboard anda, maka window program yang sedang aktif akan berpindah dan mengisi sebagian layar sesuai perintah. PemmzHolics juga bisa mengaktifkan Aero Snap dengan mengklik window title bar, tahan klik sambil drag window tersebut ke ujung layar sebelah kiri atau kanan layar. Anda juga akan melihat sebuah preview transparan yang akan mencontohkan ukuran dan bentuk yang akan dihasilkan jika anda melepas klik window pada area tersebut.

2. Maximize, Restoring, Minimizing

Selain dengan mengklik icon Maximize atau Minimize yang biasanya ada di pojok kanan atas window, fungsi Maximize ini juga dapat diaktifkan dengan drag & drop window title bar ke bagian atas layar, ketika layar preview transparan muncul, lepaskan klik pada mouse dan layar window tersebut akan mengisi keseluruhan layar. Restoring, anda bisa mengembalikan ukuran window ke ukuran sebelum anda maximize dengan drag & drop window title bar dan melepas klik diluar area atas layar.

Sedangkan pada Keyboard Shortcut, PemmzHolics dapat menekan tombol Windows dan tombol panah atas ↑ untuk me-maximize window atau tombol Windows dan tombol panah bawah ↓ untuk mengembalikan window tersebut ke ukuran semula. Ulangi dengan menekan tombol Windows dan tombol panah bawah ↓ untuk me-minimize window ke taskbar.

3. Cascade, Stack, atau Tile window

Jika PemmzHolic meng-klik kanan pada taskbar, anda akan melihat 3 pilihan window management yaitu Cascade windows, Show windows stacked, dan Show windows side by side. Opsi Undo juga akan hadir setelah anda mengaktifkan salah satu dari 3 pilihan tersebut.

taskbar

Fitur Cascade window akan membuat seluruh window yang terbuka tampil berurutan (cascade), sehingga Anda hanya bisa melihat setiap judul window dengan jelas.

cascade

Kemudian fitur Show windows stacked , akan membuat tampilan window yang terbuka akan bertumpuk dari atas ke bawah, tanpa menutup tampilan tiap window-nya. Bagi anda yang memiliki layar lebar mungkin kurang cocok karena tampilan tiap window menjadi pendek, namun siapa tahu PemmzHolics membutuhkan fungsi ini di suatu kesempatan.

stack window

Yang lebih menarik dan banyak berfungsi mungkin fitur yang satu ini, Show windows side by side. Dengan mengklik pilihan ini Windows akan otomatis mengatur setiap window yang terbuka untuk mengisi semua area pada layar anda secara berdampingan dari kiri ke kanan. Mirip seperti Aero Snap namun kali ini anda bisa membuka 3 layar atau lebih sekaligus. Bagi anda yang memiliki layar lebar (wide) hal ini akan sangat berguna untuk aktifitas multitasking anda yang setiap windownya tidak dapat anda tinggalkan dari pandangan mata.

4. Mengatur posisi window melalui Task Manager

Sayangnya fitur pengaturan window melalui task manager ini telah dihilangkan dari versi Windows 8, sehingga PemmzHolics tidak bisa menjalankan trik berikut pada Windows 8.

tile-vertically-or-horizontally-from-task-manager

Anda bisa membuka Task Manager dengan shortcut keyboard tombol Ctrl+Alt+Del atau Ctrl+Shift+Esc. Pilih Windows menu pada Task Manager lalu anda bisa memilih Tile Horizontally atau Tile Vertically. Uniknya, opsi ini mengaplikasikan tampilan tiap window dengan cara yang berbeda daripada opsi yang ada pada taskbar. Tampilan tile pada kedua opsi disini mengijinkan window yang terbuka sebanyak-banyaknya tampil di layar anda.

taskmanager

Pada tab Applications anda bisa mengatur pilihan window apa saja yang ingin di tampilkan secara tile. Setelah memilih window, tinggal klik kanan dan pilih opsi Tile yang diinginkan, vertical atau horizontal.

Beragam fungsi diatas mungkin memang jarang kita gunakan dalam aktifitas sehari-hari di depan komputer, kecuali fitur Aero Snap yang terbilang banyak dimanfaatkan pengguna Windows. Fitur Tile dsb, bisa saja sangat berguna apalagi jika PemmzHolic memiliki layar berukuran besar, sehingga semua window akan terlihat bersamaan dan anda tidak akan pernah terlewatkan tampilan setiap window yang penting.

Semoga trik dari Pemmz Workshop kali ini bermanfaat bagi anda dan terus follow kami di berbagai social media :  @pemmzfacebook, slideshare

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply