Review New Lenovo IdeaPad Y410P – Saat Performa dan Harga “Bersahabat”

Sejumlah request untuk mereview versi terbaru dari seri Lenovo IdeaPad Y410P membuat tim Pemmz penasaran, apa sebenarnya yang dibawa Y410 selain harganya yang cukup menarik. Karena dari pantauan Pemmz, tipe ini cukup laris di pasar mobile gamers. Lalu apa pula fitur-fitur baru yang di bawa Lenovo IdeaPad Y410P dibanding saudara tuanya IdeaPad Y400. Sebagai informasi, Pemmz pernah mereview seri Y500 yang sudah menggunakan GT750M namun masih membekal CPU Intel seri ke 3 Ivy-Bridge.

<

Sales Package Lenovo IdeaPad Y410P

IMG_0589

Design & Specification

LG Gaming Monitor Campaign

Design 1

Sepertinya Lenovo lebih fokus pada internal hardware dari pada meriset ulang barebone casing. Jadi Pemmz anggap, tak perlu terlalu mendalam membicarakan design casing Lenovo IdeaPad Y410P ini.

IMG_0613

Lenovo IdeaPad Y410P masih mengusung barebone casing dengan konsep serupa dengan seri terdahulu, hanya saja mendapat tambahan tekstur carbon pada sekujur casing Y410 terbaru ini hingga ke bottom case. Pemmz akui, update yang simple, namun cukup mempesona, setuju?. Karena identik dengan kesan dove, teksture karbon pada Lenovo IdeaPad Y410P baru ini lebih meminimalisir efek fingerprint yang sangat dominan pada design sebelumnya.

IMG_0607

Untuk spesifikasi, hal besar yang di upgrade adalah bagian CPU dan chipset. Lenovo IdeaPad Y410P yang kami review kali ini dibekali processor Intel core i7 generasi ke 4 seri 4700MQ dengan kecepatan hingga 3.4GHz. Seperti kita ketahui, processor ini menawarkan sekitar 8-10% peningkatan performa dari seri terdahulu seperti core i7 3630QM. Untuk sisi RAMnya, Y410 di selipkan sekeping RAM berkapasitas 8GB dengan speed 1600MHz. Masih tersedia sebuah slot Dimm untuk di tambahkan RAM tambahan jika di perlukan.

Display

LCD

Tak seperti beberapa pesaingnya, Lenovo IdeaPad Y410P tetap konsisten dengan layar beresolusi HD (1366 x 768). Info dari onlineshop official, IdeaPad Y410 tersedia dengan pilihan LCD beresolusi HD+ (900p), namun seri tersebut belum tersedia hingga saat ini. Sepertinya, panel yang digunakan juga masih sama dengan seri terdahulu. Berjenis glare yang sangat sensitif terhadap cahaya. Untuk pengalaman gaming terbaik, lebih baik jangan coba-coba bermain di luar ruangan pada siang hari.

Workstation

IMG_0593

Design keyboard yang satu banyak sekali menarik perhatian pengguna notebook gaming. Bahkan banyak yang berandai-andai ada pabrikan peripheral pihak ketiga yang bisa membuat keyboard sejenis untuk di pasangkan pada notebook mereka (universal). Warna merah menyala yang mengelilingi tiap tuts nya membuat Lenovo IdeaPad Y410P series terlihat makin garang, apalagi saat backlit menyala. Dibalik tampilannya yang mencolok, keyboard ini cukup nyaman di ajak berkerja, mungkin karena di selipkan teknologi AcuType khas Lenovo.

Fn Key

Backlit pada Lenovo IdeaPad Y410P bisa di atur intensitasnya seperti halnya Xenom Siren dan Gigabyte P34G. Tersedia opsi “off”, “50% dan “100%. Opsi ini bisa di atur lewat kombinasi tombol Fn dan spasi. Dan seperti mengatur backlit, semua aktifasi feature mengandalkan kombinasi tombol Fn tanpa satupun tombol shortcut. Untuk touchpad Lenovo IdeaPad Y410P pemmz nilai sangat nyaman, mampu menemani aktifitas komputasi sudah mendukung multigesture

Konektifitas

Y410p-connectivity pemmz
Untuk port dan connectivity pada Y410 baru tak ada yang berubah, masih serupa seri sebelumnya.

Yang paling menonjol dari deretan interface pada Lenovo IdeaPad Y410P adalah sebuah USB port berwarna kuning yang menawarkan kemampuan mencharge battery gadget anda lebih cepat. Prinsipnya hampir sama dengan fitur USB charging pada notebook lain, dengan menancapkan kabel USB ke port ini, battery gadget pengguna akan tetap terisi sekalipun Y410 dalam kondisi shutdown. Selebihnya, I/O port dan konektifitas pada Y410 terbilang standar. eSATA USB combo absen pada notebook ini, menjadikannya hanya memiliki 3 buah USB port.

Temp 2
GPU lebih kencang, tapi temperatur juga kencang “naik” nya.

Lenovo IdeaPad Y410P juga mempertahankan dimensi lubang exhaust dari design sebelumnya. Secara logika, seharusnya tidak ada masalah mengingat komponen CPU dan GPU yang lebih baru dan menawarkan temperatur yang lebih dingin. Tapi hasil test sedikit berbeda, panas komponen terutama CPU cukup menghawatirkan karena tembus 93°C. Angka setinggi ini mewajibkan anda memakai Notebook Cooler jika masih sayang “nyawa” ;D.

Upgrade Option Lenovo IdeaPad Y410P

1. 2 x Dimm Slot up to 16GB / 1600MHz (2x8GB) 2. M.2 Slot untuk mSATA SSD model baru 3. Ultrabay Interface untuk tambahan HDD caddy atau 2nd GT750M for SLI. 4, Heatsink.
1. 2 x Dimm Slot up to 16GB / 1600MHz (2x8GB)
2. M.2 Slot untuk mSATA SSD model baru
3. Ultrabay Interface untuk tambahan HDD caddy atau 2nd GT750M for SLI.
4. Design Heatsink dengan penampang heatpipe cukup lebar.

Seperti sedikit di singgung di bagian spesifikasi, Lenovo IdeaPad Y410P memberikan beberapa opsi upgrade komponen untuk meningkatkan performa sistem. Poin pertama adalah RAM yang upgradeable hingga 16GB (2 x 8GB). Kedua, pengguna bisa menambahkan sebuah m-SATA SSD dengan jenis M2 untuk mempercepat proses loading aplikasi juga transfer baca dan tulis data. Sayangnya, m-SATA berinterface M2 masih sangat jarang di pasaran. Sesuai spesifikasi pabrikan, Y410 bisa anda pasangkan sebuah storage m-SATA SSD hingga kapasitas 1TB.

Performance

Synth Benchmark

GTX765M vs GTX760M vs GT750M GDDR5 vs GT750M GDDR3 vs GT740M
GTX765M vs GTX760M vs GT750M GDDR5 vs GT750M GDDR3 vs GT740M

Pada tabel di atas, Lenovo IdeaPad Y410P mewakili Geforce GT750M GDDR5. Dan bisa di lihat hasilnya, pada benchmark sintesis performa GT750M dengan GDDR5 jauh lebih perkasa dari GT750M dengan GDDR3. Bahkan di beberapa pengujian hampir mengejar performa sebuah GTX760M yang dalam perbandingan di atas di wakili oleh MSI GE40-2OC. Secara persentase rata-rata, GT750M GDDR5 unggul sekitar 15-22% di banding GT750M GDDR3, cukup lumayan bukan?

Battery Performance

Battery Benchmark

Untuk ukuran notebook 14″ apalagi resolusi HD, konsumsi dayanya terbilang cukup boros jika di banding Xenom Pegasus dengan spesifikasi yang hampir mirip saat kami uji. Alasan utama tentu konsumsi daya VRAM GDDR5 sedikit lebih banyak di banding GDDR3, konsekwensinya pengguna dapat kecepatan yang lebih baik. Selain itu, spesifikasi battery yang di bawa oleh IdeaPad Y410

Conclusion

IMG_0619

Lenovo IdeaPad Y410P sendiri oleh Lenovo di posisikan bukan sebagai produk gaming sebenarnya, melainkan produk multimedia dan harusnya berkompetisi melawan ASUS N series. Di indonesia, seri-seri IdeaPad sendiri lebih akrab dengan seri notebook office dan low end. Tapi range harga dan spesifikasi Y series, sangat layak di sandingkan dengan notebook-notebook gaming menengah seperti Xenom Pegasus dan ASUS N series terbaru.

Shield

Dengan sebuah GT750M versi GDDR5, jelas Lenovo punya sales poin yang layak di incar. Kemampuan nya lebih kencang sekitar 10% pada test real world gaming dibanding versi GDDR3 yang banyak di aplikasi Notebook gaming menengah kebanyakan. Opsi upgradeable di area storage memang menjanjikan, namun bukan untuk saat ini, karena seperti di singgung di atas, m-SATA jenis M2 masih langka di Indonesia. Untuk ukuran yang cukup tebal sekitar 1,3″, airflow dalam Y410 cukup buruk, hal ini di tenggarai oleh dust shield yang malah membatasi pergerakan udara segar dalam notebook.

Lenovo IdeaPad Y410P cocok untuk anda yang terkendala dengan budget, sayangnya, Lenovo IdeaPad Y410P yang beredar disini tidak tersedia versi core i5 nya. Jadi mau tidak mau, versi i7 yang jadi pilihan. Tapi untuk ukuran notebook core i7 plus GT750M GDDR5 dengan harga 10-juta-an, Y410 memang sangat menggiurkan.

Pros :

  • – GT750M versi GDDR5
  • – Carbon texture
  • – m-SATA slot
  • – Backlit keyboard
  • – Dual GPU ready (Nvidia SLI from manufacture)

Cons :

  • – Panas
  • – Posisi Activity Indicator kurang informatif

Fair :

  • – No easy Accessible to CPU
  • – Port USB hanya 3 buah

Similar Product

Follow us @pemmz, facebook, slideshare