Seperti yang kita ketahui brand Genius adalah pemain lama dalam dunia IT. Sejak kecil kita sudah tahu apa itu Genius, ya mereka terkenal sebagai produsen Mouse, Keyboard dan aksesoris PC lainnya. Nah, kali ini Tim Pemmz kedatangan produk gaming headset dari Genius yaitu seri GX-Gaming Cavimanus virtual 7.1 Channel. Pemmzholic pastinya ingin tahu seperti apa dan bagaimana performa gaming headset dari Genius ini bukan?

Specification

Headset

Driver unit dimensions : 40mm
Driver unit material : Neodymium
Frequency response : 20Hz ~ 20KHz
Impedance : 32 ohm
Sensitivity : 95dB
Cable length : 2.5 meters

Microphone

Sensitivity : -39±3 dB
Directivity : Unidirectional
Frequency response : 100Hz~10KHz

What’s In the Box of GX-Gaming Cavimanus

Desain cavimanus

Paket penjualan GX-Gaming Cavimanus yang disediakan oleh Genius terlihat sangat standar untuk skala gaming headset virtual 7.1. Genius hanya menyediakan Headset, CD driver dan software, buku manual dan dus. Tidak ada ear cushion cadangan di sini.

Desain

Desain yang ditawarkan Genius terbilang cukup premium walaupun sebagian besar materialnya diselimuti oleh plastik glossy yang akan meninggalkan sidik jari Anda di sekujur body-nya.

IMG_4043

Ketika kami mencoba menggunakan GX-Gaming Cavimanus, kesan pertama yang kami dapatkan adalah kokoh dan kuat, pantas saja, wajar menurut kami jika Genius tidak menyediakan ear cushion cadangan untuk headset ini karena ear cushion yang diberikan terbuat dari material UV-coated yang tebal. Namun semakin kuat produk pasti akan semakin berat, dan benar Cavimanus memang terasa sedikit berat saat digunakan.

Feature

Paket penjualannya yang terlihat standar sama sekali tidak mencerminkan fitur-fitur lengkap yang ada pada gaming headset GX-Gaming Cavimanus. Sebut saja Virtual 7.1 surround channel, Vibration, Unidirectional microphone, dan Gold-plated USB connector.

Fitur

CD driver yang diberikan juga membawa sebuah software untuk keperluan konfigurasi gaming headset ini. Software dari Genius ini terbilang cukup lengkap, Dengan software ini Anda bisa mengubah jumlah Channel, fitur 7.1 Surround, Sound Effects, Environment Size, sampai fitur Karaoke dan Magic Voice.

software

Performance

Kami mencoba GX-Gaming Cavimanus terlebih dahulu dengan driver bawaan Windows pada notebook Alienware M17 untuk mendengarkan musik, hasilnya suara yang disajikan cukup baik dari segi bass namun dari sisi treble gaming headset ini kurang memberikan detail yang memuaskan. Setelah itu baru kami mencoba menginstal driver yang disediakan oleh Genius, alhasil suaranya mendapatkan sedikit perbaikan dan dengan mudah kami dapat mengoptimalkannya dengan software yang disediakan oleh Genius.

IMG_4037

Jika performa suara untuk musiknya terbilang mediocre namun tidak dengan performa saat bermain game. Kami mencoba gaming headset ini pada game Battlefield 3, Crysis 2 dan Tomb Raider. Suara ambient, ledakan, tembakan dan detail-detail lainnya dapat disajikan dengan baik terlebih jika Anda mengaktifkan fitur vibration-nya yang semakin membawa Anda terhanyut ke dalam permainan. Anda dapat dengan mudah menemukan musuh Anda dengan fitur virtual 7.1 Surround pada GX-Gaming Cavimanus, jadi tidak ada lagi yang namanya backstab.

Conclusion

Jika Anda mencari sebuah headset yang kokoh sekaligus berdesain premium untuk gaming mungkin Anda bisa memasukkan GX-Gaming Cavimanus ke dalam daftar Anda. Namun Jika Anda termasuk gamer yang bermain selama berjam-jam nonstop mungkin Anda akan mempertimbangkan headset gaming yang lain karena gaming headset dari Genius ini sedikit berat. Suara yang dihasilkannya terbilang sangat mumpuni jika berkaitan dengan gaming namun Anda harus mengkonfigurasinya lebih dalam lagi jika digunakan untuk mendengarkan musik. Mengingat semua fitur yang disajikannya, bandrol harga sekitar 770 ribu Rupiah membuatnya sangat layak untuk didapatkan.

Pros :

  • Harga terjangkau untuk Gaming Headset Virtual 7.1 Surround
  • Fitur Vibrate
  • Material Kokoh

Cons :

  • Paket Penjualan Standar
  • Sedikit Berat

Follow us @pemmz, facebook, slideshare

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply