Sejumlah request untuk mereview versi terbaru dari seri Lenovo IdeaPad Y410P membuat tim Pemmz penasaran, apa sebenarnya yang dibawa Y410 selain harganya yang cukup menarik. Karena dari pantauan Pemmz, tipe ini cukup laris di pasar mobile gamers. Lalu apa pula fitur-fitur baru yang di bawa Lenovo IdeaPad Y410P dibanding saudara tuanya IdeaPad Y400. Sebagai informasi, Pemmz pernah mereview seri Y500 yang sudah menggunakan GT750M namun masih membekal CPU Intel seri ke 3 Ivy-Bridge.

<

Sales Package Lenovo IdeaPad Y410P

IMG_0589

Design & Specification

Design 1

Sepertinya Lenovo lebih fokus pada internal hardware dari pada meriset ulang barebone casing. Jadi Pemmz anggap, tak perlu terlalu mendalam membicarakan design casing Lenovo IdeaPad Y410P ini.

IMG_0613

Lenovo IdeaPad Y410P masih mengusung barebone casing dengan konsep serupa dengan seri terdahulu, hanya saja mendapat tambahan tekstur carbon pada sekujur casing Y410 terbaru ini hingga ke bottom case. Pemmz akui, update yang simple, namun cukup mempesona, setuju?. Karena identik dengan kesan dove, teksture karbon pada Lenovo IdeaPad Y410P baru ini lebih meminimalisir efek fingerprint yang sangat dominan pada design sebelumnya.

IMG_0607

Untuk spesifikasi, hal besar yang di upgrade adalah bagian CPU dan chipset. Lenovo IdeaPad Y410P yang kami review kali ini dibekali processor Intel core i7 generasi ke 4 seri 4700MQ dengan kecepatan hingga 3.4GHz. Seperti kita ketahui, processor ini menawarkan sekitar 8-10% peningkatan performa dari seri terdahulu seperti core i7 3630QM. Untuk sisi RAMnya, Y410 di selipkan sekeping RAM berkapasitas 8GB dengan speed 1600MHz. Masih tersedia sebuah slot Dimm untuk di tambahkan RAM tambahan jika di perlukan.

Display

LCD

Tak seperti beberapa pesaingnya, Lenovo IdeaPad Y410P tetap konsisten dengan layar beresolusi HD (1366 x 768). Info dari onlineshop official, IdeaPad Y410 tersedia dengan pilihan LCD beresolusi HD+ (900p), namun seri tersebut belum tersedia hingga saat ini. Sepertinya, panel yang digunakan juga masih sama dengan seri terdahulu. Berjenis glare yang sangat sensitif terhadap cahaya. Untuk pengalaman gaming terbaik, lebih baik jangan coba-coba bermain di luar ruangan pada siang hari.

Workstation

IMG_0593

Design keyboard yang satu banyak sekali menarik perhatian pengguna notebook gaming. Bahkan banyak yang berandai-andai ada pabrikan peripheral pihak ketiga yang bisa membuat keyboard sejenis untuk di pasangkan pada notebook mereka (universal). Warna merah menyala yang mengelilingi tiap tuts nya membuat Lenovo IdeaPad Y410P series terlihat makin garang, apalagi saat backlit menyala. Dibalik tampilannya yang mencolok, keyboard ini cukup nyaman di ajak berkerja, mungkin karena di selipkan teknologi AcuType khas Lenovo.

Fn Key

Backlit pada Lenovo IdeaPad Y410P bisa di atur intensitasnya seperti halnya Xenom Siren dan Gigabyte P34G. Tersedia opsi “off”, “50% dan “100%. Opsi ini bisa di atur lewat kombinasi tombol Fn dan spasi. Dan seperti mengatur backlit, semua aktifasi feature mengandalkan kombinasi tombol Fn tanpa satupun tombol shortcut. Untuk touchpad Lenovo IdeaPad Y410P pemmz nilai sangat nyaman, mampu menemani aktifitas komputasi sudah mendukung multigesture

Konektifitas

Y410p-connectivity pemmz
Untuk port dan connectivity pada Y410 baru tak ada yang berubah, masih serupa seri sebelumnya.

Yang paling menonjol dari deretan interface pada Lenovo IdeaPad Y410P adalah sebuah USB port berwarna kuning yang menawarkan kemampuan mencharge battery gadget anda lebih cepat. Prinsipnya hampir sama dengan fitur USB charging pada notebook lain, dengan menancapkan kabel USB ke port ini, battery gadget pengguna akan tetap terisi sekalipun Y410 dalam kondisi shutdown. Selebihnya, I/O port dan konektifitas pada Y410 terbilang standar. eSATA USB combo absen pada notebook ini, menjadikannya hanya memiliki 3 buah USB port.

Temp 2
GPU lebih kencang, tapi temperatur juga kencang “naik” nya.

Lenovo IdeaPad Y410P juga mempertahankan dimensi lubang exhaust dari design sebelumnya. Secara logika, seharusnya tidak ada masalah mengingat komponen CPU dan GPU yang lebih baru dan menawarkan temperatur yang lebih dingin. Tapi hasil test sedikit berbeda, panas komponen terutama CPU cukup menghawatirkan karena tembus 93°C. Angka setinggi ini mewajibkan anda memakai Notebook Cooler jika masih sayang “nyawa” ;D.

Upgrade Option Lenovo IdeaPad Y410P

1. 2 x Dimm Slot up to 16GB / 1600MHz (2x8GB) 2. M.2 Slot untuk mSATA SSD model baru 3. Ultrabay Interface untuk tambahan HDD caddy atau 2nd GT750M for SLI. 4, Heatsink.
1. 2 x Dimm Slot up to 16GB / 1600MHz (2x8GB)
2. M.2 Slot untuk mSATA SSD model baru
3. Ultrabay Interface untuk tambahan HDD caddy atau 2nd GT750M for SLI.
4. Design Heatsink dengan penampang heatpipe cukup lebar.

Seperti sedikit di singgung di bagian spesifikasi, Lenovo IdeaPad Y410P memberikan beberapa opsi upgrade komponen untuk meningkatkan performa sistem. Poin pertama adalah RAM yang upgradeable hingga 16GB (2 x 8GB). Kedua, pengguna bisa menambahkan sebuah m-SATA SSD dengan jenis M2 untuk mempercepat proses loading aplikasi juga transfer baca dan tulis data. Sayangnya, m-SATA berinterface M2 masih sangat jarang di pasaran. Sesuai spesifikasi pabrikan, Y410 bisa anda pasangkan sebuah storage m-SATA SSD hingga kapasitas 1TB.

Performance

Synth Benchmark

GTX765M vs GTX760M vs GT750M GDDR5 vs GT750M GDDR3 vs GT740M
GTX765M vs GTX760M vs GT750M GDDR5 vs GT750M GDDR3 vs GT740M

Pada tabel di atas, Lenovo IdeaPad Y410P mewakili Geforce GT750M GDDR5. Dan bisa di lihat hasilnya, pada benchmark sintesis performa GT750M dengan GDDR5 jauh lebih perkasa dari GT750M dengan GDDR3. Bahkan di beberapa pengujian hampir mengejar performa sebuah GTX760M yang dalam perbandingan di atas di wakili oleh MSI GE40-2OC. Secara persentase rata-rata, GT750M GDDR5 unggul sekitar 15-22% di banding GT750M GDDR3, cukup lumayan bukan?

Battery Performance

Battery Benchmark

Untuk ukuran notebook 14″ apalagi resolusi HD, konsumsi dayanya terbilang cukup boros jika di banding Xenom Pegasus dengan spesifikasi yang hampir mirip saat kami uji. Alasan utama tentu konsumsi daya VRAM GDDR5 sedikit lebih banyak di banding GDDR3, konsekwensinya pengguna dapat kecepatan yang lebih baik. Selain itu, spesifikasi battery yang di bawa oleh IdeaPad Y410

Conclusion

IMG_0619

Lenovo IdeaPad Y410P sendiri oleh Lenovo di posisikan bukan sebagai produk gaming sebenarnya, melainkan produk multimedia dan harusnya berkompetisi melawan ASUS N series. Di indonesia, seri-seri IdeaPad sendiri lebih akrab dengan seri notebook office dan low end. Tapi range harga dan spesifikasi Y series, sangat layak di sandingkan dengan notebook-notebook gaming menengah seperti Xenom Pegasus dan ASUS N series terbaru.

Shield

Dengan sebuah GT750M versi GDDR5, jelas Lenovo punya sales poin yang layak di incar. Kemampuan nya lebih kencang sekitar 10% pada test real world gaming dibanding versi GDDR3 yang banyak di aplikasi Notebook gaming menengah kebanyakan. Opsi upgradeable di area storage memang menjanjikan, namun bukan untuk saat ini, karena seperti di singgung di atas, m-SATA jenis M2 masih langka di Indonesia. Untuk ukuran yang cukup tebal sekitar 1,3″, airflow dalam Y410 cukup buruk, hal ini di tenggarai oleh dust shield yang malah membatasi pergerakan udara segar dalam notebook.

Lenovo IdeaPad Y410P cocok untuk anda yang terkendala dengan budget, sayangnya, Lenovo IdeaPad Y410P yang beredar disini tidak tersedia versi core i5 nya. Jadi mau tidak mau, versi i7 yang jadi pilihan. Tapi untuk ukuran notebook core i7 plus GT750M GDDR5 dengan harga 10-juta-an, Y410 memang sangat menggiurkan.

Pros :

  • – GT750M versi GDDR5
  • – Carbon texture
  • – m-SATA slot
  • – Backlit keyboard
  • – Dual GPU ready (Nvidia SLI from manufacture)

Cons :

  • – Panas
  • – Posisi Activity Indicator kurang informatif

Fair :

  • – No easy Accessible to CPU
  • – Port USB hanya 3 buah

Similar Product

Follow us @pemmz, facebook, slideshare

promo Aorus X7 DT GTX 10

45 COMMENTS

  1. Kalo GT750 nya kerja, ini laptop super panas buat gaming 30 Menitan…

    Oiya,,,
    Pemmz tau g yang dagang Ultrabay SLI untuk Y410p ini?

    Pengen upgrade ke SLI nih 🙂

    Thanks…

    • Betul bro, waktu review ga sampe 30 menit itu jalanin 2 benchamerk game dan Unigine sudah nyentuh 92’C temperatur GPUnya.
      Untuk ultra bay itu sampai saat ini yang pemmz tahu, belum di distribusikan terpisah dengan Y seriesnya. Jadi kalau mau SLI, harus ambil SKU yang SLI dari awal.

      Thanks dah mampir bro.

      • Ok Bro… Thanks Infonya 🙂

        Nunggu Nvidia nyentuh kepala 8xx baru d distribusikan kali ya wkwkwk

  2. pagi pemmz..
    apakah Y410p ini benar2 support SLI?
    saya ingin membeli notebook ini tp masih sedikit ragu karena banyak yang mengatakan notebook ini support SLI, tp setelah browsing di situs resminya, lenovo sendiri tidak mencantumkan Fitur SLI di notebook ini, (http://shop.lenovo.com/us/en/laptops/ideapad/y-series/y410p/)
    dan juga Addon ultrabay di shoping onlinenya lenovo hanya untuk type Y500 dan Y510 aja untuk sedangkan untuk Y410 sendiri tidak ada..(http://shop.lenovo.com/SEUILibrary/controller/e/webca/LenovoPortal/en_CA/catalog.workflow:item.detail?hide_menu_area=true&GroupID=460&Code=0C65964)
    dan juga nemu di forum luar negeri kalo GPU ultrabay untuk Y410 memang tidak tersedia (http://hardware.forumsee.com/a/m/s/p12-38122-0118327–y400-y410p-ulgrabay-graphics-nope-never-not-happening-warned.html)

    mohon pencerahannya ya min ,, 🙂

    • Seperti foto bagian dalam ultrabay yang kami posting pada artikel review, terlihat sebuah konektor yang mirip seperti yang ada pada Y510p. Jikalau memang saat ini part ultra bay untuk GPU kedua belum ada, pemmz rasa ada alasan tertentu yang menyebabkan ini. Bisa jadi temperatur.

      Pemmz akan update terus mengenai concern ini, termasuk kepastian apakah konektor yang kami foto tersebut benar-benar serupa dengan yang ada pada Y510P.

  3. Waktu pameran Indocomtech 2013 orang Lenovonya bilang GPU tambahan sekarang baru ada di Service Centre nya dengan harga 2.5juta

  4. Pgn kasih tambahan aja, lenovo Y410P skrg vganya udh 755m+24GB SSD loh dgn harga 12 juta. Mahal sih dr pd sblmnya(gr2 dollar naek jg) tp speknya itu loh yg mantap dgn harga segitu hehe:) spek yg tertera dibrosur sama aslinya beda. Plg ngantuk kali ye yg ngetik brosur wkwk. Just info bro moga2 bermanfaat!!.

  5. Permisi, nanya dong, apa laptop ini bisa dipake main berjam”? (sudah pakai cooling pad).
    soalnya ane minat sama laptop ini, harga dan performancenya (y)
    makasih

    • Bisa kok bro, apalagi sudah mempersiapkan cooling padnya. Yang perlu di perhatikan mungkin suhu CPU dan GPU, usahakan jangan menyentuh angka 90’C. Pantau dengan menginstal aplikasi monitor suhu.

      Thanks sudah mampir

        • Dengan bantuan cooling pad yang baik, apalagi jika posisi fan pada cooling pad simetris dengan in-haust lenovo, suhu CPU & GPU Y410 bisa di tahan di angka 80’C-an. Lakukan juga maintenence heatsink fan internal lebih sering, termasuk mengganti thermal paste secara periodik.

  6. ok, makasi bro infonya..

    nanya lagi..ing me
    untuk segi performa, untuk gaming, apa sudah memberikan fps yang ideal degan setingan med-high? (no lag, dll)

    makasi ya mas bro..

    • Mungkin bisa di info game apa yang bro mainkan?
      Untuk GT750, rata-rata game FPS seperti Battlefield 3, CoD di resolusi 720p masih nyaman di seting high, bisa di atas 30fps (standar no lag)

      Thx

    • Mohon maaf bro, untuk Inspiron series saat ini kita belum mendistribusikannya. Akan tetapi terima kasih atas inquirynya.

  7. bang, mau tanya
    mohon maaf seblumnya
    saya gk terlalu paham soal laptop nih

    jadi, mau tanya soal laptop yang sekiranya kemampuannya kayak lenovo y410p ini
    soalnya kompatible dengan kerjaan yang butuh grafis dan memori luar biasa (bikin peta, rendering software, dan mungkin beberapa game)

    tapi berdasarkan review dari abang, y410p kok cepet panas ya, padahal untuk kebutuhan, bisa seharian laptop nyala terus
    kira-kira alternatif laptop yang sejenis ini apa ya bang?
    dan mungkin kalau ada, jangan terlalu berat karena bikin peta butuh mobilitas tinggi, dan bisa di buka tutup di mana saja (hutan, pantai, gunung, dll)
    tapi masalahnya, budgetnya cuma 10jt bang
    kira-kira ada gak ya bang?

    terimakasih banyak

    • Maaf terlewat bro,

      pertama, untuk jenis notebook outdoor, mohon maaf untuk harga segitu tidak memungkinkan. Yang paling memungkinkan adalah mas bro menggunakan notebook yang memberikan kemudahan akses ke komponen guna kepentingan “cleaning”. Karena penggunaan outdoor identik dengan riskan akan debu dan kotoran. Di tambah notebook yang akan di pakai dalam durasi lama, otomatis re-paste akan sering di lakukan.

      Saran pilih salah satu type Xenom yang range harganya masuk dengan budget anda, karena merk tersebut rata-rata mudah sekali di akses area komponen nya.

  8. mas kalo lenovo y510p dibandingakan dengan xenom NP9150 lebih bagus mana? lalu apakah stok untuk xenom NP9150 masih ada mas?

    • Np9150 stok pemmz yang ready gtx670MX. Untuk y510p sku yang SLI, performancenya mendekati GTX770 yang secara spesifikasi sedikit di atas GTX670MX. Namun NP9150 menawarkan opsi upgrade yang sangat besar, ram hingga 32GB, mSATA & 2 buah 2,5″ SATA, bahkan sampai replacement vga card (upgradeable up to GTX680M).

      Semoga makin galau 😉

  9. Bang, klo yang IdeaPad Y510P di Pemmz udah SLI (2x GT755) kah? Trus mengenai panas apa sama kayak Y410p yang di riview ini?

    • Yup, sudah dual GT755M bro.
      Panas tentu berbeda, walau barebone (casing) lebih besar, namun penggunaan dual GT755 membuat Y510 cenderung “lebih cepat panas”.

      Thanks sudah mampir bro . .

    • Sampai saat ini, Y410 belum tersedia versi SLI bro. Juga untuk 2ndary gpunya, blom tersedia, terutama di Indonesia

  10. Saya baru ambil y410p dua hari yg lalu dengan harga 11.8jt.. overall puas banget sama performanya.. dengan harga segitu tapi bisa disejajarkan sama laptop seharga 15-20 jutaan..

    Ya cuma itu masalahnya untuk main game bisa mendadak cepet panas disebelah kiri.. mungkin bisa dishare disini mas kira2 aplikasi apa saja yang bagus untuk memonitor suhu…

    kalau saran dari saya buat y410p-ers jgn lupa beli cooling pad yang bagusan dikit..ya biasanya yang bagus agak mahal ..hehe..

    tp seenggakya bisa bantuin jaga suhu dengan optimal.. 🙂

  11. ane pernah liat di online store malaysia ipmart(dot)com 2nd GPU lenovo y410 ini tapi yg versi gt755m. statusnya masih preorder,jadi barangnya harus dipesan dulu. coba pemmz datangkan nih barang ke indo pasti laku keras 😀

  12. saya setuju dengan bang tanotoni, kalau pemmz bisa mendatangkan Removable Graphics GT755M4P untuk Y410p di indonesia pasti laku keras. Pasalnya banyak para customers yang sudah menanti rilisnya sli untuk Y410 ini.

  13. harga pasarannya brp ya skrg? trakir kok nemunya 12,7 juta laptop y410p… pengen ane beli tapi kok harganya melonjak banget.. Ada referensi mau bli laptop ini harga murah? Kalo dengan lenovo y40 yang baru bagus mana ya?

  14. Selamat malam Om Pemmz. Saya ingin bertanya om, saya karyawan, sudah membeli laptop ini om, karena saya dibidang graphic, saya ingin menambahkan ram 8gb, nah RAM yg cocok untuk Lenovo Y410p ini merk apa ya om? Tipe apa dan harganya berapa? Saya tidak terlalu mengerti seputar laptop atau PC, sehingga tanya ke anda om Pemmz hehe. Terimakasih.

    • Halo…
      Untuk Lenovo y410p menggunakan tipe RAM DDR3L jadi semua RAM dengan tipe tersebut seharusnya cocok

      Cheers

Leave a Reply