MSI_GT60_3KEdition

Overview

Di pasar LCD TV, saat ini mungkin resolusi 4K sudah bukan barang baru. Tapi di industri LCD monitor komputer, pengaplikasiannya masih sangat jarang, terutama di Indonesia. Nah, kali ini, tim Pemmz ingin coba memberikan sebuah alternatif notebook gaming yang sudah membekal Resolusi layar setingkat di atas full-HD, yakni yang terkenal dengan sebutan resolusi 3K (2882×1620 pixel). Pertanyaan pertama yang timbul tentu saja manfaat resolusi ini selain mengejar resolusi setingkat di atas Full-HD pada game-game modern. Karena kita membeli sebuah notebook dengan spesifikasi high-end pasti mengharap benefit lebih dari sekedar kemampuan gaming.

<

MSI GT60-2OC 3K Edition

MSI GT60 series seperti kita ketahui merupakan produk Gaming MSI dengan spesifikasi high-end berukuran panel LCD 15.6″. Nah, versi 3K ini adalah opsi yang mungkin lebih banyak di cari oleh golongan arsitek daripada gamers. Memang, beberapa game jadi lebih bagus tampilannya di resolusi 3K, sayangnya preset display harus mengalah untuk turun ke medium bahkan low. Untuk itulah, review kali ini kita fokuskan pada benefit yang mampu di berikan sebuah notebook dengan sales poin utama layarnya yang beresolusi tinggi.

Sales Package

Sales packaging & bonus.
Sales packaging & bonus.

Karena memang masuk G-Series, bundling yang di dapatkan saat membeli MSI GT60 3K edition tetap berbau gaming. Tak hanya 1, anda akan mendapatkan dua buah game selama promosi, Metro 2033 seperti yang tercetak di kemasan luar dan tambahan game Batman Arkham City di dalamnya. Selain itu, backpack khas G-Series, mouse dan mousepad juga berhak anda bawa pulang bersama notebook yang tersedia dalam dua pilihan GPU ini, Geforce GTX780M dan Geforce GTX770M.

Design

Design MSI GT60-2OC 3K
Design MSI GT60-2OC 3K

Kecuali tambahan mini DisplayPort menggantikan D-Sub VGA, seluruh Design GT60 3K edition tak ada yang berbeda dengan seri GT60 yang lain. Termasuk shortcut di atas keyboard yang semua fungsinya sama.

Display Panel

Panel LCD 3K, sayang tipe glare
Panel LCD 3K, sayang tipe glare

Poin ini yang di jual oleh MSI lewat GT60-2OC 3K. Dan memang, baru MSI yang mengeluarkan sebuah Laptop 15.6″ dengan LCD beresolusi 3K. Segmented memang, tapi sebagai info, pemmZHolics yang menaruh inquiry atas jenis notebook seperti ini cukup banyak. Alasannya, tentu ruang kerja di monitor yang lebih luas. Dan ini terbukti sangat membantu. Tim sendiri belum mendapat info produsen LCD yang produknya di pakai oleh MSI GT60 3K edition ini. Berjenis IPS dengan resolusi 2880 x 1620, panel LCD GT60 3K edition ini memiliki kerapatan 220 PPI (Pixel Per Inch) yang masih cukup bersahabat dengan keadaan mata normal manusia. Sebagai andalan para design grafis, tentu kualitas output warna yang real sangat  diharapkan. spesifikasinya adalah sebagai berikut

Untuk memproduksi 4.7 juta pixel (2x lipat lebih dari standar LCD full-HD), sangat-sangat di butuhkan kekuatan VGA yang tinggi. Kebetulan yang kami preview versi yang menggunakan Geforce GTX770M. Terasa kurang memang, saat rasa ingin tahu seperti apa tampilan sebuah game yang berjalan di resolusi 3K mencuat. Kami mencobanya dengan Crysis 3 yang memang menawarkan resolusi in-game hingga 2880 x 1620 pixel. Dengan performa sebuah GTX 770M, GT60 3K edition ini hanya mampu memberi FPS rata-rata 13fps di preset Medium, berat . . sangat berat.

NVIDIA Surround technology

multimonitor

Teknology Nvidia Surround tidak sama system requirement-nya dengan 3D Surround System. Khususnya di notebook, teknology Nvidia Surround System ini pertama kali di adopsi oleh MSI GT60 3K Edition. Hal ini Dengan 2 buah mini Display Port dan sebuah HDMI 1.4 port, obyek display bisa di transfer ke luar notebook hingga ke 3 monitor sekaligus dalam mode One Aplication-Multiple Display atau Multiple Aplication Multiple Display. Dan untuk resolusi maksimal dari teknologi Surround System ini adalah 5760 x 1080 (3xFHD).

Connectivity

Yang berubah hanya hilangnya port D-Sub berganti dengan mini display port.
Yang berubah hanya hilangnya port D-Sub berganti dengan mini display port.

Upgrade Option

Inside GPU

Yang paling menonjol dari sisi upgrade GT60 Series adalah jumlah slot RAM dan kemudahan upgradenya. Sengaja, pihak MSI mengosongkan dua slot di bagian bawah notebook untuk di kemudian hari penggunannya menambah RAM. Hal ini seharusnya menjadi standar notebook high-end yang menyediakan SKU bervariasi. Sehingga memberikan nilai plus yakni kemudahan upgrade di sisi pelanggan.

GPU

Seperti yang pemmz singgung sedikit di atas, MSI GT60 3K version di rilis dalam dua versi GPU,  Geforce GTX770M dan Geforce GTX780M. Bisa di analogikan, seri ini upgrade-able hingga ke bagian GPU-nya. Seperti MSI G-Series versi sebelumnya, GPU card pada MSI GT60 3K version ini juga menganut interface MXM 3.0 yang sama dengan Alienware ataupun Xenom.

Cooler Booster 2, masih mumpuni untuk platform Haswell dan geforce seri 7
Cooler Booster 2, masih mumpuni untuk platform Haswell dan geforce seri 7

Jika di lihat design heatsink juga teknologi Cooler Boost II yang di gunakan, tak terdapat perubahan dari seri GT60 versi FHD ataupun versi dengan platform Ivy-Bridge (2OC), mungkin di karenakan panas komponen CPU + GPU tak jauh berbeda, atau bahkan lebih dingin dari platform generasi sebelumnya. Namun jika memperhitungkan pengguna yang memaksimalkan kegiatan komputasi mereka pada resolusi tertinggi, otomatis CPU dan GPU akan di paksa lebih keras bekerja, dan ini berkorelasi dengan full load temperature. Saat pengujian, temperatur yang di tunjukan oleh aplikasi HWMonitor x64 berkisar 45 ~ 98’C saat menjalankan game dengan resolusi 3K.

Storage
Super RAID 3 Performance
Super RAID 3 Performance

Seperti juga versi non-3K, semua GT60 dengan platform Haswell di bekali super RAID II yang menggabungkan 3 buah m-SATA SSD secara RAID. Konfigurasi ini menghasilkan throughput rate hingga 1500mbps dimana sebuah SSD SATA 3 2.5″ hanya mampu memberi kecepatan maximal throughput 550mbps, artinya benar-benar mampu memberi kenaikan performa hingga 3x lipat. Sayangnya, bagi anda yang tidak memerlukan performa storage sekencang ini, belum ada SKU GT60 yang hadir tanpa Super RAID II.

Conclusion

Resolusi layar sebesar ini memang paling cocok untuk para seniman yang senang berkreasi dari awal (contents creation) namun concern dengan konsumsi daya. Thanks MSI sudah memberi solusi mobile bagi banyak artis yang juga ingin selalu mobile. Bagi gamers? Walau resolusi 3K pada MSI GT60 belum bisa di manfaatkan secara maksimal sebab kemampuan hardware versi mobile yang terbatas, namun untuk beberapa genre games yang membutuhkan view ekstra luas seperi Flight Simulator X dan game-game simulasi lain, akan sangat terbantu. Di tambah lagi notebook ini sudah mendukung Nvidia Surround yang bisa anda manfaatkan untuk menambah ekstra view dengan bantuan eksternal monitor.

Follow us @pemmz, facebook, slideshare

promo Aorus X7 DT GTX 10

1 COMMENT

Leave a Reply