white computer keyboard with the red button help

PemmzHolics pernahkah anda mengalami problem pada komputer Anda yang tidak Anda mengerti penyebabnya? sedangkan teknisi atau teman Anda yang mengerti komputer tidak ada ditempat yang sama? Atau justru Anda sendiri yang seringkali dimintai bantuan oleh kerabat atau keluarga Anda untuk memperbaiki masalah komputer mereka, namun Anda juga sedang diluar rumah? Sekarang ini Anda tidak perlu pusing lagi, karena asal ada koneksi Internet, Anda sudah bisa mengakses komputer secara remote dan membantu menyelesaikan masalah pada komputer tersebut.

Program atau aplikasi remote desktop support banyak tersedia di internet untuk dapat kita unduh dan gunakan, namun kali ini Pemmz hanya akan memberikan pilihan terbaik yang bisa PemmzHolics manfaatkan lebih mudah.

<

1. Team Viewer

fff
Program yang satu ini sepertinya sudah banyak dikenal dan digunakan. Terdapat beberapa cara untuk menggunakannya, cara yang tercepat adalah client pengguna cukup mendownload TeamViewer QuickSupport application, dimana pengguna tidak perlu repot menjalankan proses instalasi, cukup double click file yang di-download tersebut. Lalu pengguna akan mendapatkan session ID dan password yang bisa diberikan kepada orang yang akan membantu mengakses komputer anda.

ggg

Anda juga bisa memilih setting Unattended Access pada TeamViewer versi full client. Dengan setting ini Anda bisa dengan mudah mengakses sebuah komputer tanpa harus menggunakan password atau konfirmasi remote dari komputer lain, selama komputer tersebut dalam posisi menyala. Hal ini sangat berguna untuk anda yang ingin mengakses komputer yang ditinggal dirumah ketika anda sedang bekerja di kantor. Segala proses maintenance atau perbaikan bahkan file transfer juga bisa dilakukan disini.

Selain itu, Team Viewer juga mendukung berbagai platform, sehingga Anda bisa mengerjakan dan mengakses komputer Mac atau mengakses komputer Windows melalui komputer Linux. Atau bahkan Anda bisa melakukakan remote access dari perangkat smartphone Android atau iOS anda.

2. Windows Remote Assistance

Windows sendiri telah memiliki fitur Remote Assistance untuk mempermudah penggunanya dalam mendapatkan bantuan dari orang lain. Walaupun hanya dari Windows versi Professional saja yang dapat me -remote access komputernya, namun ini merupakan salah satu pilihan tercepat saat membutuhkan bantuan troubleshoot untuk PC anda, karena penggunanya yang mungkin kurang terlalu paham akan komputer menjadi tidak perlu lagi susah menginstall program seperti TeamViewer.

eee
Trik mencari Windows Remote Assistance di Windows 8

Untuk menjalankan program ini, sampaikan kepada orang yang ingin anda remote access untuk meng-klik Start Menu (Windows 7) dan ketikkan Remote Assistance, lalu tekan Enter. Atau bisa juga dicari melalui klik Start – All Programs – Maintenance – Windows Remote Assistance. Pilih “Invite someone you trust to help you” lalu klik Easy Connect, untuk mendapatkan password.

ddd

*Catatan : pilihan Easy Connect tidak selalu tersedia, sehingga komputer yang ingin mengakses remote harus membuat invitation file melalui Windows Remote Assistance dan mengirimkannya ke komputer yang ingin di remote.

Setelah komputer yang ingin di remote menerima koneksi anda, maka anda sudah mulai bisa meng-kontrol desktop mereka secara remote sehingga anda dapat memulai proses perbaikan mulai dari membersihkan file virus, menghapus toolbar, atau berbagai problem yang terjadi pada komputer tersebut.

Sayangnya Windows Remote Assistance ini tidak bisa dijalankan jika tidak ada orang lain di komputer yang akan di remote, karena orang tersebut harus memberitahukan password dan menerima koneksi dari anda secara manual.

3. Chrome Remote Desktop

iii

Browser milik Google yang satu ini juga memiliki fitur Remote Desktop, cara kerjanya tentu saja Google Chrome Browser harus terinstall di kedua komputer. Install aplikasi Chrome Remote Desktop pada kedua browser. Jalankan aplikasi tersebut dan klik “Enable remote connection” agar komputer dapat di remote.

aaa

Lalu akan muncul Access Code yang dapat diberikan ke orang yang ingin mengakses komputer anda. Anda juga dapat mengatur PIN agar dapat memiliki akses koneksi antar komputer yang permanen tanpa harus memasukkan Access Code berulang kali.

bbb

Sepertinya hanya 3 program diatas yang terbilang ideal untuk digunakan sebagai pembantu remote access antar komputer, program lainnya seperti Skype, LogMeIn, VNC Server, ataupun Windows Remote Desktop Connection memang juga menyediakan fitur remote access namun menurut kami tidak se-simple dan senyaman program lainnya diatas. Karena seringkali banyak memiliki requirement yang membingungkan bagi pengguna komputer awam.

Follow us @pemmz, facebook, slideshare

1 COMMENT

  1. All the above mentioned tools are good but they are hosted services. I prefer using on premise deployment solutions such as RHUB remote support servers b/c it gives you better security and provides maximum customization as per your needs.

Leave a Reply